Struktur Sosial Masyarakat: Unsur, Ciri Ciri, Fungsi dan Bentuknya

Struktur Sosial Masyarakat – Manusia sejatinya tidak bisa hidup sendiri, melainkan harus dengan bantuan orang lain. Bahkan bisa dibilang bahwa dari kita lahir sampai meninggal juga membutuhkan bantuan manusia lain.

Struktur sosial dibagi menjadi 2 susunan, yaitu Horizontal dan Vertical. Sebagai contoh pada susunan Horizontal terdapat kelompok pria dan kelompok pria, atau kelompok orang beragama, kristen , hindu, budha dan Islam. Ciri masing-masing dalam kelompok tersebut tidak bertingkat, artinya memiliki kedudukan yang sama. Sedangkan contoh struktur sosial vertical seperti terdapat kelompok kaya dan kelompok miskin, contoh ini menunjukkan perbedaan kedudukan.

struktur sosial masyarakat

Pengertian struktur sosial adalah sebuah bangunan yang tersusun atas berbagai unsur pembentuk masyarakat. Unsur-unsur tersebut saling berkaitan satu dengan yang lain secara fungsional. Dalam arti fungsional yaitu apabila terjadi perubahan pada salah satu unsur tersebut maka unsur yang lain akan mengalami perubahan juga. Sedangkan menurut Soerjono Soekanto, struktur sosial adalah hubungan timabl balik antara posisi-posisi dan peranan sosial.

A. Unsur Struktur Sosial

Struktur sosial muncul karena adanya dua unsur, yaitu:

  1. Individu, Individu memiliki arti sebagai pembentuk masyarakat, sekaligus pembentuk struktur sosial. Jika tidak ada individu makan tidak akan mungkin ada masyarakat.
  2. Interaksi, Interaksi berarti antar individu dalam masyarakat akan membentuk struktur sosial, tanpa adanya interaksi maka struktru sosial tidak mungkin terbentuk.

B. Ciri-Ciri Struktur Sosial

Adapun ciri- ciri struktur sosial, yaitu :

  1. Muncu pada kelompok masyarakat
  2. Berkaitan erta dengan kebudayaan
  3. Dapat berubah dan berkembang
  4. Struktur sosial mengacu pada hubungan sosial yang pokok
  5. Lingkup cakupan struktur sosial adalah smeua hubungan sosial antara individu-individu pada suatu saat tertentu.

C. Fungsi Struktur Sosial

Adapun fungsi struktur sosial, yaitu :

  • Fungsi identitas, yaitu sebagai penegas identitas yang dimiliki suatu kelompok.
  • Fungsi kontrol yaitu untuk mengontrol individu yang berada dalam struktur sosial tertentu.
  • Fungsi pembelajaran, yaitu dengan adanya struktur sosial individu dapat belajar melalui interaksi yang terjadi di dalamnya.

D. Bentuk Struktur Sosial

Dalam masyarakat bentuk struktur sosial dapat dilihat dari beberapa sudut, yaitu:

  1. Dilihat dari sifatnya

Bentuk struktur sosial suatu masyarakat dapat dibedakan menjadi struktur sosial yang kaku, struktur sosial yang luwes, struktur sosial formal, dan struktur sosial informal

2. Dilihat dari identitas keanggotaan masyarakatnya

Bentuk struktur sosial ini dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu struktur sosial yang homogen dan struktur sosial yang heterogen.

3. Dilihat dari ketidaksamaan sosial

Bentuk struktur sosial berdasarkan ketidaksamaan sosial adalah pengelompokkan manusia secara horizontal dan vertikal.

Itulah penjelasan tentang Struktur Sosial Masyarakat. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.