Sejarah Bank Mandiri di Indonesia dan Visi Misinya

Posted on

sejarah bank mandiri

Sejarah Bank Mandiri – Bank Mandiri adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998. Program ini merupakan salah satu program pemerintah yang melakukan restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia.

Pada saat itu ada 4 bank pemerintah yang digabungkan tepatnya pada bulan Juli 1999. Empat bank tersebut yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia dilebur menjadi Bank Mandiri.

Setiap masing-masing bank tersebut memiliki peran yang penting dan tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan saat ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.

Selain itu, Bank Mandiri juga mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat bank tersebut. Setelah investasi awal untuk konsolidasi sistem yang berbeda tersebut, Bank Mandiri mulai melaksanakan program pergantian platform yang berlangsung selama tiga tahun, di mana program pengganti tersebut difokuskan untuk meningkatkan kemampuan penetrasi di segmen retail banking.

Kini Bank Mandiri telah mempekerjakan sekitar 36.737 karyawan dengan 2.457 kantor cabang dan 7 kantor cabang/perwakilan/perusahaan anak di luar negeri, hingga Desember 2015. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 17.388 ATM, dan 53.957 ATM dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, 286.861 Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan elektronik yang meliputi Internet Banking, SMS Banking dan Call Center.

Visi dan misi Bank Mandiri

1) Visi

Menjadi Lembaga Keuangan Indonesia yang paling dikagumi dan selalu progresif

2) Misi

  • Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar
  • Mengembangkan sumber daya manusia professional
  • Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder
  • Melaksanakan manajemen terbuka
  • Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan

Demikian artikel kali ini mengenai sejarah Bank Mandiri di Indonesia yang telah dipaparkan singkat di atas beserta visi dan misinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *