Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Pola Iklim Global: Sirkulasi dan Pengaruhnya

1 min read

Pola Iklim Global

Pola Iklim Global: Sirkulasi dan Pengaruhnya – Hai guys, selamat malam. Saya akan menjelaskan secara singkat tentang pola iklim dari global. Materi ini sering dipelajari pada SMA  kelas X. Sebelumnya saya akan jelaskan apa sih pengertian Pola Iklim Global ? Pengertian pola iklim global adalah variasi lintang intensitas matahari dan sirkulasi udara global.

Pola Iklim Global

Pada gambar diatas, terdapat sudut kecil tempat masuk sinar matahari, kenapa kecil ? Karena sudut datang penyinaran sinar matahari lebih besar di daerah tropis. Beda dengan daerah lintang utara (90°) yang selalu berubah-ubah, makanya sedikit masuk sinar matahari pada daerah tersebut.

Sirkulasi Global Pola Udara  

  1. Intensitas global penyinaran matahari dekat garis khatulistiwa akan memulai bentuk global pola udara dengan disertai curah hujan. Suhu tinggi pada daerah tropis akan menguapkan air di permukaan bumi dan menyebabkan permukaan lebih hangat, kemudian massa udara basah akan naik dan mengalir ke arah kutub.
  2. Sebagian masaa udara dingin yang kaya akan kadar air akan naik dan menciptakan curah hujan yang melimpah di daerah iklim tropis. Pada dataran tinggi massa udara akan menjadi kering dan akan turun kembali menuju bumi.

Pengaruh Iklim Global Terhadap Kehidupan  

Salah satu contoh Pengaruh Iklim Global Terhadap Kehidupan, yaitu Efek Rumah Kaca.

Efek rumah kaca banyak digunakan untuk kegiatan industri yang mulai sejak Revolusi industri pada abad 19. Lahan hijau yang banyak di ratakan dengan tanah untuk dijadikan industri dengan di bangunnya bangunan-bangunan untuk kegiatan produksi dan pemukiman penduduk. Radiasi sinar matahari leluasa dipancarkan dalam rumah-rumah kaca. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan kosentrasi gas-gas rumah kaca di atmosfer bumi.

Pola Iklim Global

Selain pengaruh iklim global terdapat juga dampak perubahan iklim global.

1. Dampak Perubahan Iklim Pada Bidang Pertanian

a. Menurunnya hasil pertanian

Di mana cuaca tidak menentu membuat petani sulit dalam memperkirakan waktu untuk mengelola lahan dan memanen.

b. Ancaman produksi pangan

Akan terjadi kekeringan diwilayah pertanian yang mengakibatkan tanaman pertanian rusak, dan banjir diwilayah pertanian akan merendam tanaman pertanian yang mengakibatkan gagal panen.

2. Dampak Perubahan Iklim Pada Bidang Kesehatan

  • Meningkatnya korban jiwa akibat bencana alam, seperti, badai, banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan.
  • Kurang tersedianya pasokan air bersih.
  • Meningkatnya penyakit pernapasan, jantung, dan alergi akibat buruknya kualitas udara, misalnya, sebagai akibat seringnya terjadi kebakaran hutan.
  • Meningkatnya penyakit gastrointestinal (pencernaan), karena penyakit yang ditularkan lewat makanan lebih sering terjadi pada iklim yang hangat.
  • Meningkatnya kejadian penyakit yang berhubungan dengan suhu yang panas, seperti kelelahan, dan stroke.

3.  Dampak Perubahan Iklim Pada Bidang Transportasi

  • Unsur iklim seperti curah hujan, kabut dan angin sering menghambat transportasi darat terutama jika terjadi kabut tebal, hujan lebat dan tanah longsor.
  • Dalam pelayaran seperti angin kencang dapat menimbulkan gelombang laut yang besar, lebih-lebih jika terjadi siklon tropis yang dapat membahayakan awak kapal dan penumpangnya.
  • Cuaca buruk merupakan masalah yang memerlukan perhatian khusus dan serius di dalam dunia penerbangan.
  • Unsur cuaca yang menentukan penerbangan adalah arah dan kecepatan angin pada berbagai ketinggian, perawanan (awan rendah dan kabut), tinggi dan ketebalan awan, jarak pandang (penglihatan), hujan badai disertai petir dan turbulensi udara.

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang pola iklim global, dimana telah dijelaskan diatas mengenai sirkulasi pola udara dan dampak dari pengaruh iklim global terhadap kehidupan manusia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di materi geografi berikutnya.

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.