Apa itu Geometri dan Bagaimana Unsurnya?

Unsur Geometri – Geometri merupakan salah satu ilmu matematika yang membahas tentang hubungan antara titik-titik, garis-garis, bidang-bidang serta bangun datar dan bangun ruang. Ini merupakan ilmu matematika yang perlu kita pelajari yang tentunya bisa kita kaitkan dengan kehidupan sehari-hari kita.

Perlu diketahui semua unsure bangunan maupun yang lainnya tidak lepas dari yang namanya geometri. Hal inilah yang menjadikan ilmu matematika ini sangat terkenal dan wajib di pelajari. Banyak hal lainnya yang juga mengacu pada geometri. Hal tersebut merupakan hasil pengetahuan yang diterapkan pada sebuah kehidupan sehari-hari.

Geometri adalah unsur, system dan bagian ilmu matematika, di dalamnya memiliki banyak konsep dasar, terdiri dari suatu unsur yang tidak bisa di definisikan, seperti: titik, garis kurva ataupun bidang adapun relasi pangkal yang bisa didefinisikan, yaitu: melalui, terletak, pada, memotong, dan antara.

Ini merupakan rumus wajib yang menyatakan bahwa semuanya dimulai dari unsur yang tidak bisa didefinisikan menuju unsur yang dapat didefinisikan, yang kemudian menuju ke sistem aksioma atau postulat dan akhirnya pada teori.

Unsur Geometri

Setidaknya terdapat 3 unsur yang tidak bisa didefinisikan yaitu:

1. Titik

Titik merupakan suatu latek yang terdapat dalam ruang. Titik ini selalu mempunyai bentuk panjang namun tidak memiliki tebal. Bentuk dari titik itu sendiri di tunjukkan dengan noktah atau dot.

2. Garis

Garis merupakan kumpulan dari banyak titik yang mempunyai panjang namun tidak mempunyai lebar. Biasanya panjang garis ditunjukkan dengan panah yang mengidentifikasikan kemana garis tersebut bisa diperpanjang.

3. Bidang

Bidang merupakan sebuah semua object baik garis maupun titik akan menghubungkan di dalam permukaan tersebut. Sifat bidang itu sendiri dapat di perluas tanpa memiliki batas namun tidak mempunyai lebar. Sehingga bidang biasanya bersifat rata atau vertical tergantung penempatannya.

Baca juga: Analisis Fungsi Kompleks yang Harus Dipahami

Itulah ulasan tentang apa itu geometri dilihat dari sisi pengertian maupun unsure yang dimiliki. Geometri merupakan bagian ilmu matematika yang perlu kita pelajari untuk penerapan di kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dalam mengerti ilmu matematika.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.