Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Materi Rekayasa Perangkat Lunak: Pengertian dan Tujuan

2 min read

rekayasa perangkat lunak

 

rekayasa perangkat lunak

Rekayasa Perangkat Lunak – informatika erat kaitannya dengan ilmu computer. Banyak orang yang menghubungkan materi informatika dengan ilmu computer. Padahal sebenarnya, informatika lebih detail dibandingkan dengan ilmu computer. Lalu, seperti apa sih materi yang ada dalam informatika? Salah satunya yang akan kita bahas adalah tentang rekayasa perangkat lunak. Sedikit tambahan informasi bahwa, rekayasa perangkat lunak sudah berkembang dan diciptakan kali pertama pada tahun 1940-an hingga kini. Tujuan dari pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak serta kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh user.

 

Definisi Perangkat Lunak

Nah, lalu apa sih perangkat lunak itu sendiri? Ada banyak definisi yang menjelaskan tentang perangkat lunak, antara lain:

  1. Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dari beberapa program komputer yang apabila di eksekusi akan menyediakan beberapa fungsi dan pekerjaan yang di inginkan.
  2. Perangkat lunak adalah kumpulan dari struktur data yang membuat suatu program komputer dapat memanipulasi sebuah informasi.
  3. Perangkat lunak adalah kumpulan dari dokumen yang menjelaskan tentang operasional dan penggunaan suatu program komputer.

 

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yakni menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, analisa kebutuhan pengguna, designn, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Pada pengertian ini jelaslah bahwa Rekayasa Perangkat Lunak (RPL ) tidak selalu berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan ”semua aspek produksi” pada pengertian sebelumnya, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi misalnya manajemen proyek, penentuan personil, jadwal, metode,anggaran biaya, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.

 

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

Selanjutnya, ada pun tujuan dari rekayasa perangkat lunak sendiri adalah untuk menghasilkan produk PL (perangkat lunak) yang ditinjau dari segi biaya sangatlah terjangkau. Bila biaya tak terbatas secara teoritis apa pun bisa dikerjakan. Di dalam pelaksanaan rekayasa perangkat lunak, juga memiliki tantangan yang mana adalah dengan menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas tinggi, namun dengan sumber daya terbatas dan jangka waktu tertentu.

Ada beberapa karakteristik perangkat lunak yang bisa direkayasa dengan baik adalah:

  • Mudah dirawat kemudian dilengkapi dengan dokumentasi dan perubahan dapat dilakukan dengan biaya yang minimum.
  • Dapat diandalkan yakni bekerja seperti yang diharapkan dan gagal hanya bila keluar dari spesifiknya.
  • Bekerja secara efisien yang tidak memboroskan sumber daya, misalnya memori, prosesor, penyimpanan.
  • Dirancang sesuai dengan tingkat kemampuan pemakai. Produk perangkat lunak dikembangkan dari serangkaian perubahan, dari user requirements menjadi kode untuk eksekusi untuk mesin.

Rekayasa perangkat lunak berupaya untuk menghasilkan beberapa produk, antara lain:

  • Komponen perangkat lunak yang bisa dipakai ulang dengan tujuan dapat dimanfaatkan pada berbagai program.
  • Komponen reusable component terdiri dari Subroutine yang berisi algoritma Object Class dan juga Berisi alogritma dan struktur data.
  • Produk perangkat lunak yang sudah lengkap dengan dokumentasinya.

Kemudian juga terdapat dua produk perangkat lunak, antara lain:

  • Generic yakni produk yang dikembangkan untuk dijual kepada public.
  • Spesifik yakni produk yang dikembangkan khusus untuk sebuah perusahaan.

Dari kedua macam produk tersebut kemudian terbagi lagi jenis-jenis produk perangkat lunak, di antaranya adalah:

1). Sistem software
Dimana berupa software atau program yang berfungsi untuk mengatur atau melayani program-program lain dan juga sistem software ini juga dapat berinteraksi dengan perangkat lunak.

2). Real time software
Perangkat lunak yang memonitor, menganalisa, mengendalikan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Waktu tanggap (response) singkat (milidetik).

3). Business software
Jenis produk perangkat lunak ini lebih fokus untuk menangani bermacam aplikasi seperti: penggajian, penjualan, persediaan barang, SIM(Sistem Informasi Manajemen)

4). Enginering dan Scientific Software
Merupakan perangkat lunak yang banyak memproses angka-angka seperti: astronomi, otomotif, peramalan cuaca, dll.

Selain itu juga terdapat beberapa aktivitas utama dari rekayasa perangkat lunak, terdapat 4 aktivitas di antaranya adalah:

  1. Spesifikasi
  2. Pengembangan
  3. Validasi
  4. Evolusi

 

Demikianlah artikel kali ini tentang materi rekayasa perangkat lunak yang mencakup pengertian RPL serta tujuan RPL. Semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan Anda.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Definisi dan Fungsi Kapita Selekta Komputer

Kapita Selekta Komputer – Sebelum kita masuk pembahasan lebih lanjut tentunya kita harus paham dulu apa pengertian dari suatu istilah, dalam hal ini adalah...
Hen Hen
1 min read