Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

Soa Soa Layar (Hydrosaurus Amboinensis) Reptil Asli Indonesia

1 min read

Soa Soa Layar

Jagoan Ilmu, Soa soa layar (Hydrosaurus amboinensis) reptil asli Indonesia – Tahukah Anda, apa itu Soa soa layar ? Soa soa layar  atau Hydrosaurus amboinensis dapat tumbuh hingga mencapai ukuran lebih dari 1 meter.

Tubuh dilengkapi dengan kaki yang kuat dan ekor yang panjang. Berbeda dengan tokek dan cicak, selain itu reptil ini juga tidak dapat memutuskan ekornya untuk mengelabui pemangsa. Nah, untuk Anda yang penasaran tentang ini dan harga soa soa layar, simak penjelasan berikut ini.

Soa Soa Layar (Hydrosaurus amboinensis) dan Harganya

Soa Soa Layar

Untuk para pecinta reptil pasti sangat senang memelihara hewan reptil ini. Jenis hewan satu ini mempunyai fisik seperti kadal pada umumnya. Dalam bahasa latin mempunyai nama Hydrosaurus amboinensis merupakan kadal semi akuatik terbesar dalam familia Agamidae.

Sepintas, bentuk tubuhnya lebih menyerupai miniatur dinosaurus atau naga daripada kadal sehingga dalam bahasa Inggris disebut sail-fin dragon atau sail-fin lizard. Harga hewan saigon ini berkisar 365.000.

Soa layar melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999, menjadikan kadal ini dalam status dilindungi. Ia terancam perburuan dan perubahan habitat lingkungan.

Ciri-Ciri Soa soa Layar

Sepanjang punggungnya ditumbuhi duri-duri kecil. Pada hewan jantan, bagian pangkal ekor dilengkapi dengan layar tinggi yang bentuknya mirip layar perahu tradisional Hongkong. Layar ini digunakan untuk memikat betina saat musim kawin tiba. Baca Juga Sejarah Biologi Sel

Reptil yang berkerabat dekat dengan Iguana ini umumnya hidup di daerah yang dekat dengan air, seperti tepian dan muara sungai, hutan mangrove dan tepi pantai. Makanan utamanya sangat bervariasi, terdiri dari daun-daunan, buah-buahan liar, serangga, telur dan anak burung hingga mamalia kecil.

Makanan 

Reptil ini merupakan binatang omnivore. Makanan mereka meliputi serangga, sayuran dan buah-buahan. Cacing, belalang, laba-laba, tikus, pinkies, ikan dan udang merupakan makanan yang tidak lazim dikonsumsinya dan dapat berakibat buruk.

Pastikan ketika memberi makan larva atau serangga muda dan tikus tidak berlebihan atau dibatasi, sebeba makanan tersebut dapat menimbulkan lemak berlebih dan kadal akan terlihat gendut dibandingkan dengan bentuk ideal. Kemudian berakhir dengan penyakit hati. Beberapa makanan berprotein tinggi lain yang dianjurkan yaitu makanan anjing kering, tahu, dan telur rebus.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Soa soa layar (Hydrosaurus amboinensis) reptil asli Indonesia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.