Pohon Gaharu: Ciri-Ciri, Jenis dan Manfaat Pohon Yang Seharga Milyaran

Pernahkah Anda mendengar Pohon Garahu ? Gaharu merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk masyarakat di negara-negara Timur Tengah yang biasakan digunakan sebagai dupa untuk ritual keagamaan. Masyarakat di Asia Timur juga menggunakan kayu gaharu sebagai hio. Minyak gaharu merupakan bahan baku yang sangat mahal dan terkenal untuk industri kosmetika seperti parfum, sabun, lotions, pembersih muka serta obat-obatan seperti obat hepatitis, liver, antialergi, obat batuk, penenang sakit perut, rhematik, malaria, asma, TBC, kanker, tonikum, dan aroma terapi.

Pohon Gaharu (Aquilaria spp.) adalah species asli Indonesia. Beberapa species gaharu komersial yang sudah mulai dibudidayakan adalah: Aquilaria. malaccensis, A. microcarpa, A. beccariana, A. hirta, A. filaria, dan Gyrinops verstegii. serta A. crassna asal Camboja. Gaharu merupakan Komoditi Elit, Langka & Bernilai Ekonomi Tinggi.

Pohon Gaharu memiliki nama latin Aquilaria Malaccensis termasuk dalam anggota Thymelaeaceae. Pohon Gaharu imi dapat tumbuh di beberapa negara di Asia. Seperti Thailand, India, Malaysia, Laos, Bangladesh, Bhutan, Iran dan Indonesia. Tanaman Gahura ini memilki nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini lah membuat tanaman ini hampir punah,karena banyaknya manusia yang ingin memiliki tanaman ini dengan merusak habitatnya.

Ciri-Ciri Pohon Garahu

Ciri-ciri gaharu asli beraroma harum, ada sejenis kayu yang mempunyai getah mirip dengan gaharu, namun aromanya berbeda dengan gaharu, aromanya mirip kemenyan, bebtuk getah nya licin seperti kaca, ada pula yang berwarna hitam, ada pula yang berwarna coklat, dan juga mengandung damar yang sangat bnyak, untuk mencari getah gaharu perlu belajar dulu ciri-ciri gaharu asli, sebab banyak sekali macam kayu yang mirip dengan gaharu, baik daunnya maupun pohonnya, hanya saja gaharu memiliki kandungan damar wangi yang kuat, dan melekat di tangan apabila di pegang, aroma gaharu yang bagus kuat sebagai mana kuat nya aroma nilam, hanya saja aroma gaharu berbeda dengan aroma nilam.

Gaharu adalah sejenis kayu dengan berbagai bentuk dan warna yang khas, memiliki kandungan damar wangi, berasal dari pohon atau bagian pohon penghasil gaharu, sebagai akibat dari proses infeksi yang terjadi secara alami atau buatan pada pohon Aguilaria sp (Thymelaeaceae).

Jenis-Jenis Pohon Gaharu

KingdomPlantae
DivisiAngiosperms
KelasDycotyledon
OrdoMalvales
FamilyThymelaeaceae
GenusAquilaria
SpesiesAquilaria spp.

Kayu Gaharu sebetulnya bukan hanya dari genus Aquilaria, tetapi hampir semua jenis dari famili Thymelaeaceae dapat menghasilkan kayu Gaharu. Tapi pada umumnya kayu Gaharu yang berkualitas baik dihasilkan oleh spesies Aquilaria malaccensis.

Berdasarkan kualitasnya, kayu Gaharu dapat dibedakan menjadi kelas-kelasnya dari yang paling bagus ke paling jelek seperti pada tabel di bawah ini.

KelasBagian Keterangan
Gubal Kayu Gaharu SuperGubalWarna hitam merata, wangi, dan aroma yang ditimbulkan kuat.
Gubal Kayu Gaharu Super ABGubalWarna hitam kecoklatan, cukup wangi, aroma yang ditimbulkan kuat.
Gubal Kayu Gaharu Sabah SuperGubalWarna hitam kecoklatan, wangi dan aroma yang ditimbulkan agak kuat.
Gubal Kayu Gaharu Kelas CGubalWarna hitam dengan banyak garis putih dengan kepingan tipis, dan cenderung rapuh.
Tanggung ATerasWarna coklat kehitaman, wangi, dan memiliki aroma yang kuat.
Sabah ITerasWarna coklat bergaris putih tipis, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
Tanggung ABTerasWarna coklat bergaris putih agak tebal, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
Tanggung CTerasWarna kecokelatan bergaris putih agak tebal, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
Kemedangan ITerasWarna cokelat bergaris putih agak lebih tebal, wanginya sedang dengan aroma yang agak kuat.
Kemedangan IITerasWarna keabu-abuan bergaris hitam agak tipis, wanginya kurang terasa, dan aroma yang kurang kuat juga.
Kemedangan IIITerasWarna putih keabu-abuan, wanginya kurang harum, dan aroma kurang kuat juga.
Abu dan SisaTerasMerupakan sisa-sisa dari pengolahan kayu pohon gaharu

Manfaat Kayu Pohon Gaharu

Manfaat kayu Gaharu bukan dijadikan sebagai kayu untuk bahan pembangunan, meubel, dan lain sebagainya. Seperti telah dipaparkan di atas, kayu Gaharu dimanfaatkan untuk menikmati aroma harum khas dari bagian gubalnya. Adapun manfaat pohon garahu, yakni:

1. Menjaga kesehatan ginjal

Batang gaharu dipercaya mampu dijadikan sebagai bahan utama obat herbal untuk ginjal. Jika diseduh dan diminum secara teratur, teh batang tanaman ini bahkan dapat mengobati penyakit ginjal yang sudah kronis seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Cara pengobatan ginjal dengan menggunakan batang tanaman gaharu seperti ini sudah dilakukan selama ratusan tahun di Jepang dan Cina.

2. Mengatasi sakit perut

Teh yang terbuat dari batang gaharu terbukti mampu mengatasi aneka penyakit perut seperti kembung karena masuk angin, sembelit dan juga diare.

3. Menurunkan tekanan darah

Batang gaharu memiliki sifat menghilangkan sumbatan dan melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, seduhan batang tanaman yang sering digunakan sebagai penangkal ilmu sihir ini dapat menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah penuaan dini

Limbah penyulingan batang gaharu akan menghasilkan minyak atsiri. Minyak hasil pengolahan batang gaharu inilah yang bisa dipakai untuk mencegah penuaan dini sekaligus melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

5. Mencegah tumor

Manfaat batang gaharu yang sangat jarang diketahui adalah untuk mencegah tumor. Batang kayu gahayu mengandung flavonoid yang mampu menjaga kesehatan tingkat sel. Karena itulah, batang tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati tumor.

6. Mencegah kanker

Di India, batang kayu gaharu telah lama digunakan sebagai obat kanker usus. Sedangkan di Cina, batang tanaman wangi ini juga digunakan untuk mengobati aneka jenis kanker. Tak hanya itu, penelitian terbaru juga mendukung bahwa salah satu manfaat batang gaharu yang tersembunyi adalah untuk melawan sel kanker dan tumor.

7. Merilekskan pikiran

Sebagai tanaman yang memiliki bau haru, gaharu mampu merileksasikan pikiran. Wangi yang dihasilkan oleh batang kayu gaharu akan membuat suasana hati lebih baik. Untuk menggunakannya, cukup seduh batang kayu gaharu lalu hirup aromanya. Cara lainnya adalah dengan membakar kayu gaharu dan membiarkannya mengepulkan asap wangi.

8. Mengobati asma

Manfaat batang gaharu lainnya adalah untuk mengobati gangguan pernapasan terutama asma. Hal ini dikarenakan batang tanaman gaharu memiliki sifat anti asmatik, yaitu sifat melegakan dan melancarkan kembali sistem pernapasan.

9. Mengatasi insomnia

Seperti yang dibahas sebelumnya, aroma yang dikeluarkan batang gaharu mampu merileksasikan pikiran. Oleh karena itu, menghirup wangi gaharu di malam hari mampu membuat tidur lebih nyenyak dan bangun lebih bugar keesokan harinya.

10. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat batang gaharu yang telah lama dipercayai masyarakat adalah untuk mengatasi diabetes. Seduhan batang tanaman gaharu dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan juga rasa yang lebih enak, Anda bisa mencampurkan sedikit batang kayu manis pada seduhan.

11. Menguraikan racun dalam tubuh

Khasiat batang gaharu lainnya adalah untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Sama seperti bahan herbal pengurai racun lainnya, batang tanaman gaharu juga memiliki efek diuritik sehingga Anda akan mengalami kenaikan frekuensi buang air kecil selama masa detoksifikasi.

12. Mengobati stroke

Manfaat batang gaharu selanjutnya adalah untuk mengobati stroke. Gaharu dipercaya mampu mengatasi stroke karena dapat melancarkan kembali peredaran yang tersumbat. Pengobatan stroke dengan metode ini mungkin memakan waktu cukup lama. Namun, tak sedikit dari pasien stroke yang kembali pilih hanya dengan memanfaatkan gaharu.

Berapa Harga Pohon Garahu?

Gaharu Super King yaitu type kayu yang berwarna hitam. Serta tahukah Anda kalau getah dari pohon gaharu mempunyai bau yang wangi? Serta getah ini lah yang seringkali dipakai untuk industri parfum seperti parfum maupun setanggi.

Bahkan juga untuk kayu dari pohon Gaharu super King ini dapat dibandrol dengan harga yang begitu mahal. Karna tidak cuma pemakaian getah saja, kayu nya juga umum dipakai ubtuk aroma therapy dan bahan untuk tasbih. Jadikan type pohon Gaharu super King ini mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Terlebih untuk negara - negara beda di Indonesia.

Mengapa pohon gaharu begitu mahal hingga dikasih harga milyaran? Jawabannya adalah karena bagian gubalnya mempunyai wangi yang sangat khas dibandingkan dengan kayu-kayu pada umumnya. Wangi tersebut karena penyakit kubal yang disebabkan oleh virus Fosariumn sp.

Gambar Gubal dan Teras

Gubal kayu adalah bagian dalam batang kayu yang umumnya memiliki saluran untuk mengalirkan air dari akar (xylem). Gubal kayu ini dibatasi dan dikelilingi oleh bagian teras kayu.

Untuk harga bibit pohon gaharu berkisar 400.000 hingga 1.250.000.

Gambar dan Bentuk Pohon Gaharu

sumber: investgaharu.blogspot.com

Sumber: www.khasiat.co.id

Sumber: merdeka.com

Penutup

Itulah penjelasan tentang pohon gaharu yang merupakan kayu termahal di dunia yang dibanderol seharga milyaran. Diatas juga dijelaskan mengenai ciri-ciri, manfaat, jenis dan kisaran harga kayu gaharu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai Pohon Gaharu yang merupakan salah satu kayu termahal di kalimantan. Jangan lupa komentar dan share kalau dianggap bermanfaat.

 

Sumber: https://foresteract.com/pohon-gaharu-kayu-termahal-di-dunia-penghasil-miliaran-rupiah/

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.