Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar dan Contohnya Dalam Kehidupan

Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar

Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar – Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu alamiah dasar (IAD) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja. Sebenarnya kita sudah tidak asing lagi dengan disiplin ilmu ini, karena secara tidak sadar sudah kita temukan dimana saja, dan kapan saja, serta dalam bentuk apa saja

Sebelumnya kami sudah penjelaskan tentang Pengertian ilmu alamiah dasar menurut para ahli, Tujuan dan Fungsinya, sekarang yang dibahas tentang ruang lingkup ilmu alamiah dasar, Mengapa kita perlu mempelajari ilmu alamiah dasar? Manfaat ilmu alamiah dasar beserta contohnya. Simak penjelasan dibawah ini:

Ruang lingkup Materi Ilmu Alamiah Dasar

Ruang lingkup Materi Ilmu Alamiah Dasar, yakni:

1. Konsep dasar tentang Ilmu Pengetahuan Alam

  1. Fisika (Physics). Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tak hidup atau mati dari aspek wujud dengan perubahan–perubahan yang bersifat sementara. Di lingkup besar yang termasuk ilmu bumi dan antariksa, fisika secara klasik f dibagi dalam mekanika, panas, bumi, cahaya, gelombang, listrik, magnet dan teknik mekanika, teknik sipil, teknik listrik.
  2. Kimia (Chemistry). Yaitu satu ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan–perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organik. Yang dibahas kedua hal ini dasar keseluruhan, kemudian diikuti analisis kualitatif dan kuantitatif.
  3. Biologi (Biological Science). Ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya

2. IPA dan Perkembangan Teknologi

Perselisihan teknologi untuk menempuh masa lalu amat pesat hingga menyilaukan mata manusia, kini benar-benar orang mulai mempersoalkan akibat-akibat yang dibawa teknologi pada peradaban.manusia secara keseluruhan. Hal tersebut tidak lain daripada menempatkan teknologi dalam fungsi sosial yang wajar.

Jika ini bisa dilakukan, teknologi dapat memberikan harapan yang cerah, oleh karena itu teknologi harus dapat merintis jalan ke arah pengadaan pangan, sandang dan penyediaan pemukiman manusia tanpa merusak tatanan masyarakat.

3. Dampak perkembangan IPA dan Teknologi

Dampak IPA dan teknologi terhadap kehidupan manusia seperti banyaknya penemuan seperti penemuan energi cahaya, pengobatan dengan alat canggih sehingga dapat mempermudah dan bermanfaat banyak bagi kehidupan manusia.

Mengapa kita perlu mempelajari ilmu alamiah dasar? Karena banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

  1. Mengenal perilaku lebih dalam tentang dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal luarnya saja. Mengetahui karakter seseorang lebih dalam akan membuat seseorang menjadi tahu sifat yang ada di dalamnya itu, dan bukan luarnya saja. Memahami karakter seseorang itu jangan hanya dari luar saja, akan tetapi dari dalam juga. Sehingga dalam bergaulpun akan luwes.
  2. Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain.
  3. Perilaku patut dalam pergaulan setelah mendalami jiwa dan perasaan manusia serta mau tahu perilaku manusia lain. Dalam bergaul haruslah menjaga sikap dan sifat Anda agar terjalinnya hubungan yang harmonis.
  4. Ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang leluhur Anda yang luhur nilainya dan mengakui budaya yang ada di sekitarnya

Contoh Ilmu alamiah dasar dalam kehidupan sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari Anda sering kali melihat kejadian-kejadian atau fenomena alam sekitar Anda baik itu positif maupun negative. Contoh nya dalam segi iptek, Bagaimana Iptek bisa mendapat tempat di masyarakat?

Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar

Penting bagi Anda untuk memahami bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi yang terikat erat dengan kehidupan Anda dalam memahami ilmu ilmiah dasar. Mereka adalah aspek terkait erat masyarakat dan studi dan perkembangan baik dalam ilmu pengetahuan dan teknologi juga sangat penting bagi kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

Selain itu jika Anda ingin tahu tentang manfaat, ketika ilmu pengetahuan dan teknologi datang, Anda tidak bisa melupan mobil dan industri transportasi yang telah berkembang pesat karena perkembangan ilmu pengetahuan dan rekayasa teknis.

Baca juga : Perkembangan Pola Pikir Manusia (Ilmu Alamiah Dasar)

Penutup

Demikian penjelasan mengenai ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda serta jangan lupa share dan komentar kalau konten ini dianggap bermanfaat.