Jenis serta Kuantitas yang Diukur Spektroskopi Optik

Spektroskopi optik merupakan salah satu ilmu yang mempelajari materi dan atributnya berdasarkan suara, cahaya atau partikel yang dipancarkan. Bisa juga dengan diserap atau dipantulkan oleh materi tersebut.

Atau definisi lain dari Spektroskopi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara materi dan cahaya. Dengan berjalannya waktu definisi tersebut pun berkembang. Tidak hanya cahaya tampak, tetapi juga bentuk lain dari radiasi elektromagnetik dan non-elektromagnetik.

Jenis serta Kuantitas yang Diukur Spektroskopi Optik

Ilmu spektroskopi optik umumnya digunakan dalam kimia fisik dan kimia analisis. Gunanya untuk mengidentifikasi suatu substansi melalui spektrum yang dipancarkan atau yang diserap. Spectrometer merupakan Alat untuk merekam spectrum. Dalam astronomi dan penginderaan jarak jauh juga menggunkan ilmu ini secara intensif.

Kalau berbicara terkait teleskop-teleskop besar sebenarnya mempunyai spektrograf. Gunanya adalah untuk mengukur komposisi kimia dan atribut fisik lainnya dari suatu objek astronomi. Atau dimanfaatkan juga untuk mengukur kecepatan objek astronomi berdasarkan pergeseran Doppler garis-garis spektral.

Kuantitas fisik yang diukur ini nbiasanya akan berpengaruh terhadap jenis spektroskopi optik. Kuantitas yang diukur merupakan intensitas atau jumlah dari sesuatu. spektroskopi elektromagnetik akan mempelajari terkait Intensitas radiasi elektromagnetik yang dipancarkan dan jumlah yang diserap.

Untuk spektroskopi akustik dan spektroskopi mekanika dinamik akan membahas terkait Amplitudo getaran-getaran makroskopik

Sedangkan unutk mempelajari Energi kinetik dari partikel maka ilmu yang dipelaji ada di  spektroskopi energi elektron dan spektroskopi elektron Auger. Untuk spektroskopi massa akan mempelajari terkait rasio massa molekul dan atom. Spektroskopi massa sering juga disebut dengan spektrometri massa.

Sedangkan jenis dari spektroskopi optic ada 4 jenis. Jenis Spektroskopi Elektromagnetik ini berdasarkan dari Intensitas radiasi elektromagnetik yang dipancarkan dan jumlah yang diserap. Jika didasarkan dari amplitudo getaran-getaran makroskopik maka merupakan jenis Spektroskopi Akustik.

Sedangkan untuk jenis Spektroskopi energi electron ini diambil atas dasar energi kinetik dari partikel. Dan untuk Spektrometri massa merupakan jenis yang didasarkan dari Rasio massa molekul dan atom.

 

Baca juga : Perkembangan Optika Modern di Berbagai Bidang

Berikut tadi pembahasan terkait Jenis serta Kuantitas yang Diukur Spektroskopi Optik  yang bisa disampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan juga bisa memberikan ilmu yang bermanfaat juga.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.