Sejarah Bulu Tangkis Yang Patut Diketahui Atlet

https://jagoanilmu.net/sejarah-bulu-tangkis/

Dari awalnya orang hanya mengenal nama badminton yang berasal dari sebuah rumah/istana di daerah Gloucester-shire, terletak di sekitar 200 kilometer sebelah barat London, inggris. Badminton house, itulah nama istana tersebut, menjadi saksi sejarah bagaimana bagaimana permainan ini terus berkembang hingga sangat popular seperti sekarang ini.

sejarah bulu tangkis
Duke of Beafourt adalah Pemilik bangunan istana tersebut, ia bukanlah orang yang menemukan jenis permainan badminton ini. Badminton hanyalah sebuah nama dari bangunan tersebut karena disitulah awal mula permainan ini dimainkan.

Olahraga yang dimainkan menggunakan raket dan kok berkembang sekitar 200 tahun lalu di Mesir kuno. Sejak dulu merupakan sebuah permainan Tionghoa dengan nama Jianzi yang dimainkan menggunakan bola namun tidak menggunakan raket. Tujuan dari permainannya adalah untuk mempertahankan bola supaya tidak terjatuh dan menyentuh tanah selama mungkin menggunakan kaki.

Petugas tentara Britania di Pune India yang menemukan olahraga bulu tangkis pada abad ke 19 ketika mereka menambah peralatan jaring atau net dan dimainkan secara berlawanan. Oleh karena itu kota Pune sebelumnya populer dengan nama Poona, saat masa itu permainan ini mempunyai sebutan lain yaitu Poona.

Sampai periode zaman orde baru, kejayaan bulu tangkis di Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan pertumbuhan bangsa Indonesia, saat zaman sebelum revolusi fisik dan gerakan kemerdekaan. Beberapa orang Belanda membawa jenis cabang olahraga bulu tangkis, kemudian pelajar-pelajar yang pulang dari luar negeri setelah menunutut ilmu. Hal ini yang membuat olahraga bulu tangkis bisa populer dan digemari masyarakat.

Bulu tangkis semakin berkembang ketika Indonesia mulai merdeka. Pada tahun 1947 berdiri sebuah organisasi yang bernama Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI). Kemudian pada tanggal 5 Mei 1951 terbentuklah organisasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Pada tahun 1992 permainan bulutangkis menjadi olahraga olimpiade musim panas di kejuaraan Barcelona. Kala itu tim Indonesia dan Korea Selatan masing-masing memperoleh dua medali emas. Cabang olahraga bulu tangkis banyak disukai oleh seluruh lapisan masyarakat hingga pelosok negeri pada tahun 1940. Tetapi, cabang olahraga baru ini menemukan organisasi setelah tiga tahun diadakannya PON pertama di Solo tahun 1984, tepatnya tanggal 5 mei 1951.

Demikian penjelasan tentang sejarah bulu tangkis. Semoga bermanfaat.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.