Inilah Teori Medan Elektromagnetik

Teori Medan Elektromagnetik – Tanpa kita ketahui ternyata dilingkungan sekitar kita terutama di peralatan rumah tangga yang sering kita gunakan mengandung medan elektromagnetik.

Apakah anda sudah tahu pengertian medan elektromagnetik, kalau belum paham silahkan simak uraian kami berikut. Akan kami paparkan tentang  teori medan elektromagnetik.

Teori Medan Elektromagnetik

Perlu anda ketahui bahwasanya medan elektromagnetik, sering disebut sebagai medan EM.
dihasilkan saat partikel bermuatan, seperti elektron, yang dipercepat. Jadi medan elektromagnetiknya adalah Semua partikel bermuatan listrik yang dikelilingi oleh medan listrik.

Partikel bermuatan bergerak akan menghasilkan medan magnet. Pada saat kecepatan perubahan partikel bermuatan, maka medan EM dihasilkan.

Pada abad ke-19 lah pertama kali medan elektromagnetik ditemukan. Pada saat itu para ilmuan sadar bahwa busur listrik (percikan api) dapat di reproduksi dari kejauhan, tanpa menghubungkan kabel antara keduanya.

Hal ini menyebabkan para ilmuwan percaya bahwa ada kemungkinan untuk berkomunikasi secara jarak jauh tanpa kabel. Pemancar radio pertama menggunakan busur listrik. “Pemancar percikan” ini sangat menarik orang-orang pada saat itu dan mendapat perhatian yang besar sehingga temuan ini sangat popular pada saat itu.

Mungkin jika saat ini temuan itu hamper mirip dengansebutan internet. Inilah awal dari apa yang kita sebut komunikasi nirkabel.

Medan elektromagnetik biasanya dihasilkan oleh arus (alternating AC) pada konduktor listrik. Frekuensi AC dapat berkisar dari satu siklus dalam ribuan tahun  (pada saat suhu sangat rendah) hingga triliun kuadriliun atau siklus per detik (pada saat suhu sangat tinggi).

Panjang jangkauan gelombang medan EM  sangat berkaitan dengan frekuensi. Jika frekuensi f dari gelombang EM ditentukan dalam megahertz dan panjang gelombang w ditentukan dalam meter (m), maka pada ruang bebas keduanya terkait dengan rumus, (W = 300 / f).

Misalnya, sinyal pada 100 MHz memiliki panjang gelombang 3 m, atau sekitar 10 meter. Formula yang sama berlaku jika frekuensi dalam gigahertz dan panjang gelombang ditentukan dalam milimeter (mm).

Dengan demikian, sinyal pada 30 GHz akan memiliki panjang gelombang 10 mm, atau sedikit kurang dari setengah inci.

Demikian ulasan kami tentang Teori Medan Elektromagnetik, semoga bermanfaat.
(Jagoan Ilmu)

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.