Lin Lin The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.

Tujuan Pemberian Hak Istimewa VOC Yang Diberikan Oleh Belanda

1 min read

Tujuan Pemberian Hak Istimewa VOC

Jagoan Ilmu, Tujuan Pemberian Hak Istimewa VOC Yang Diberikan Oleh Belanda – Tahukah anda tujuan pemberian hak istimewa VOC?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang tujuan VOC diberi hak istimewa dari pemerintah belanda. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai tujuan pemberian hak istimewa VOC secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

VOC mempunyai hak istimewa yang diberikan oleh Pemerintah Belanda. Hak istimewa VOC diberikan dengan berbagai tujuan, misalnya untuk memperkuat pemerintah Belanda dari berbagai sektor. VOC sendiri adalah Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda yang berdiri pada tanggal 20 Maret 1602. Baca juga awal

penjajahan Belanda di Indonesia, akibat penjajahan Belanda, dan peristiwa sejarah di Indonesia sebelum merdeka.

Tujuan Pemberian Hak Istimewa VOC

Tujuan Pemberian Hak Istimewa (Hak Oktroi) VOC Oleh Pemerintah Belanda

Pemerintah Belanda memberikan hak kepada VOC disebabkan oleh beberapa tujuan, yakni sebagai berikut:

1. Meringankan beban Pemerintah Belanda

Pemerintah Belanda berharap VOC dapat membantu meringankan beban pemerintah Belanda dalam menghadapi perang melawan Spanyol. Belanda saat itu masih berperang dengan Spanyol untuk mempertahankan daerah kekuasannya.

2. Memonopoli perdagangan di Nusantara

Keberadaan VOC di Nusantara bertujuan untuk memonopoli perdagangan di Indonesia. Monopoli perdagangan ini bertujuan untuk mendukung pemerintah Belanda dari

sudut ekonomi dalam rangka memperluas wilayah kekuasaannya di Nusantara. VOC juga ingin mengambil alih beberapa pusat perdagangan yang berada di Nusantara yang waktu itu masih dikuasai oleh negara lain.

Baca juga  Sebab Terjadinya Perang Padri di Sumatera Barat, Melawan Belanda

3. Menguasai kerajaan-kerajaan di Nusantara

Dalam rangka memperkuat kekuasaannya, VOC memiliki tujuan untuk menguasai kerajaan-kerajaan yang berada di Nusantara. Tujuan tersebut adalah untuk mengambil alih tentara kerajaan menjadi prajurit perang Belanda. Kondisi ini menyebabkan kekuatan Belanda dari sektor sumber daya manusia menjadi bertambah dan meningkatkan daya perang.

4. Menguasai pelabuhan-pelabuhan di Nusantara

VOC juga bertujuan untuk menguasai pelabuhan-pelabuhan penting di Nusantara. Pemerintah Belanda secara otomatis akan terbantu apabila VOC menguasai titik-titik pelabuhan penting di Nusantara. Belanda akan diuntungkan karena mempermudah bantuan yang datang dari kapal. Selain itu, pelabuhan penting untuk proses perdagangan demi meningkatkan sektor ekonomi pemerintahan.

5. Mencegah persaingan perdagangan yang tidak sehat

Sejak Belanda datang ke

Nusantara, sudah banyak pedagang dari berbagai macam daerah yang singgah karena lokasinya yang strategis dan kaya akan hasil buminya. Keberadaan VOC bagi Belanda diharapkan dapat meminimalisir terjadinya perdagangan tidak sehat yang terjadi dari Sabang hingga Merauke. Hal ini akan menguntungkan banyak pihak, baik Belanda maupun pihak pedagang lainnya. Kondisi ini akan menghasilkan hasil yang maksimal dan adil.

Baca juga 8 Hak-hak Istimewa VOC Yang Diberikan Pemerintah Belanda

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Tujuan Pemberian Hak Istimewa VOC Yang Diberikan Oleh Belanda. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel VOC berikutnya.

Lin Lin The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.