Mengenal tentang Teknik kontrol dan Pengaturan

Teknik kontrol dan Pengaturan – Tahu kah kalian bahwasannya istilah “kendali” yang merupakan terjemahan baku dari istilah “control” yang berasal dari bahasa Inggris baru ditetapkan pada Kongres MASDALI (Masyarakat Sistem Kendali Indonesia) pada tahun 1996 di Bandung. Dalam ketetapan aslinya pada tahun 1995, Konsorsium Ilmu-Ilmu Teknik masih menggunakan Teknik kontrol dan Pengaturan.

Sebelum dibakukan oleh MASDALI, Teknik kontrol dan Pengaturan ini memiliki banyak istilah dalam Bahasa Indonesia yang maknanya hampir sama, diantaranya yaitu:

  • Control Systems: Sistem Pengaturan, Sistem Kendali, Sistem Pengendalian, atau Sistem Kontrol.
  • Control Engineering: Teknik Mengatur, Teknik Kendali, Teknik Pengendalian, atau Teknik Pengaturan.

Teknik kontrol dan Pengaturan

Pada umumnya sistem kendali yang termasuk fokus pengkajian dalam bidang teknik kendali sering digambarkan sebagai sistem apa saja maksudnya tidak terbatas hanya sistem-sistem yang terkait langsung dengan bidang kajian Teknik Elektro yang dapat di-identifikasi yang minimal terdiri dari 2 bagian utama, yaitu:
  1. Bagian Kendalian atau bagian yang dikendalikan, pada umumnya merupakan sebuah peralatan, perangkat, ataupun proses yang menghasilkan luaran (output, hasil, produk, isyarat luaran, output signal ) sebab dikendalikan oleh bagian pengendali.
  2. Bagian Pengendali atau Controller, yang juga bisa merupakan perangkat, peralatan, atau proses yang menghasilkan isyarat kendali guna mengendalikan kendalian.
Salah satu contohnya yaitu pesawat penerima siaran televisi, dapat diidentifikasi sebagai suatu sistem kendali, yaitu pesawat televisi sebagai bagian kendalian dan perangkat remote-control yang dipegang oleh salah seorang pemirsa sebagai bagian pengendali. Sekian mengenai Teknik kontrol dan Pengaturan.
Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.