AMD Radeon RX 550 vs NVIDIA GTX 750 Ti

Posted on

Apakah Anda sedang mencari kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan gaming Anda?

Dalam artikel ini, kami akan membandingkan dua kartu grafis populer, yaitu RX 550 dan GTX 750 Ti.

Kami akan melihat spesifikasi, performa, harga, dan fitur-fitur lainnya untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat. Jadi, mari kita mulai!

Pendahuluan

Dalam dunia gaming, kartu grafis adalah komponen penting untuk mendapatkan pengalaman visual yang optimal. RX 550 dan GTX 750 Ti adalah dua kartu grafis yang banyak digunakan oleh para gamer. Meskipun keduanya memiliki harga yang terjangkau, terdapat perbedaan signifikan dalam hal spesifikasi dan performa. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan-perbedaan tersebut secara mendalam.

1. Spesifikasi

1.1 RX 550

RX 550 adalah kartu grafis yang dirilis oleh AMD. Kartu ini memiliki arsitektur Polaris dengan clock speed yang tinggi. RX 550 memiliki 512 stream processors, 2GB atau 4GB VRAM, dan interface memori 128-bit. Hal ini membuatnya mampu menghadirkan performa yang baik dalam game-game dengan pengaturan grafis yang rendah hingga menengah.

1.2 GTX 750 Ti

GTX 750 Ti adalah kartu grafis yang dirilis oleh Nvidia. Kartu ini menggunakan arsitektur Maxwell dengan clock speed yang cukup tinggi. GTX 750 Ti memiliki 640 CUDA cores, 2GB VRAM, dan interface memori 128-bit. Meskipun tidak sekuat kartu grafis seri terbaru, GTX 750 Ti masih mampu memberikan performa yang baik dalam game-game dengan pengaturan grafis yang sedang hingga rendah.

2. Performa

2.1 RX 550

RX 550 menawarkan performa yang cukup baik untuk game-game dengan pengaturan grafis yang rendah hingga menengah. Kartu ini mampu menjalankan game-game populer seperti Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), dan League of Legends (LoL) dengan lancar pada pengaturan grafis yang lebih rendah. Namun, untuk game-game dengan pengaturan grafis yang lebih tinggi seperti Battlefield V atau Assassin’s Creed Odyssey, RX 550 mungkin mengalami kendala performa.

2.2 GTX 750 Ti

GTX 750 Ti memberikan performa yang serupa dengan RX 550 dalam game-game dengan pengaturan grafis yang rendah hingga menengah. Namun, GTX 750 Ti mampu menangani beberapa game-game dengan pengaturan grafis yang lebih tinggi dengan lebih baik daripada RX 550. Misalnya, Anda dapat memainkan game seperti GTA V atau The Witcher 3 dengan pengaturan grafis yang sedang hingga rendah dengan performa yang baik.

3. Harga

3.1 RX 550

Harga RX 550 cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan GTX 750 Ti. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk para gamer dengan anggaran terbatas yang masih ingin menikmati pengalaman gaming yang layak.

Baca Juga:  WiFi 5G Indihome Tidak Terdeteksi

3.2 GTX 750 Ti

GTX 750 Ti memiliki harga yang sedikit lebih tinggi daripada RX 550. Namun, perbedaan harga ini sebanding dengan peningkatan performa yang ditawarkan oleh kartu ini. Jika Anda memiliki sedikit lebih banyak anggaran dan menginginkan performa yang sedikit lebih baik, GTX 750 Ti bisa menjadi pilihan yang tepat.

4. Fitur Tambahan

4.1 RX 550

RX 550 memiliki beberapa fitur tambahan yang berguna, seperti dukungan untuk teknologi AMD FreeSync. Fitur ini memungkinkan sinkronisasi antara kartu grafis dan monitor yang kompatibel, mengurangi tearing dan stuttering untuk pengalaman gaming yang lebih mulus.

4.2 GTX 750 Ti

GTX 750 Ti dilengkapi dengan fitur Nvidia ShadowPlay yang memungkinkan Anda merekam dan streaming gameplay dengan mudah. Fitur ini sangat berguna bagi para gamer yang ingin berbagi momen-momen bermain mereka dengan teman-teman atau komunitas gaming.

Kesimpulan

Dalam memilih antara RX 550 dan GTX 750 Ti, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan game-game yang ingin Anda mainkan memiliki pengaturan grafis yang rendah hingga menengah, RX 550 dapat menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda memiliki sedikit lebih banyak anggaran dan ingin performa yang lebih baik dalam game-game dengan pengaturan grafis yang lebih tinggi, GTX 750 Ti bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Terlepas dari pilihan Anda, baik RX 550 maupun GTX 750 Ti, kedua kartu grafis ini masih merupakan pilihan yang layak untuk gamer dengan anggaran terbatas. Dengan melakukan riset lebih lanjut dan mempertimbangkan faktor-faktor yang telah kami bahas di atas, Anda dapat memilih kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQs)

  1. Apakah RX 550 dan GTX 750 Ti mendukung teknologi ray tracing? Tidak, baik RX 550 maupun GTX 750 Ti tidak mendukung teknologi ray tracing.
  2. Berapa daya yang diperlukan oleh RX 550 dan GTX 750 Ti? RX 550 dan GTX 750 Ti memiliki kebutuhan daya yang rendah, sehingga mereka dapat dijalankan dengan sumber daya yang lebih terbatas.
  3. Apakah RX 550 dan GTX 750 Ti kompatibel dengan monitor 4K? Meskipun RX 550 dan GTX 750 Ti dapat mengeluarkan sinyal video 4K, performa mereka dalam game-game dengan resolusi 4K mungkin terbatas.
  4. Apakah RX 550 dan GTX 750 Ti cocok untuk kegiatan komputasi GPU? Keduanya dapat digunakan untuk kegiatan komputasi GPU ringan, tetapi jika Anda membutuhkan performa komputasi yang lebih tinggi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan kartu grafis yang lebih kuat.
  5. Dapatkah RX 550 dan GTX 750 Ti dipasang dalam sistem dengan PSU yang terbatas? Ya, RX 550 dan GTX 750 Ti dirancang untuk bekerja dengan sumber daya yang lebih terbatas, sehingga mereka cocok untuk sistem dengan PSU yang tidak terlalu kuat.