Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

Masuk Daftar Satwa yang di lindungi : Soa Layar dilindungi

1 min read

Soa Layar dilindungi

Jagoan Ilmu, Masuk daftar satwa yang dilindungi : Soa layar dilingdungi – Tahukah Anda, soa layar dilindungi ? Soa layar hewan dilindungi Karena sering diburu. Soa soa layar atau lebih dikenal dengan nama latinnya Hydrosaurus Amboinensis, kerap banyak diburu karena bentuknya mirip Kadal namun bersayap mirip Iguana. Soa layar merupakan reptil asli Indonesia. Nah, untuk lebih jelasya, mari simak penjelasan soa layar dilindungi berikut ini.

Soa Layar dilindungi (Hydrosaurus Amboinensis) dan Jenisnya

Soa Layar dilindungi

Soa soa layar banyak dijumpai di sejumlah pulau di Indonesia, selain di Indonesia, Soa Layar hanya ditemukan di Philipina dan Papua Nugini. Soa layar melalui Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999, menjadikan kadal ini dalam status dilindungi. Ia terancam perburuan dan perubahan habitat lingkungan. 

Baca Juga Soa Soa Layar

Soa soa layar termasuk dalam keluarga Agamidae, marga Hydrosaurinae, dan jenis Sauria atau lizard (kadal). Ia masuk dalam sub-sepesies dengan nama umum Sailfin Lizard. 

Habitat Soa Layar

Soa soa lazimnya hidup di pohon-pohon yang tumbuh di sekitar aliran sungai atau kolam. Mereka lazimnya hitup di hutan. Namun Soa-soa remaja sering kali didapati hidup di parit-parit. Di Pilipina, Soa-soa sudah punah seiring ketidaknyamanan habitat mereka karena penebangan hutan.

Jenis Soa Layar

Berikut beberapa jenis soa layar yang tersedia di pasaran :

1. Soa layar jenis Hydrosaurus Weberi

Soa Layar dilindungi

Ciri soa layar jenis hydrosaurus weberi adalah warnanya yang kehijauan. Ukuran hydrosaurus weberi juga tidak sebesar jenis soa layar lainnya. Ukuran soa layar hydrosaurus weberi dewasa maksimal 90 hingga 100 cm. Jenis soa layar weberi habitat aslinya yaitu di Maluku, tepatnya di Ternate, Ambon, Mangole, Sula.

2. Soa layar jenis Hydrosaurus Amboinensis

Soa Layar dilindungi

Soa layar jenisini memiliki warna kecoklatan dibagian kepala, dan kehitaman di badan. Hydrosaurus juga memiliki cula dikepalanya, dan karena alasan inilah juga disebut Indonesian Giant Sailfins Dragon. Habitat asli soa layar jenis adalah dikepulauan Sulawesi.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Masuk daftar satwa yang dilindungi : Soa layar dilingdungi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.