Category Archives: Perkapalan

Mekanika Fluida: Sifat, Jenis, dan Rumusnya

Mekanika fluida, kata yang sering di dengar oleh teknik sipil maupun teknik mesin. Mekanika fluida dan hidrolika merupakan bagian dari mekanika terpakai yang merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan dasar bagi teknik sipil. Mekanika fluida dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari sifat-sifat dan hukum-hukum yang berlaku serta perilaku fluida (cairan dan gas), adapun Hidrolika didefinisikan sebagai ilmu… Read More »

Sekoci Pada Kapal: Fungsi, Jenis, dan Cara Penurunannya

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Sekoci pada kapal ? Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi jagoanilmu.net. Karena pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang fungsi sekoci, jenis-jenis sekoci, cara menyiapkan sekoci penolong dan cara menurunkan sekoci kapal atau prosedur penurunan sekoci. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah berikut ini. Sekoci adalah… Read More »

Penjelasan Prinsip Kerja Sistem Generator Turbin Gas

Generator turbin gas merupakan suatu alat yang memanfaatkan gas sebagai fluida guna memutar turbin dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas energi kinetik dikonversikan menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang memutar roda turbin sehingga menciptakan daya. Sistem turbin gas yang paling simpel terdiri dari 3 (tiga) komponen yakni kompresor, ruang bakar dan turbin gas. Baca juga : Penjelasan… Read More »

Penjelasan Turbin Generator atau Generator Uap Beserta Gambar

Turbin Generator – Apa yang dimaksud dengan turbin? Turbin ialah perangkat pemutar yang dilengkapi dengan sudu (blade). Turbine dalam ulasan ini merupakan turbine uap dimana uap kering (superheated steam) yang telah tercipta dengan tekanan, temperatur dan aliran (flow rate) tertentu dari boiler yang disesuaikan dengan kondisi operasi turbine sehingga bisa berputar sesuai dengan kecepatan putar yang telah direncanakan.… Read More »

6 Macam-Macam Jenis Propeller atau Baling-Baling Pada Kapal

Macam-Macam Jenis Propeller – Propeller (baling – baling) adalah Alat untuk menghasilkan gaya dorong yang sekarang paling banyak dipakai Baling-baling diputar dengan poros yang digerakkan oleh penggerak utama dalam Kamar Mesin. Propeller terbagi menjadi beberapa macam jenis pada kapal, yaitu : 1. Propeller Biasa Propeller dengan pitch tetap (fixed pitch propeller) propeller dengan langkah tetap (fixed pitch propeller,… Read More »