Skala Waktu dalam Ilmu Geologi

Skala Waktu dalam Ilmu Geologi – jika mendengar rumpun ilmu yang satu ini, ilmu geologi merupakan salah satu ilmu tentang pengetahun bumi yang membahas tentang lapisan-lapisan batuan yang ada di dalam kerak bumi. Di dalam kerak bumi terdapat bermacam-macam jenis batuan dan diantara lapisan-lapisan kerak bumi tersebut terdapat air yang kita gunakan dalam kehidupan sehari0hari. Nah, maka dari itu ilmu geologi juga membahastentang sejarah bum serta makhluk hidup yang ada di dalamnya. Tentunya hal tersebut membuat berbagai macam cabang ilmu geologi lainnya antara lain:

Cabang-cabang Ilmu Geologi yang juga dipelajari 

Ada pun cabang-cabang ilmu geologi yang juga dipelajari antara lain:

  • Ilmu moneraloggi adalah ilmu yang mempelajari tentang mineral sebagai bahan utama dalam pembentuk kerak bumi.
  • Ilmu petrologi adalah ilmu yang mempelajari proses terjadinya batuan dan mengklasifikasikannya.
  • Ilmu stratigrafi adalah ilmu yang mempelajari tentang lapisan batuan pada kulit bumi yang ada dalam hubungan ruang dan waktu.
  • Ilmu paleontology adalah ilmu yang mempelajari tentang proses pembantuan dai sisa-sisa binatang purba ataupun tumbuh- tumbuhan.
  • Ilmu geologi sejarah adalah ilmu yang mempelajari urutan masa masa perubahan bumi dari satu zaman ke zaman lain.
  • Ilmu geologi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang endapan-endapan mineral.
  • Ilmu geofisika adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat fisika yang ada di bumi.
  • Ilmu geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang terjadinya gejalah alam di luar bumi.
  • Ilmu geologi teknik adalah ilmu yang mempelajari tentang pembuatan waduk, jalan dan lain-lain.
  • Ilmu geologi tata lingkungan adalah ilmu yang mempelajari tentang aplikasi dalam kehidupan sehari-hari.

Ilmu geologi lebih dikenal dengan ilmu kebumian. Pada dasarnya secara konstan dipermukaan bumi tidak ada satupun yang memiliki sifat permanen. Adanya bebatuan yang berada di atas bukit mungkin dahulunya berasal dari bawah laut. Oleh karena itu untuk mempelajari bumi maka diperlukan dimensi waktu. Ketika kita berbicara tentang sejarah manusia, maka ukuran waktu dihitung dalam tahun, puluhan tahun, abad dan behkan puluhan abad dalam mempelajari sejarah bumi. Maka jika dilihat dari perhitungan terbentuknya bumi, waktu yang dibutuhkan dalam menentukan perbentukannya dibutuhkan waktu milyaran tahun.

Waktu juga merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan manusia sehari-hari. Catatan waktu biasanya disimpan dalam suatu penggalan kalender yang pengukurannya di dasarkan atas peredaran bumi di alam semesta. Sekali bumi berputar pada sumbunya atau rotasi dikenal dengan satu tahun.

Sama halnya dengan perhitungan waktu dalam kehidupan manusia, maka dalam mempelajarinya sejarah bumi juga dipakai suatu jenis penanggalan yang dikenal dengan nama skala wakutu geologi.

 

Skala Waktu Geologi

Skala waktu geologi berbeda dengan penanggalan yang kita kenal sehari-hari. Skala waktu geologi dapat diumpamakan sebagai sebuah buku yang tersusun atas halaman-halaman, dimana setiap halaman dari buku tersebut diwakili oleh batuan. Terdapat 2 skala waktu yang dipakai untuk mengukur dan menentukan umur bumi.

Pertama, skala waktu relative yaitu skala waktu yang ditentukan berdasarkan atas urutan pelapisan batuan-batuan serta evolusi kehidupan organism dimasa lalu.

Kedua, skala waktu absolute yaitu suatu skala waktu geologi yang ditentukan berdasarkan pelarikan radioaktif dari unsure-unsure kimia yang terkandung dalam bebatuan. Skala relative terbentuk atas dasar peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam perkembangan ilmu geologi itu sendiri.

Sedangkan skala radiomerti berkembang belakangan dan berasal dari ilmu pengetahuan fisika yang diterapkan untuk menjawab permasalahan yang timbul dalam bidang geologi.

 

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.