Sebelum membuat program, kita perlu membuat … terlebih dahulu

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Sebelum membuat program, kita perlu membuat … terlebih dahulu, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Soal: Sebelum membuat program, kita perlu membuat … terlebih dahulu

Jawaban:

Sebelum membuat program, kita perlu membuat perencanaan atau desain (design) terlebih dahulu. Desain merupakan tahap awal dalam pengembangan program yang penting untuk mengatur langkah-langkah yang akan diambil dalam proses pembuatan program.

Proses pembuatan program yang baik dimulai dengan perencanaan yang matang agar tujuan dan kebutuhan program dapat dipahami dengan jelas. Beberapa langkah dalam tahap perencanaan atau desain program meliputi:

  1. Menentukan Kebutuhan: Identifikasi kebutuhan dan tujuan dari program yang akan dibuat. Pahami dengan jelas apa yang ingin dicapai dengan program tersebut dan siapa pengguna atau pemakai dari program tersebut.
  2. Perancangan Algoritma: Tentukan algoritma atau langkah-langkah logis yang diperlukan untuk mencapai tujuan program. Algoritma adalah urutan instruksi atau langkah-langkah yang akan dijalankan oleh program untuk mencapai hasil yang diinginkan.
  3. Desain Antarmuka: Jika program akan memiliki antarmuka pengguna (user interface), rancanglah tampilan dan fungsi antarmuka yang sesuai dengan kebutuhan dan mudah digunakan oleh pengguna.
  4. Pemilihan Bahasa Pemrograman dan Platform: Pilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan dan platform yang akan digunakan untuk menjalankan program.
  5. Struktur Program: Rancang struktur program dengan baik, seperti pembagian menjadi fungsi atau modul yang berbeda, untuk mempermudah pengembangan, pemeliharaan, dan pembacaan kode.
  6. Testing Plan: Rencanakan tes dan uji coba yang akan dilakukan pada program untuk memastikan kualitas dan keandalan program sebelum dirilis.

Setelah tahap desain atau perencanaan selesai, barulah kita bisa memulai proses pembuatan program (coding) berdasarkan desain yang telah dirancang sebelumnya. Tahap desain ini penting agar pengembangan program berjalan lebih terstruktur dan efisien, serta membantu menghindari kesalahan dan masalah di tahap awal pengembangan.

Baca Juga:  Layout infografis yang cocok untuk konten yang dituang secara acak adalah​

Baca juga : Bagaimana informatika dapat berkembang?​

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Sebelum membuat program, kita perlu membuat … terlebih dahulu. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel TI berikutnya.