Pkn Dalam Konteks Tradisi Pengajaran Ips Secara Universal

Pendidikan IPS adalah salah satu pendidikan yang menekankan pada ilmu sosial yang ada di dalam suatu  masyarakat tertentu dalam hal ini lebih ditekankan pada teori teori seperti humanistik ataupun kognitif. Pendidikan IPS dalam perkembangannya mulai memperkenalkan pada sebuah pandangan menjadi warga negara yang baik, ini jelas sedikit berseberangan dengan pendidikan kewarganegaraan yang sudah memberikan ilmu itu sejak pertama.

Pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang lebih menekankan pada bagaimana menjadi seorang warga negara yang baik dan dapat memberikan kontribusi kepada negara kita, hampir sama dengan pendidikan IPS hanya saja dalam pendidikan kewarganegaraan lebih spesifik kepada warga negara sedangkan dalam pendidikan IPS lebih luas yaitu seorang dalam masyarakat tertentu yang berusaha untuk menjadi seseorang yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara.

Pendidikan kewarganegaraan apabila kita lihat lebih dalam maka akan ada kesamaan dan perbedaan yang sangat tipis hanya sudut pandang dan ruang lingkup serta fokus masalahnya saja keduanya saling terkait satu sama lain. Apabila PPKN masuk dalam IPS maka akan terjadi gejolak karena pendidikan kewarganegaraan sangat penting dan harus terus dikembangkan agar pendidikan kewarganegaraan dapat memberikan kontribusi yang lebih bagi bangsa dan Negara Indonesia maka pendidikan IPS dan pendidikan kewarganegaraan harus berjalan seiringan dan saling berkesinambungan agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan dapat di implementasikan oleh peserta didik secara nyata .

Tujuan dari pendidikan IPS
Memberdayakan siswa untuk mempelajari penyusunan  teori-teori ilmu sosial dan data yang lain, menjernihkan dan mengorganisir hal tersebut untuk menjelaskan interaksi sosial pasti/menyakinkan.
Untuk mempersiapkan mereka  menjadi warga negara dan anggota masyarakat yang baik.
Untuk memotivasi para pelajar, aktif berpartisipasi dalam masyarakat, dan memperkuat pemikiran krisis mereka.
Tujuan dari pendidikan IPS bisa kita ambil kesimpulan bahwa pendidikan ini luas cakupannya meliputi masyarakat tertentu lalu interaksi serta sistem yang ada dalam masyarakat itu sehingga peserta didik dapat belajar dan menerapkan dalam kehidupan nyata dalam masyarakat peserta didik dapat menempatkan diri mereka dan berbaur serta memberikan kontribusi yang nyata.

Pendidikan Kewarganegaraan kita lihat memiliki beberapa fungsi yang sangat vital bagi bangsa kita yaitu :

Dalam rangka membangun Karakter Bangsa (nation and Character Building).
Dalam rangka Mengindonesiakan orang Indonesia.
Pemberdayaan warga negara yang sangat penting dalam menunjang masyarakat dan negara demokratis.
Sangat jelas sekali di sini pendidikan kewarganegaraan  berperan sebagai suatu sistem yang mendukung dan menguatkan warga negara agar menjadi warga negara yang sangat baik dan mencintai negara yang di tempati ini dan juga pendidikan ini merupakan inti dari pengajaran berbagai ilmu sosial karena pendidikan kewarganegaraan mencakup hampir semua materi yang ada dalam pendidikan sosial.

Demikian artikel kali ini tentang PKN dalam konteks tradisi pengajaran IPS secara Universal, semoga ilmunya dapat bermanfaat.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.