Mengenal Lebih Jauh Tentang Teori Peluang

Mengenal Lebih Jauh Tentang Teori Peluang

Pengertian tentang teori peluang adalah adanya peluang suatu kejadian yang ditunjukkan dengan menggunakan angka. Angka-angka ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan yang terjadi pada suatu kejadian akan terjadi.

Jika ada nilai peluang yang rendah, maka hal itu menunjukkan bahwa kemungkinan adanya suatu peristiwa akan terjadi sangatlah kecil. Namun sebaliknya, jika nilai suatu peluang tinggi (mendekati 1) maka kemungkinan besar bahwa suatu peristiwa akan terjadi.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Teori Peluang

Tokoh dari analisis matematika adalah Girolamo Cardano. Cardano merupakan seorang ahli matematika dan fisika. Ia lahir dan tumbuh besar di Itali yang hidup antara tahun 1501-1576. Girolamo Cardano sendiri merupakan salah satu tokoh dari bapak probability.

Semua ilmu tentang probability ini dituangkan dalam sebuah buku berjudul Liber de Ludo Aleae atau Book on Games of Changes. Buku ini cukup popular di kalangan pecinta matematika pada tahun 1565.

Awal mulanya, Blaise Pascal yang hidup antara tahun 1963-1662 membuat sebuah dasar-dasar dari teori peluang. Teori ini lebih dikenal dengan teori peluang modern. Selain Pascal, ada satu tokoh lagi yang sangat penting peranannya, yaitu Pierre de Fermat.

Pierre de Fermat hidup antara tahun 1601-1665 ini medapatkan dasar-dasar peluang modern pertama kali ketika sedang mengerjakan soal. Saat itu, Fermat sedang menyelesaikan soal yang diberika oleh Chevalier de Mere. Mere sendiri adalah seseorang yang senang berjudi.

Perlu diketahui juga, munculnya teori ini karena kebiasaan masyarakat Paris yang senang berjudi. Dengan melakukan judi, maka para pemainnya harus memikirkan peluang-peluang apa yang harus dimiliki agar dapat menang.

Diantara soal-soal yang diberikan adalah berapa kali harus melemparkan dua buah dadu secara bersamaan, sehingga keduanya bisa muncul angka 6. Jika dadu harus dilempar 8 kali, lalu gagal mendapat mata dadu 1 sebanyak tiga kali, maka permainan sudah berakhir. Dari sinilah akhirnya didapat kesimpulan tentang konsep peluang.

Teori Peluang

Baca juga: Apa itu Logika Matematika?

Demikian penjelasan singkat tentang teori peluang. Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang dunia matematika.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.