Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

4 Prinsip Geografi dan Contohnya

1 min read

Prinsip geografi, pendekatan geografi

Jagoanilmu, Prinsip Geografi dan Contohnya – Prinsip merupakan dasar yang digunakan sebagai landasan dalam menjelaskan suatu fenomena atau masalah yang terjadi. Prinsip juga berfungsi sebagai pegangan/pedoman dasar dalam memahami fenomena itu. Dengan prinsip yang dimiliki, gejala atau permasalahan yang terjadi secara umum dapat dijelaskan dan dipahami karakteristik yang dimilikinya dan keterkaitan dengan fenomena atau permasalahan lain.

Prinsip-prinsip geografi merupakan dasar untuk menjelaskan berbagai fenomena geografi.Prinsip geografi, pendekatan geografi Setelah terjadi Perang Dunia II, geografi mengalami perkembangan yang cukup pesat atau bisa dikatakan mengalami modernisasi. Comparative Geography diwarisi oleh geograf Inggris dan Amerika, kemudian berkembang menjadi Global Geography, dimana seluruh dunia menjadi objek penyelidikannya. Kondisi ini terjadi dipertangahan abad ke-20 dan dikenal dengan era geografi modern. Setiap bidang ilmu memiliki prinsip sendiri-sendiri. Ada kemungkinan satu atau beberapa prinsip bidang ilmu itu memiliki kesamaan dengan prinsip bidang ilmu yang lain, tetapi juga ada kemungkinan berbeda sama sekali. Yang diketahui bersama ada 4 prinsip geografi, yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi (keruangan). Berikut penjelasan ke empat pendekatan geografi dan contohnya, yakni :

1. Prinsip Persebarangan/ spreading Principle

Prinsip penyebaran dapat digunakan untuk menggambarkan gejala dan fakta geografi dalam peta serta mengungkapkan hubungan antara gejala geografi yang satu dengan yang lain. hal tersebut disebabkan penyebaran gejala dan fakta geografi tidak merata antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lain. Contoh : Persebaran flora dan fauna, persebaran penduduk, bentang alam dan lain sebagainya.

2. Prinsip interelasi/ interrelationship principle

Prinsip interelasi digunakan untuk menganalisis hubungan antara gejala fisik dan non fisik. prinsip tersebut dapat mengungkapkan gejala atau fakta Geografi di suatu wilayah tertentu. Contoh : Letak garis lintang dapat memengaruhi iklim, gerakan penghijauan dapat mencegah banjir dan tanah longsor, kepadatan penduduk memengaruhi pembangunan disegala bidang , dan lain sebagainya.

3. Prinsip deskripsi/ Descriptive Principle

Prinsip deskripsi dalam geografi digunakan untuk memberikan gambaran lebih jauh tentang gejala dan masalah geografi yang dianalisis. prinsip ini tidak hanya menampilkan deskripsi dalam bentuk peta, tetapi juga dalam bentuk diagram, grafik maupun tabel. Contoh : Disini dapat kita kaji lebih jauh, misalnya apakah hujan itu?, bagaimana hujan dapat terjadi?, apa manfaat hujan?, dan seterusnya.

4. Prinsip korologi/ Chorological principle

Ini disebut juga prinsip keruangan. dengan prinsip ini dapat dianalisis gejala, fakta, dan masalah geografi ditinjau dari penyebaran, interrelasi, dan interaksinya dalam ruang. Adapun sebagai contohnya, prinsip korologi yang merupakan gabungan dari kajian distribusi, interelasi, dan deskripsi secara komprehensif akan mampu menjelaskan secara lengkap berbagai pertanyaan dari gejala-gejala geografi. Misalnya bagaimana persebaran curah hujan di Indonesia pada tahun 2012?, Mengapa di kawasan Indonesia Barat curah hujan menjadi lebih tinggi dibandingkan kawasan Indonesia Timur?, Seperti apa hubungan antara tingkat chujan dengan jenis-jenis vegetasi yang hidup di suatu wilayah?, Apa saja manfaat hujan bagi kehidupan manusia?, dan seterusnya.

Berbagai fenomena geosfer dapat dikaji dalam geografi melalui enam pertanyaan pokok, yaitu what, where, when, why, who, dan how. Keenam pertanyaan tersebut dikenal dengan prinsip 5w 1h.

  • What untuk mengetahui peristiwa apa yang terjadi.
  • Where untuk mengetahui di mana peristiwa terjadi.
  • When untuk mengetahui kapan peristiwa terjadi.
  • Why untuk mengetahui kenapa peristiwa itu bisa terjadi.
  • Who untuk mengetahui siapa yang terlibat dalam peristiwa yang terjadi.
  • How untuk mengetahui bagimana solusi atas peristiwa yang terjadi.

Akhir Kata

Itulah penjelaan tentang 4  Prinsip Geografi dan Contohnya. Setiap bidang ilmu memiliki prinsip sendiri-sendiri. Ada kemungkinan satu atau beberapa prinsip bidang ilmu itu memiliki kesamaan dengan prinsip bidang ilmu yang lain, tetapi juga ada kemungkinan berbeda sama sekali. Semoga bermanfaat.

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.