Proses Pembentukan Muka Bumi

Sebelum kita memulai tentang judul artikel diatas yaitu proses pembentukan muka bumi . Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Bumi. Bumi ? Iya, tempat yang kita tinggali. Bumi adalah salah satu nama dari planet yang ada di tata surya . Ada sembilan planet diantaranya yaitu Merkurius, Venus , Bumi , Mars , Yupiter , Saturnus, Uranus , Neptunus , dan Pluto .

Planet Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan ,itulah kekuasaan Tuhan . Jika dilihat dari luar angkasa,planet bumi sunggulah indah .Planet Bumi memiliki gas yang terdiri dari nitrogen sekitar 78% , Oksigen sekitar 21% dan selebihnya adalah gas-gas lain.Bumi juga memiliki satelit ,kita semua juga sudah tahu, yaitu bulan.

Setelah kita mengetahui apa itu Planet Bumi .Nah inilah saatnya bagi kita untuk mengetahui bagaimana proses dari pembentukan muka bumi ini. Proses dari permukaan muka bumi ini bukanlah terjadi dalam waktu sebentar, namun dalam waktu yang sangat panjang. Akibat dari proses pembentukan muka bumi ini membuat bentuk muka bumi menjadi beragam. Proses pembentukan muka bumi ini dikarenakan adanya tenaga, yaitu tenaga Eksogen dan tenaga Endogen. Tenaga Eksogen ? Ya. Tenaga eksogen itu adalah tenaga yang berasal dari luar bumi.Dan Tenaga endogen itu adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi . Mari kita mulai,dari tenaga eksogen.

A. Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen atau tenaga yang berasal dari luar bumi.Tenaga eksogen merombak bentuk permukaan bumi dari hasil bentukan tenaga endogen.

1. Pelapukan

Pelapukan adalah penghancuran atau pengikisan dari media penghancur.Media penghancurnya berupa sinar matahari, reaksi kimiawi, air dll. Ada tiga proses pelapukan diantaranya yaitu :

  • Pelapukan Organik , yaitu pelapukan yang dikarenakan oleh aktivitas makhluk hidup. Bisa termasuk lumut, cacing tanah, serangga dan lainnya.
  • Pelapukan Kimiawi, yaitu pelapukan yang dikarenakan oleh susunan kimiawi, biasanya proses oksidasi dan hidrolisis.
  • Pelapukan Mekanik,yaitu pelapukan yang dikarenakan oleh sinar matahari, perubahan suhu yang tiba-tiba dan lainnya.

 

 2. Erosi

Erosi hampir sama dengan pelapukan.Namun erosi dikarenakan pengikisan oleh media yang bergerak.Contohnya gelombang laut, air sungai atau gletser. Ada beberapa jenis Erosi diantaranya yaitu erosi angin, erosi air , erosi gletrser. Contoh , pengikisan air yang mengakibatkan pembentukan gua, tebing sungai yang semakin dalam. Dan pengikisan dipantai contohnya yaitu abrasi.

 

B. Tenaga Endogen

Tenaga Endogen atau tenaga yang berasal dari dalam bumi.Sifat dari tenaga endogen ini membentuk permukaan dari bumi ini tidak rata.Tenaga endogen bisa di bagi menjadi tiga diantaranya :

1. Tenaga Tektonik

Tenaga Tektonik atau diatropisme yang mengakibatkan pergeseran perubahan lapisan batuan yang berada di dalam bumi.Ada dua gerakan yang berasal dari tenaga tektonik ini yaitu gerak orogenesis dan gerak epirogenesis.

Gerak orogenesis adalah pengangkatan kerak bumi karena tumbukan lempeng. Contoh nya adalah pegunungan berangkai.
Gerak epirogenesis adalah pengangkatan kerak bumi yang menyebabkan terbentuknya pegunungan. Ada dua jenis gerak epirogenesis yaitu epirogenesis positif dan epirogenesis negatif.
2. Vulkanisme

Vulkanisme yaitu kegiatan magma menyusup ke lapisan yang lebih atas atau sampai keluar permukaan bumi. Peristiwa ini diantaranya :

Ekstrusi Magma adalah keluarnya magma yang sampai mencapai permukaan bumi, dan menyebabkan erupsi atau letusan akibatnya terjadilah gunung api.Berdasarkan proses keluarnya sebuah magma ada tiga diantaranya Erupsi sentral, erupsi linier , dan erupsi areal.

Intruksi Magma adalah aktivitas magma di kulit bumi dan belum sampai keluar.Beberapa intruksi magma diantaranya Batholit , Sill , Lakolit , Gang , dan Amphofisa.

Nah , kini kita sudah mengerti kan ? Nih kita simpulkan ya . Jadi, proses pembentukan muka bumi terjadi bukan sebentar tapi melalui proses yang panjang. Proses ini dikarenakan dua tenaga yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen . Tenaga endogen dan eksogen sudah dijelaskan di atas.