Cara UBL Xiaomi tanpa PC

Posted on

Bagaimanakah cara UBL Xiaomi tanpa PC? Jika kamu membaca dan mencari tahu cara unlock bootloader Xiaomi, kebanyakan artikel yang kamu temukan pasti memberikan tutorial menggunakan PC.

Lalu dari banyaknya tutorial yang ada, apakah tidak ada cara untuk melakukan UBL tersebut tanpa PC? Sayangnya cara tersebut untuk saat sekarang ini belum bisa dilakukan. Mungkin untuk jenis ponsel Xiaomi lama, bisa melakukan unlock bootloader tanpa PC. Akan tetapi untuk ponsel Xiaomi jenis terbaru, hal tersebut hampir dan mustahil untuk dilakukan sekarang.

Cara UBL Xiaomi tanpa PC

Alasan Kenapa Cara UBL Xiaomi tanpa PC Belum Bisa Dilakukan

Ketika mendapatkan kenyataan bahwasanya belum ada cara UBL xiaomi tanpa PC, tentu kamu bertanya apa alasannya sehingga hal tersebut tidak bisa. Alasannya cukup sederhana yaitu proses unlock bootloader di perangkat Xiaomi itu resmi dan mendapatkan izin dari Xiaomi. Sebab itu kamu membutuhkan request terlebih dahulu agar mendapatkan aplikasi dalam melakukan unlock bookloader.

Sayangnya aplikasi yang Xiaomi berikan tersebut baru berupa software komputer. Belum ada aplikasi yang memungkinkan untuk dijalankan pada perangkat Android. Sehingga untuk proses UBL tidak bisa berjalan tanpa bantuan PC untuk saat sekarang ini.

Lalu apakah cara tersebut benar-benar mustahil untuk dilakukan? Jawabannya tidak juga, karena kamu masih dapat memanfaatkan ponsel untuk mendownload serta reques software.

Sedangkan untuk proses unlock bootloadernya sendiri, kamu memang harus menggunakan PC. Agar kamu lebih paham tentang maksud pembahasan di atar, silakan simak pembahasan berikut.

Cara UBL Xiaomi tanpa PC Menggunakan Smartphone

Pada proses UBL kali ini, smartphone yang kamu gunakan hanya bersifat membantu saja. Hal ini karena proses unlock bootloader adalah tindakan resmi dari Xiaomi dan memang harus menggunakan PC untuk prosesnya.

Berikut beberapa kegunaan smartphone dalam proses UBL Xiaomi tanpa PC.

  1. Kamu bisa menggunakan smartphone untuk melakukan request unlock bootloader. Biasanya pihak Xiaomi akan memberikan balasan melalui SMS ke nomor smartphone yang kamu gunakan. Proses ini memang memakan sedikit waktu, bahkan ada yang harus menunggu hingga 3 hari.
  2. Jika sudah mendapatkan SMS balasan, silakan kamu buka link tersebut untuk mendownload Mi tools yang akan kamu gunakan dalam proses unlock bootloader.
  3. Isilah daya baterai ponsel Xiaomi yang akan di unlock bootloader sekurang-kurangnya 80%. Selain itu sediakan juga kabel USB original atau yang setara.
  4. Pastikanlah ponsel Xiaomi mu sudah terdaftar ke akun Mi dan sudah login. Sangat disarankan kamu menggunakan Akun Mi yang sudah lama agar proses unlock bootloader dapat berjalan lancar.
  5. Lakukanlah backup data karena pada proses unlock bootloader ini ponsel Xiaomi akan di factory reset.
  6. Silakan aktifkan OEM unlocking dan USB debugging.

Pada saat sekarang ini mungkin kegunaan smartphone dalam cara UBL Xiaomi tanpa pC hanya sebatas itu. Kamu tidak bisa melakukan UBL smartphone Xiaomi hanya dengan mengandalkan Android.

Tapi setidaknya kamu bisa memanfaatkan smartphone Xiaomi untuk membantu mendownload bahan-bahan yang dibutuhkan. Jika sudah silakan kamu pindahkan semua bahan tersebut ke PC. Jika sudah kamu dapat melakukan proses UBL selanjutnya menggunakan PC.

Kesimpulan Cara UBL Xiaomi Tanpa PC

Itulah sedikit penjelasan bagaimana cara UBL Xiaomi tanpa PC. Pada dasarnya untuk saat sekarang ini hal yang menghambat proses UBL tanpa PC ialah karena smartphone harus masuk mode fastboot. Pada mode fastboot ini, Smartphone tidak akan bisa digunakan sama sekali. Sebab itulah dibutuhkan PC sebagai media pembantunya.

Baca juga Gagal UBL Redmi Note 8 Dan Cara Mengatasinya

Walaupun demikian bukan tertutup kemungkinan kedepannya Xiaomi memberikan akses unlock bootloader tanpa PC. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasanmu mengenai unlock bootloader Xiaomi tanpa PC.

Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan