PSU yang cocok untuk GTX 1660 Super

Posted on

Apakah Anda sedang mencari psu yang cocok untuk gtx 1660 super, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

GTX 1660 Super adalah salah satu kartu grafis populer dari Nvidia yang menawarkan kinerja yang luar biasa dalam gaming dengan harga yang terjangkau. Namun, sebelum Anda memasangnya di dalam sistem Anda, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui, termasuk berapa daya yang diperlukan dan bagaimana memilih Power Supply Unit (PSU) yang sesuai. Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan panduan lengkap tentang GTX 1660 Super.

GTX 1660 Super: Sebuah Gambaran Singkat

Sebelum kita masuk ke dalam detail tentang kebutuhan daya dan pemilihan PSU, mari kita lihat lebih dekat kartu grafis ini. Nvidia GTX 1660 Super adalah penerus dari GTX 1660 yang sukses. Kartu grafis ini memadukan harga yang terjangkau dengan kinerja yang sangat baik, menjadikannya pilihan yang populer di kalangan gamer.

Dengan arsitektur Turing yang canggih, GTX 1660 Super dapat menghadirkan pengalaman gaming yang lancar dalam resolusi 1080p. Ini adalah kartu grafis yang ideal untuk gamer dengan anggaran terbatas yang ingin menikmati game-game modern tanpa mengorbankan kualitas grafis.

Kebutuhan Daya GTX 1660 Super

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan tentang GTX 1660 Super adalah berapa kebutuhan dayanya. Sebelum memasang kartu grafis ini dalam sistem Anda, Anda perlu memastikan bahwa PSU Anda memiliki kapasitas daya yang cukup untuk mendukungnya.

Kebutuhan daya resmi GTX 1660 Super biasanya berkisar antara 125 watt hingga 150 watt, tergantung pada model tertentu. Namun, ini adalah angka minimum yang direkomendasikan oleh Nvidia. Jumlah aktual daya yang dibutuhkan bisa berbeda tergantung pada beberapa faktor, seperti overclocking kartu grafis atau jumlah komponen lain dalam sistem Anda.

Untuk memastikan bahwa PSU Anda memiliki kapasitas daya yang cukup, Anda dapat menggunakan kalkulator kebutuhan daya PSU online yang tersedia di berbagai situs web. Ini akan membantu Anda menentukan berapa watt yang Anda butuhkan berdasarkan spesifikasi sistem Anda.

Memilih PSU yang Tepat untuk GTX 1660 Super

Setelah Anda mengetahui berapa kebutuhan daya GTX 1660 Super Anda, saatnya memilih PSU yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan:

1. Kapasitas Daya (Watt)

Kapasitas daya PSU adalah faktor utama yang perlu Anda perhatikan. Anda perlu memastikan bahwa PSU Anda memiliki kapasitas daya yang cukup untuk mendukung GTX 1660 Super dan komponen lain dalam sistem Anda. Untuk GTX 1660 Super, PSU dengan kapasitas daya sekitar 450 watt hingga 550 watt biasanya sudah cukup.

Namun, sebaiknya pilih PSU dengan sedikit cadangan daya. Misalnya, jika kebutuhan daya GTX 1660 Super Anda adalah 150 watt, maka PSU 550 watt akan memberikan cadangan daya yang lebih baik daripada PSU 450 watt. Ini juga memberikan fleksibilitas jika Anda ingin melakukan upgrade komponen lain di masa depan.

Baca Juga:  Processor Core 2 Quad tertinggi

2. Efisiensi PSU

Efisiensi PSU adalah seberapa baik PSU mengubah listrik dari dinding menjadi daya yang digunakan oleh komponen komputer Anda. PSU dengan efisiensi yang lebih tinggi menghasilkan lebih sedikit panas dan menghemat energi, yang dapat mengurangi biaya listrik dalam jangka panjang.

PSU dengan efisiensi 80 PLUS adalah pilihan yang baik, dengan tingkatan efisiensi seperti 80 PLUS Bronze, 80 PLUS Silver, dan 80 PLUS Gold yang semakin baik. Meskipun PSU dengan efisiensi tinggi mungkin lebih mahal, investasi ini dapat membayar diri sendiri dalam jangka panjang.

3. Kualitas PSU

Kualitas PSU juga sangat penting. PSU yang murah dan berkualitas rendah dapat menjadi sumber masalah dan bahkan merusak komponen komputer Anda. Sebaiknya pilih PSU dari produsen yang terkenal dan memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan keandalan.

4. Koneksi dan Wattage pada Rail +12V

Ketika memilih PSU, pastikan juga untuk memeriksa koneksi yang diperlukan oleh GTX 1660 Super. Kartu grafis ini biasanya memerlukan satu atau dua konektor PCIe 6-pin. Pastikan PSU Anda memiliki cukup konektor ini untuk mendukung kartu grafis Anda.

Selain itu, periksa juga wattage pada rail +12V PSU Anda. Rail +12V adalah sumber daya utama untuk komponen-komponen yang memerlukan daya tinggi, termasuk kartu grafis. Pastikan rail +12V PSU Anda memiliki kapasitas daya yang cukup untuk GTX 1660 Super dan komponen lain yang memerlukan daya tinggi.

5. Modular atau Non-Modular

PSU dapat dibagi menjadi dua jenis: modular dan non-modular. PSU modular memungkinkan Anda untuk menghubungkan hanya kabel yang Anda butuhkan, sementara kabel yang tidak digunakan dapat dilepas. Ini membantu menjaga tampilan sistem yang lebih bersih dan rapi. Namun, PSU modular cenderung lebih mahal daripada PSU non-modular.

Pilihan antara modular dan non-modular adalah preferensi pribadi. Jika Anda peduli dengan tampilan sistem yang bersih, maka PSU modular mungkin merupakan pilihan yang baik.

Jawaban untuk Pertanyaan “Berapa Daya GTX 1660 Super?”

Untuk menjawab pertanyaan “Berapa daya GTX 1660 Super?”, kita dapat menyimpulkan bahwa kebutuhan daya resmi GTX 1660 Super biasanya berkisar antara 125 watt hingga 150 watt, tergantung pada modelnya. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah angka minimum yang direkomendasikan oleh Nvidia. Untuk memastikan kebutuhan daya yang tepat untuk sistem Anda, Anda dapat menggunakan kalkulator kebutuhan daya PSU yang tersedia secara online.

Kesimpulan

Memilih PSU yang tepat untuk GTX 1660 Super Anda adalah langkah penting dalam membangun atau meng-upgrade komputer gaming Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan kapasitas daya, efisiensi, kualitas, koneksi, dan jenis PSU yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan memilih PSU yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa sistem Anda berjalan dengan stabil, efisien, dan andal, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman gaming yang optimal. Jangan lupakan faktor keamanan, seperti perlindungan terhadap lonjakan tegangan listrik, yang juga penting untuk menjaga komponen Anda tetap aman. Dengan memahami semua faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang cerdas saat memilih PSU untuk GTX 1660 Super atau kartu grafis lainnya.