Sejarah Singkat Permainan Bola Basket Di Indonesia

By | October 31, 2017

sejarah bola basket

Pertandingan olah raga bola basket tidak asing lagi bagi kalangan siapapun, kita sering melihat pertandingan tersebut di media televisi maupun mungkin streaming di internet. Bahkan tidak jarang kita memiliki club atau pemain bola basket yang diidolakan.

sejarah bola basketDr. James Naismith ialah pencipta bola basket, basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja. Pengertian Olah Raga Bola basket ialah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

 

Sejarah Bola Basket di Indonesia

Informasi ang berkembang mengatakan bahwa masuknya olah raga bola basket ke Indonesia, bersamaan dengan kedatangan pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan. Yaitu sejak tahun 1894, bola basket sudah dimainkan orang-orang Cina di Provinsi Tientsien dan kemudian menjalar ke seluruh daratan Cina.

Beberapa kota di Indonesia sudah memiliki klub-klub bola basket lokal meskipun belum resmi menjadi sebuah Negara yang merdeka, pada tahun 1930-an kabarnya sejarah bola basket. Sesudah proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, olahraga permainan bola basket mulai dikenal luas dikota-kota yang menjadi basis perjuangan seperti Yogyakarta serta Solo. Walaupun belum memiliki induk olahraga nasional, namun pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama (PON I) yang diadakan di Solo pada tahun 1948 permainan bola basket dimainkan untuk pertama kalinya.

Tanggal 23 Oktober 1951, tiga tahun seusai kejadian itu, “Persatuan Basketball Seluruh Indonesia” di bentuk dan kemudian pada tahun 1955, karena adanya penyempurnaan nama sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia maka organisasi bola basket tersebut berganti nama menjadi “Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia” (Perbasi). Langsung disambut menjadi anggota FIBA (the International Basketball Federation atau Federasi Bola Basket Internasional) setahun setelahnya, untuk pertama kalinya Indonesia mengirimkan tim basket di ajang Asian Games Manila pada saat intu.

Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) yang pertama kalinya pada tanggal 3 April 1982 merupakan pertandingan antara klub Rajawali Jakarta menghadapi Semangat Sinar Surya Yogyakarta, sekaligus merupakan sebagai langkah awal dari sejarah panjang kompetisi klub-klub papan atas di yang ada di Indonesia. Klub pertama yang meraih gelar bergengsi kejuaraan Kobatama ialah Klub bola basket Indonesia Muda Jakarta mencatatkan diri.

Pasang surut perkembangan bola basket selama hampir 30 tahun lamanya, dalam beberapa tahun terakhir ini olahraga permainan bola basket berkembang begitu pesat. Kejadian inilah ditandai dengan penyelenggaran Deteksi Basketball League (DBL) yang dikemas dengan sangat menarik sehingga mampu memberikan warna tersendiri dalam kompetisi tingkat pelajar di Indonesia.

Itulah penjelasan tentang sejarah singkat bola basket di Indonesia. Semoga ilmunya bisa bermanfaat.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count:

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.