Pengertian Dan Penggolongan Zat Adiktif

Pengertian Zak Adiktif

NAPZA (Narkotika, Psikoropika, Zat Adiktif) atau NARKOBA (Narkotika dan ObatBerbahaya) sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, kedua istilah ini sering dipakai untuk menyebutkan jenis obat yang dapat menimbulkan gangguan mental dan perilaku. Berdasarkan UU RI no 5/1997, Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Zat adiktif yang dimaksud disini adalah zat yang berpengaruh psikoaktif diluar yang disebut narkotika dan psikotropika.

Penggolongan Zak Adiktif

Zat adiktif yang dimaksud disini zat yang berpengaruh psikoaktif diluar yang disebutnarkotika dan psikotropika.Zat adiktif merupakan zat yang apabila dikonsumsi secara teratur, sering dan dalam jumlah yang cukup banyak dapat menyebabkan kerja biologi serta ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan dan berefek ingin menggunakannya secara terus menerus dan jika dihentikan dapat memberi efek luar biasa atau sakit luar biasa.Bahan yang mengandung zat adiktif dan banyak disalahgunakan antara lain adalah :

1. Alkohol

Alkohol yang dimaksud adalah semua jenis minuman yang mengandung etilalkohol atauetanol, misalnya wiski, vodka, gin, bir, saguer, tuak, brem, arak dan ciu.Alkohol dalam bentuk minuman banyak diminati orang. Pecandu minuman beralkohol dapat mengalami keracunan dan mabuk. Kondisi mabuk menyebabkan sinkronisasi motorik terganggu sehingga dapat membuat seseorang berbuat diluar kesadarannya dan dapat berbuat di luar batas perikemanusiaan.

2. Rokok

Rokok yang dikonsumsi oleh masyarakat pada umumnya, mengandung 4.000 zat berbahaya, yang paling berbahaya ialah zat nikotin, tar, serta karbon monoksida (CO). Zat nikotin merupakan bahan penyebab ketergantungan. Tembakau yang berisi nikotin biasanya digunakan dengan cara dibakar dan dihisap sebagai rokok sigaret, cerutu, atau pipa (cangklong), dikunyah atau disedot melalui hidung.

Rokok mengandung tiga bahan utama yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, yaitu nikotin, karbon monoksida dan TAR.

  • Nikotin, adalah senyawa kimia yang terdapat dalam daun tembakau. Nikotin menimbulkanefek menenangkan sehingga perokok akan merasa tenang setelah menghisap rokok. Nikotin dapat menyebabkan kerusakan otak.
  • Karbonmonoksida atau CO merupakan gas beracun yang terdapat dalam asap rokok. Gasini dapat berikatan dengan hemoglobin, menggantikan oksigen. Akibatnya, tubuh akankekurangan oksigen dan menjadi lemas
  • TAR merupakan komponen pada asap rokok, yang terdiri atas kumpulan dari ribuanmacam bahan kimia. Diantaranya, karbonmonoksida, nitrogenoksida, hydrogen sianida amonia, benzene, methanol dll.Bahan ini dapat berasal dari daun tembakau itu sendiri maupun dari zat yang ditambahkan pada tembakau saat pemrosesan dalam pabrik. TAR bersifat karsinogenik sehingga dapat menyebabkan kanker.

3. Inhalansia atau Solven

Inhalansia (zat yang dihirup) atau solven (zat pelarut yang mudah menguap) yaituberupa senyawa organik yang sering digunakan untuk berbagai keperluan industri, bengkel, dan rumah tangga seperti misalnya, tiner, pembersih kuku (aseton), berbagai jenis lem, aerosol, bensin, dan bensin. Zat ini banyak disalahgunakan dengan cara dihirup.
Obat-obatan termasuk psikotropika dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, dengan carakerja yang berbeda-beda, tergantung cara pemakaiannya, berikut beberapa cara pemakaian obat :
  1. Pemakaian obat secara oral adalah melalui saluran pencernaan dengan cara dimemasukkan melalui mulut dan masuk ke dalam saluran cerna
  2. Obat dapat diberikan melalui aliran darah, yaitu dengan suntikan intravena (disuntikanlangsung ke dalam vena atau pembuluh darah balik), suntikan intramuscular (ke dalam otot), suntikan subkutan (ke lapisan lemak di bawah kulit).
  3. Obat juga dapat diberikan melalui permukaan kulit dalam bentuk salep dan obatgosok.
  4. Obat juga dapat diberikan melalui pernapasan dengan cara disedot melalui hidung.
Sampai disini saja pembahasan tentang Pengertian Dan Penggolongan Zat Adiktif, semoga dapat membantu.
Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.