Gagal UBL Redmi Note 8 Dan Cara Mengatasinya

Posted on

Gagal UBL Redmi Note 8 Dan Cara Mengatasinya – Ada banyak hal yang menjadi penyebab dari gagal UBL di redmi note 8. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwasannya produk terbaru redmi yang ada di pasaran pada saat sekarang ini tidak lagi dalam keadaan unlock bootloader. Hal ini membuat pengguna harus melakukan unlock bootloader sendiri ketika ingin melakukan costum ROM.

Pada dasarnya untuk melakukan unlock bootloader di redmi note 8 tidaklah begitu sulit. Akan tetapi bukan berarti hal tersebut bisa berhasil 100%. Masih terdapat beberapa kasus orang yang melakukan unlock bootloader tersebut mengalami kegagalan.

Sebenarnya ada beberapa model kegagalan yang terjadi ketika melakukan unlock bootloader. Untuk mengetahui penyebabnya lebih jelas, silakan simak penjabaran di bawah ini.

Gagal UBL Redmi Note 8 Dan Cara Mengatasinya

Beberapa Kasus Gagal UBL Redmi Note 8

Ada beberapa kasus yang menandakan gagalnya unlock bootloader pada redmi note 8. Berikut beberapa kasus yang sering terjadi tersebut.

1. Diminta Menunggu Beberapa Hari

Ini merupakan kasus yang umum terjadi kepada setiap pengguna redmi ketika melakukan unlock bootloader. Pada kasus ini sebenarnya kamu tidak perlu melakukan cara khusus untuk mengatasinya.

Kamu hanya perlu menunggu hingga waktu yang ditentukan. Jika sudah kamu dapat melakukan unlock bookloader kembali dan biasanya itu akan berhasil. Namun sayangnya pada kegagalannya pertama ini, waktu tunggu cenderung berbeda dan terkadang cukup lama.

2. Couldn’t Verify Device

Kegagalan ini biasanya terjadi karena ketika melakukan proses unlock bootloader kamu lupa atau salah melakukan proses. Salah satunya ialah kamu tidak menggunakan akun yang sama antara Mi Unlock Tool dan Akun Mi pada ponsel. Kasus lain mungkin juga terjadi karena fitur Find Device pada ada Mi Cloud perangkatmu tidak aktif.

3. Cooldown Unlock

Error ini terjadi biasanya karena ROM yang terpasang pada perangkat yang kamu gunakan sudah termodifikasi sistem sebelumnya. Walaupun pada tentang ponsel terlihat informasi sedang mempergunakan ROM stable atau developer.

Bisa jadi ROM tersebut distributor atau kamu telah memasang TWRP sebelumnya tanpa melakukan unlock bootloader secara resmi. Hal inilah yang menjadi penyebab kegagalan unlock bootloader pada redmi note 8 tersebut.

4. Akun yang Digunakan Tidak Terkait

Error ini biasanya terjadi karena kamu belum atau gagal melakukan proses binding account atau mengaitkan akun. Cara ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengaktifkan toggle kunci OEM, kemudian ketuk sub menu status Mi unlock.

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah melakukan proses binding atau mengaitkan akun kembali ke perangkat yang digunakan. Apabila menemukan notifikasi sukses, maka kamu dapat mengulang kembali proses unlock bootloader di redmi note 8.

Cara Mengatasi Gagal UBL Di Redmi Note 8

Setelah mengetahui penyebab kenapa redmi note 8 mengalami kegagalan saat melakukan unlock bootloader. Maka ada pula beberapa cara yang cukup mudah dilakukan dalam mengatasi hal tersebut.

Berikut cara yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi kegagalan unlock bootloader di redmi note 8.

1. Melakukan Factory Reset

Victory reset sendiri merupakan salah satu cara untuk mereset smartphone redmi note 8 kamu kembali ke setelan pabrik. Pada kasus ini kamu tidak melakukan factory reset di menu recovery atau kostum recovery.

Kamu cukup masuk ke menu setting, kemudian additional setting, kemudian backup dan reset, setelah itu ambil factory data reset dan reset phone. Jika sudah maka smartphone akan memproses penghapusan seluruh data yang ada di internal.

Ketika sudah kembali hidup, maka smartphone redmi note 8 akan seperti baru lagi. Pada tahap ini kamu sudah dapat mencoba kembali melakukan unlock bootloader dengan cara yang lebih benar.

Perlu kamu perhatikan bahwasanya cara ini akan menghapus seluruh data yang ada. Sebab itu diharapkan kamu melakukan backup terlebih dahulu agar tidak kehilangan data penting.

2. Melakukan Fastboot Atau Flash Ulang Redmi Note 8

Cara yang kedua ini pada dasarnya sama dengan yang pertama, namun pada cara ini kamu menggunakan PC atau laptop. Bukan itu saja cara yang kedua ini biasanya lebih bersih daripada cara pertama, sehingga tingkat kesuksesan unlock bootloader juga lebih baik.

Untuk melakukan hal ini kamu harus mendownload terlebih dahulu rom yang digunakan pada smartphone redmi note 8. Selanjutnya silakan download tool fastboot yang sesuai dengan device kamu.

Jika kamu menggunakan Qualcomm Snapdragon, maka bisa menggunakan metode EDL. Akan tetapi jika smartphone kamu mesinnya MediaTek, maka bisa melakukan UBL seperti biasa dengan aplikasi SP flash tool.

3. Selalu Gunakan Aplikasi Mi Flash Unlock Terbaru

Bukan jadi rahasia umum lagi ketika ingin melakukan unlock bootloader, menggunakan aplikasi terbaru memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Sebab itu pastikan kamu selalu menggunakan aplikasi Mi flash unlock terbaru agar tidak mengalami error atau kegagalan.

Baca juga Cara UBL Redmi Note 8 Tanpa Menunggu

Itulah beberapa cara yang menyebabkan kegagalan unlock bootloader di redmi note 8 beserta solusinya. Semoga acara tersebut dapat membantu kamu ketika melakukan unlock bootloader dan tidak mengalami kegagalan lagi.

Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan