Pertambangan di Indonesia

Pertambangan di Indonesia – Sebenarnya, Indonesia tidak perlu risau dalam memikirkan kesulitan menggarap dan mengelolah apa yang ada di tanah kita, tanah air Indonesia. Karena, Indonesia sangat kaya raya, yang mana hartanya dari sumber daya alam dan sumber daya manusia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dalam menjamin dan juga dapat meningkatkan kualitas hidup bangsa dalam skala nasional.

Dengan adanya kekayaan alam yang ada di tanah air kita ini, hal ini sebenarnya dapat memberikan kita jaminan akan kesejahteraan bangsa. Ditambah lagi, kekayaan alam di Indonesia sangat mudah untuk dikelolah dan digali, walaupun memerlukan banyak tenaga kerja dan beberapa sektor pendukung dalam pengelolaan dan penggalian alam dari dalam bumi. Hal ini dikarenakan nilai jual produk hasil tambang sangatlah bernilai.

Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ini satu di antaranya adalah pertambangan. Adapun beberapa pertambangan di Indonesia di antaranya:

  • Tambang Batu Bara di Pulau Kalimantan,
  • Tambang Pasir di Kepulauan Bangka Belitung,
  • Tambang Minyak dan Gas Alam,
  • Tambang Emas di Papua,
  • Tambang Batu,
  • Tambang Aspal, dan
  • Tambang Mineral lainnya.

Begitu banyak pertambangan di Indonesia, bagaimana tidak kaya sumber daya alam yang mendukung di Indonesia, jika bangsa kita masih belum sejahterah. Hal ini mungkin karena oknum-oknum yang menyalahgunakan sumber daya alam di Indonesia.

 

Pertambangan dan Tenaga Kerja

Dengan adanya berbagai pertambangan di Indonesia yang sangat kaya raya ini, sehingga beberapa perusahaan pertambangan di Indonesia sangat membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mendukung pertumbuhan perusahaan. Tentunya, beberapa karyawan dan tenaga kerja dipilih betul kualitas sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Tentunya, setiap bidang pekerjaan memiliki kualifikasi yang berbeda, dari yang tinggi hingga yang rendah.

Hal tersebut dikarenakan adanya kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas dan memang benar-benar ahli dalam bidangnya, khususnya di bidang pertambangan. Seperti halnya ketika kita hendak membangun infrastruktur yang baik, maka kita tentu membutuhkan ahli teknik sipil.

Dengan adanya kebutuhan tenaga kerja yang banyak dan berkualitas, maka diperlukannya juga tenaga yang memiliki keahlian dalam bidang K3 atau kesehatan. Hal ini menghindari resiko kecelakaan kerja pada tenaga kerja.