Cara Mengatasi PES 2016 Error 00142

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Cara Mengatasi PES 2016 Error 00142, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Apakah Anda penggemar Pro Evolution Soccer (PES) 2016 dan mengalami kesulitan saat mencoba memainkannya karena muncul pesan kesalahan “PES 2016 Error 00142”? Jika ya, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Pesan kesalahan ini adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak pemain. Artikel ini akan membantu Anda memahami penyebab kesalahan ini dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk mengatasinya.

Apa Itu Error “PES 2016 Error 00142”?

PES 2016 Error 00142 adalah pesan kesalahan yang muncul saat Anda mencoba menjalankan atau memainkan game PES 2016. Pesan kesalahan ini mengindikasikan adanya masalah yang menghambat game untuk berjalan dengan benar. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari masalah perangkat keras hingga masalah perangkat lunak.

Penyebab Umum Error “PES 2016 Error 00142”

Beberapa penyebab umum pesan kesalahan “PES 2016 Error 00142” meliputi:

  1. Konflik Perangkat Keras: Masalah pada perangkat keras komputer Anda, seperti kartu grafis yang tidak mendukung, bisa menjadi penyebab kesalahan ini.
  2. Ketidakcocokan Driver Grafis: Driver grafis yang tidak terbaru atau tidak kompatibel dengan PES 2016 dapat menyebabkan masalah ini.
  3. Konflik Perangkat Lunak Keamanan: Program keamanan atau antivirus yang berjalan di latar belakang dapat mengganggu operasi PES 2016.
  4. File Game yang Rusak: File instalasi PES 2016 yang rusak atau tidak lengkap juga bisa menjadi penyebab masalah ini.
  5. Perangkat Keras yang Tidak Memadai: PES 2016 mungkin memerlukan spesifikasi perangkat keras tertentu, dan jika komputer Anda tidak memenuhi persyaratan minimum, ini dapat menyebabkan kesalahan.

Cara Mengatasi Error “PES 2016 Error 00142”

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatasi masalah ini:

  1. Periksa Persyaratan Sistem: Pastikan komputer Anda memenuhi persyaratan minimum sistem yang diperlukan untuk menjalankan PES 2016. Ini termasuk spesifikasi perangkat keras seperti CPU, RAM, dan kartu grafis.
  2. Perbarui Driver Grafis: Pastikan driver kartu grafis Anda telah diperbarui ke versi terbaru. Kunjungi situs web produsen kartu grafis Anda untuk mengunduh driver terbaru.
  3. Nonaktifkan Antivirus atau Program Keamanan: Matikan sementara program antivirus atau keamanan Anda dan coba jalankan kembali PES 2016. Pastikan untuk mengaktifkannya kembali setelah selesai.
  4. Perbarui Game: Pastikan PES 2016 Anda telah diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan game seringkali mencakup perbaikan untuk masalah yang ada.
  5. Verifikasi Integritas File Game: Jika Anda mengunduh PES 2016 melalui platform game seperti Steam, gunakan opsi “Verifikasi Integritas File Game” untuk memastikan bahwa semua file game ada dan tidak rusak.
  6. Reinstall Game: Jika semua upaya di atas gagal, coba hapus PES 2016 dari komputer Anda dan instal ulang. Pastikan Anda memiliki salinan cadangan data permainan Anda sebelum melakukan ini.
  7. Nonaktifkan Overlay Perangkat Lunak: Jika Anda menggunakan overlay perangkat lunak seperti NVIDIA GeForce Experience atau AMD Radeon Software, cobalah nonaktifkan sementara overlay tersebut.
  8. Perbaiki Registry: Jika Anda yakin masalahnya terkait dengan registri Windows, pertimbangkan untuk menggunakan alat pihak ketiga yang aman untuk memperbaiki masalah dalam registri.
  9. Cek Hardware: Pastikan semua perangkat keras komputer Anda berfungsi dengan baik. Masalah perangkat keras dapat menyebabkan masalah dalam menjalankan game.
  10. Konsultasikan Dukungan Game: Jika Anda telah mencoba semua solusi di atas tetapi masih mengalami masalah, pertimbangkan untuk menghubungi dukungan teknis PES 2016 atau komunitas game untuk bantuan lebih lanjut.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Error Slui.exe 0x2a 0xC0000022

Kesimpulan

Pesan kesalahan “PES 2016 Error 00142” dalam game PES 2016 bisa mengganggu pengalaman bermain Anda. Namun, dengan langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang besar untuk mengatasi masalah ini. Pastikan untuk mengikuti panduan ini dengan hati-hati dan berhati-hati saat mengutak-atik komputer Anda. Semoga artikel ini membantu Anda menikmati kembali permainan PES 2016 tanpa kendala.