Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

Contoh Proposal 17 Agustus Tingkat RT dan Desa

2 min read

Contoh Proposal 17 Agustus Tingkat RT dan Desa

Jagoan Ilmu, Contoh Proposal 17 Agustus Tingkat RT dan Desa – Proposal kegiatan Agustusan wajib dibuat oleh panitia penyelenggara. Pasalnya, proposal berperan untuk menginformasikan kegiatan secara detail, dan bantuan berupa dana maupun partisipasi. Nah, kali ini kami akan mengulas tentang contoh proposal 17 Agustus tingkat RT dan Desa.

Untuk pembuatan proposal 17 Agustus tingkat RT sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, proposal harus ditulis secara terperinci dan sistematis. Gunakan poin-poin agar susunan kegiatan dan tujuan proposal bisa tersampaikan dengan jelas.

Contoh Proposal 17 Agustus Tingkat RT dan Desa

Tata Cara Pembuatan Proposal 17 Agustus

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat membuatnya. Nah, berikut akan kami bahas bagaimana tata cara pembuatannya yang baik dan benar:

1. Buat Poin Pendahuluan

Pertama-tama, buatlah “pendahuluan”. Pola tulis yang diterapkan adalah umum ke khusus. Contohnya, buatlah tulisan tentang mengenang perjuangan para pahlawan, lalu masuk ke inti pendahuluan, yaitu acara Agustusan.

2. Cara Membuat Poin Kegiatan

Kegiatan bersifat umum. Di sini Anda bisa menulis maksud diadakannya kegiatan, seperti:

  • Membangun solidaritas
  • Mempererat tali silaturahmi
  • Menghormati jasa-jasa para pahlawan
  • Memeriahkan acara HUT RI
  • Sportifitas dalam berprestasi

3. Buatlah Poin Peserta Kegiatan

Di sini, Anda tulis siapa yang akan menjadi peserta kegiatan. Contohnya, warga RT 01 Desa A, warga RW 01 Desa A, dan lainnya. Jika Anda membuatnya untuk acara sekolah, maka yang digunakan adalah siswa-siswi.

4. Membuat Detail Waktu dan Tempat Kegiatan

Poin ini terbilang penting. Waktu dan tempat wajib Anda sertakan. Tulislah secara detail waktu acara, nama acara, lengkap dengan tempatnya. Buatlah waktu serealistis mungkin. Jangan menyempitkan waktu ataupun meluaskannya. Perkirakan waktu kegiatan yang akan dilangsungkan.

Misalnya, untuk kegiatan tarik tambang, dibutuhkan waktu 10 menit per 1 kelompok. Maka, hitunglah berapa menit waktu yang dihabiskan jika peserta ada sekitar 20 kelompok.

5. Buat Detail Susunan Panitia

Untuk susunan panitia, Anda bisa melampirkannya secara terpisah. Karena, panitia yang terlibat mungkin akan berjumlah banyak. Namun, bisa juga dengan menyertakan hanya orang-orang pentingnya saja. Contohnya, hanya menyertakan pelindung, penanggung jawab, ketua, wakil ketua, sekertaris, dan bendahara.

Jika susunannya lengkap, maka Anda harus memasukkan semua seksi yang ada. Contohnya, seksi acara, seksi perlengkapan, seksi keamanan, seksi konsumsi, dan lain-lain. Jumlahnya pun akan semakin banyak dan membutuhkan lembar terpisah.

6. Membuat Susunan Acara

Sesudah waktu dan tempat, maka selanjutnya susunan acara. Buatlah susunan acara apa saja yang akan dilaksanakan pada kegiatan tersebut.

7. Anggaran Dana

Hitung estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Jika estimasi biaya cukup panjang, buat terpisah. Buat secara detail mulai dari dana untuk peralatan, dekorasi, dan lain-lain.

8. Penutup

Penutup diisi dengan ucapan terima kasih, dan meminta dukungan materi maupun moril. Tulis juga harapan agar kegiatan dapat tercapai dengan sukses.

Proposal 17 Agustus Sederhana

PROPOSAL KEGIATAN
PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE –

 

GAMBAR

 

KARANGTARUNA WIJAYA

 

Pendahuluan

Tema Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74: “Guna mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif, mari kita lanjutkan pembangunan ekonomi untuk Indonesia yang lebih maju. Tidak lupa juga kita mantapkan jiwa dengan memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi tantangan di era globalisasi.”

Maksud dan Tujuan

1. Maksud

Maksud diselenggarakannya kegiatan ini, merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Kegiatan ini pun sebagai bentuk rasa gembira menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus 2019.

2. Tujuan

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah:

  1. Mempererat tali silaturahmi sesama warga RT 01, Kelurahan Caringin, Bandung
  2. Untuk meningkatkan semangat juang berprestasi
  3. Memupuk jiwa sportifitas dalam kegiatan lomba yang akan diselenggarakan
  4. Memupuk semangat kebangsaan agar ketahanan nasional semakin kuat

Isi Proposal Kegiatan

1. Tema Kegiatan

Kegiatan yang diselenggarakan rencananya akan mengedepankan kebersamaan warga. Dan, kegiatan anak-anak maupun orang dewasa yang bersifat mengembangkan sportifitas, keterampilan, kreatifitas, dan ketangkasan.

2. Jenis-Jenis Kegiatan

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan adalah sebagai berikut:

  • Sundul air
  • Bawa balon
  • Tarik tambang
  • Bola terong
  • Makan kerupuk
  • Kelereng
  • Uang air
  • Panjang pinang
  • Bawa balon
  • Uang air

Peserta Kegiatan

  • Seluruh warga (anak-anak hingga orang dewasa) RT 01, Desa Caringin

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Hari/Tanggal: Sabtu, 17 Agustus 2019
Waktu: Pukul 09.00 hingga selesai
Tempat: Lapangan sepakbola Desa Caringin

Susunan Kepanitiaan

Pelindung: Tuhan yang Maha Esa
Ketua: Ibrahim Sudarmaji
Sekertaris: Mahfud
Bendahara: Yoga
Humas: Ilham

Estimasi Biaya Kegiatan

  • Estimasi anggaran biaya untuk kegiatan sebesar Rp5.000.000,-

Sumber dana Kegiatan

  • Donatur dan seluruh anggota panitia kegiatan yang terlibat

Penutup

Demikian proposal kegiatan ini kami buat. Kami mengharapkan partisipasi dan dukungan dari Bapak maupun Ibu. Semoga kegiatan HUT RI ke-74 ini dapat terlaksana sebagaimana yang kami harapkan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Desa Caringin, 20 Juli 2019

Ketua Pelaksana

 

Ibrahim Sudarmaji

Sekretaris

 

Mahfud

 

Baca juga Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus di Masyarakat Lengkap

Itulah contoh profosal 17 Agustus tingkat RT dan Desa yang sederhana. Proposal di atas bisa Anda jadikan sebagai gambaran untuk pembuatannya.

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.