Penjelasan Turbin Generator atau Generator Uap Beserta Gambar

Posted on

turbin generator

Turbin Generator – Apa yang dimaksud dengan turbin? Turbin ialah perangkat pemutar yang dilengkapi dengan sudu (blade). Turbine dalam ulasan ini merupakan turbine uap dimana uap kering (superheated steam) yang telah tercipta dengan tekanan, temperatur dan aliran (flow rate) tertentu dari boiler yang disesuaikan dengan kondisi operasi turbine sehingga bisa berputar sesuai dengan kecepatan putar yang telah direncanakan.

Cara kerja boiler di kapal adalah Energi kalor yang dibangkitkan dalam sistem boiler memiliki nilai tekanan, temperatur, dan laju aliran yang menentukan pemanfaatan steam yang akan digunakan.

Putaran turbine tersebut akan dipakai untuk memutar generator listrik yang dihubungkan dengan turbine sehingga diperoleh listrik. Pengaturan tegangan dan arus listrik akan dilakukan dengan memakai transformator (trafo) step up/down. Uap air yang lepas sesudah memutar turbine akan mengalir ke condenser untuk dirubah menjadi air kembali.

 

Turbin generator ialah sumber yang populer pada pembangkit listrik yang bersih di kapal, karena kebanyakan tidak memakai jenis bahan bakar minyak yang memang berat ataupun memakai mesin diesel. Uap digunakan untuk memproduksi listrik yang berlangsung di generator turbin.

Uap merupakan bentuk, yang mudah dan murah dan juga ramah lingkungan sebagai bahan bakar pada kapal. Generator turbin, uap yang berasal dari pembangkit boiler kapal uap.

Dalam generator turbin, uap yang dipakai bertekanan tinggi untuk memutar turbin dimana energi panas uap akan dikonversikan menjadi gerakan berputar. Turbin dihubungkan dengan alternators rotor, sehingga konsep putar dari turbin dipakai untuk menciptakan tenaga listrik.

Pembangkit propeller kapal bisa digerakkan oleh turbin uap melalui motor yang berkecepatan rendah. Generator turbin secara langsung memasokan listrik terhadap motor berkecepatan lambat yang terhubung ke poros baling-baling pada kapal.

turbin generator

 

  1. Alternator
    Alternator ini dipakai untuk mengubah gerak rotasi dari turbin menjadi sebuah energi listrik dan outputnya dipasok ke papan switch utama pada kapal.
  2. Turbine Prime Mover
    Turbin A akan berperan sebagai penggerak utama dalam generator turbo serta dilengkapi di poros yang sama seperti dari alternators rotor.
  3. Governor Control Steam
    Governor dipakai untuk mengendalikan kecepatan generator turbin selama mulai, operasi normal dan menghentikan. Hal ini mengatur kuantitas inlet uap untuk generator turbin.
  4. Steam Control Valve
    Katup kontrol bertekanan yang berbeda dipasang di line uap dan dikendalikan memakai governor untuk aliran uap dari sistem boiler kapal.
  5. Pump Kondensat
    Uap terkondensasi, sesudah turbin didinginkan lebih lanjut, dipompa kembali ke tangki cascade oleh pompa kondensat.
  6. Vacuum Pump for Glands
    Poros turbin uap dilengkapi dengan kelenjar dimana uap disemprotkan pada tekanan 0, 3 ~ 0, 5 bar agar vakum di dalam casing turbin tidak drop.
  7. Kondensator
    Sebagai tools menukar panas untukmemadatkan dan mendinginkan semua uap dari turbin menjadi air agar dapat dipompa kembali dengan panas dengan baik.

Baca juga : 6 Macam Jenis Propeller atau Baling-Baling Pada Kapal

Demikian penjelasan kali ini tentang Turbin Generator atau Generator Uap, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *