Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Perkembangan Pola Pikir Manusia (Ilmu Alamiah Dasar)

5 min read

perkembangan pola pikir manusia

Jagoan Ilmu, Perkembangan Pola Pikir Manusia (Ilmu Alamiah Dasar) – Sebelum pola pikir manusia berkembang pesat, terutama pemahaman tentang filosofis terhadap kehidupan alamiah manusia dan berbagai tentang alam jagad raya ini, menurut kodratnya manusia merupakan makhluk yang selalu ingin tahu terhadap seluruh kehidupan yang di tekuninya.

Perkembangan Pola Pikir Manusia Berdasarkan Mitos

Menurut kodradnya, manusia adalah makhluk yang selalu ingin tahu terhadap seluruh kehidupan yang di lakoninya. Konon, mitos yang berkembang merupakan metode untuk memahami segala sesuatu yang ada dan terjadi di alam jagad raya ini. Manusia berfikir bahwa semua adalah realitas bukan sekedar khayalan .

Legenda adalah salah satu contoh pola pikir masyarakat yang berkembang pada zamannya. Pengaruhnya sangat besar bagi kehidupan manusia karena di dalamnya syarat dengan pesan pesan religius. Bagi masyarakat, legenda atau mitos mitos merupakan bagian dari kaidah kehidupan.

Perkembangan Pola Pikir Manusia khususnya masyarakat indonesia dalam beberapa hal tidak terlepas dari simbol simbol dan idiom idiom budaya yang di mitoskan. Pemanfaaatan simbol dan idiom ini cenderung di jadikan sebagai pengikat (hook) atau keterkaitan batiniah seseorang dengan nenek  moyangnya sebagai salah satu pembentukan jati diri bangsa.

Fabel, legenda, cerita rakyat, dongeng, anekdot, kisah fiksi, dan agama bukan semata mata merupakan mitos dan tidak boleh di samakan dengan mitos. Akan tetapi, semua iu melahirkan mitos yang membangun pola pikir manusia.

Dalam teori metafisika yang berada dalam diri manusia dan kemampuan intelek manusia dalam memahami kebenaran serta menginginkan kebaikan, memiliki hubungan yang intrinsik dengan yang ada. Ada distinsi dalam memahami yang ada yaitu :

  1. Yang ada bersifat ideal, sejauh manusia berfikir
  2.  Yang ada bersifat real, sejauh manusia menglanhi eksistensi
  3. Yang ada bersifat moreal, sejauh manusia bertindak ( alfa, 2009:19).

Sejarah mitos adalah bagian dari ahkikat kehidupan manusia sejak manusia di lahirkan di dunia. Adapun hal hal yang sangat penting dari mitos yakni sebagai berikut :

  1. Mitos diperlukan untuk menunjang sistem nilai hidup manusia
  2. Mitos dapat memberi kejelasan tentang eksistensi manusia dalamh ubungannya alam sekitar
  3. Mitos dapat memberi kejalasan tentang bentuk hubungan yang baikamtar sesama manusia dan antar manusia dan wujud yang mahatinggi
  4. Mitos adalah pencerahan masyarakat yang hdup di masa lalu dalam menemukan jawab atas masalah yang disebabkan oleh situasi dan kondisi alam.

Popularitas pada filsuf yunani setelah hampir 2500 tahun setelah kematiannya tidak pernah pudar. Corak mitologis ini berhubungan dengan segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Sikap berlebihan dalam memuji pikiran Aristoteles tidak selamanya salah. Sebab, ia adlah filsuf pertama yang mebagi ilmu pada dua wilayah yang praktis, yaitu ilmu pengetahuan poetis (terapan) dan ilmu pengetahuan praktis (dalam arti normatve seperti etik dan politik).

Dari dua cabang bentuk pengetahuan itu, Aristoteles membagi lagi ilmu alam, ilmu pasti, dan filsafat yang kemudian metafisika. Menurut  Bertens, berkat kerja keras Socrates, Platos, dan Aristoteles, masyarakat yang mitos berubah menjadi masyarakat yang logos.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Perkembangan ilmu pengetahuan berawal dari zaman purba, yaitu zamn batu yang di pandang oleh para sejarawan sebagai zaman pengetahuan ilmiah. Kira kira 400.000 tahun yang lalu, manusia mulai alat alat sejarah tertentu. Manusia berhasil membuat benda benda itu setelah memulai pengalaman mencoba coba.

Manusia juga sudah mulai mampu mengatur waktu kerja dan istirahat sesuai dengan waktu malam dan siang. Perkembangan kehidupan manusia sederhana yang penting lainnya yaitu mulai berkelompok serta mengukur waktu dan perhitungan hari. Lalu, manusia sampai ke zaman logam (metalage).

Perkembangan ilmu terjadi sejak 2000 tahun sampai 300 tahun sebelum masehi, di antaranya:

  1. Matematika (ilmu hitung, geometri, logika)
  2. Astronomi (kosmologi dan antronomi posisional)
  3. Geologi (aksporasi)
  4.  Biologi (ilmu obat obatan)
  5. Sosial (pemerintahan, sejarah, filsafat).

Revolusi ilmu pengetahuan semakin memperlihatatkan  hasilaa maksimal, terutama ketika Einsten merombak kerangka filsafat newton yang sudah mapan melalui teori quantumnya. Melaluin  karya Einsten ini, manusia modern dapat mengembangkan ilmu dasar seperti astronomi , fisika, kimia, biologidan molekul yang pada tahap tertentu telah membangun di yunani dan duniaislam, menjadi ilmu pengetahuan yang demikian luas dan mendalam, dan tidak hanya menglobalkan dunia, tetapi juga telah melahirkan revolusi besar dalam berbagai tatanan sistem kehidupan dunia.

Albert Einstein (1879-1955)

Perkembangan Pola Pikir Manusia

Telah menemukan teori relavitas, yang dirumuskan pada 1905 M. salah satu kesimpulan teori relativitas yaitu benda dan energi berada dalam arti yang berimbang dan hubungan antara keduanya dirumuskan sebagai  E=mc2.

August Comte (1979-1857m)

Dengan grand teory-nya yang di gelar dalam karangannya Course de Philoosphic Positive. Ia berpendapat bahwa cara berfikir manusia berlandaskan pada tahap positif. Menurut Comte kesatuan ilmu memperlihatkan hukum perkembangan intelektual yang sama, seperti tampak dalam perkembangan melalui tiga tahap pemikiran, yaitu teologis, metafisik dan positif.

Perkembangan Pola Pikir Manusia

Adapun gagasan dasarnya adalah bahwa manusia dan gejala social merupakan bagian dari alam dan dapat di analisis dengan metode metode ilmu alam, pandangan Comte memeberikan suatu analisis kompeherensif menganai suatu filosofi dan metodologis yang menjadi dasar antara dasar ilmu akam dan ilmu sosial.

Paul Jhonson mengemukakan bahwa tahap metafisik merupakan tahap transisi antara tahap teologis dan positif. Tahap teologis merupakan periode yang paling lama dalam sejarah manusia dan untuk analisis lebih terperinci.

Tahap metafisik adalah tahap transisi yang menandakan bahwa satu kepercayaan akan hukum alam yang asasi serta dapat ditemukan dengan akal budi. Tahap positif ditandai oleh kepercayaan terhadap data empiris sebaagai sumber pengetahuan terakhir. Akan tetapi pengetahuan sifatnya selalu sementara, tidak mutlak.

Perkembangan Pola Pikir Manusia di  Eropa dan Dunia Islam

Perkembangan pemikiran Islam telah tumbuh sejak abad ke-2 hijriah atau abad ke-8 Masehi, bahkan sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Lahirlah sejumlah filsuf dengan berbagai corak filsafatnya. Serta para fuqaha dan kaum sufi di bidang fiqh dan tasawuf. Setiap aliran dan tokohnya mempunyai metode pemikiran yang berbeda-beda.

Sejarah perkembangan islam mengenal  4 disiplin keilmuan yang telah tumbuh menjadi bagian dari tradisi kajuan keagamaan, yaitu:

  1. Ilmu kalam, yaitu ilmu yang mengarah pada segi ketuhanan berserta eksistensinya.
  2. Ilmu Fiqih, membinangi segi-segi formal peribadatan dan hukum sehingga tekana orientasinya sangat eksoterik mengenai hal-hal yang Dzahiriah.
  3. Ilmu tasawuf, mebinangin segi-segi penghayatan dan pengalaman keagamaan yang bersifat pribadi, sehingga tekanan orientasinya pun sangat eksoterik mengenai hal-hal batiiah.
  4. Ilmu Filsafat, membinangi hal-hal yang bersifat perenungan spekulatif tentang kehidupan dan lingkungan secara luas.

Perkembangan Pola Pikir Manusia di Eropa

Pada abad ke-4, zaman keemasan Patristik Latin terjadi. Nama besar ajaran bapak gereja barat adalah Agustinus (354 – 430) yang diniai jadi pemikir terbesar untuk zaman patristik. Beberapa tokoh renaisans yang terkenal seperti:

Francis Bacon (1561-1626)

Ia seorang filsuf pertama yang menyadari bahwa ilmu pengetahuan dan Ilmu filsafat dapat mengubah dunia.

Issac Newton  (1642-1727 M)

Telah menemukan teori hukum gerak newton dan telah menggunakan teropong yang ditemukannya pada 1668 M untuk penelitian astronomi, sekaligus menemukan optik yang dipersembahkan kepada kerajaan inggris.

Kepler (1571- 1630)

Kepler cukup mudah menangkap permasalahannya dan mengajukan pendapat bahwa gerakan planet dikontrol oleh tenaga yang datang dari matahari. Sebagai tambahan gerakan hukum planet-planet,Kepler menyumbangkan berbagai ihwal kecil di bidang anstronomi.

Nicholaus Copernicus (1473-1543 M)

Dia berasal dari keluarga berada. Sebagai anak muda belia,Copernicus belajar di Universitas Cracow, selaku murid yang menaruh minat besar terhadap ihwal ilmu perbintangan.

Galileo Galilei (1564 – 1642)

Yang telah melahirkan ilmu astronomi dengan menyelidiki putaran benda-benda angkasa. Ilmuwan Itali besar ini mungkin lebih bertanggung jawab terhadap perkembangan metode ilmiah dari siapa pun juga.

Perkembangan Pola Pikir Manusia di Dunia Islam

Pencarian kebenaran dan esensi alam dilakukan oleh para filsuf sekaligus para ilmuwan muslim, diantaranya sebagai berikut:

1. Al-Kindi

Perkembangan Pola Pikir Manusia

Ia membagi ilmu pada tiga bagian, yaitu :

  • Thibbiyat (ilmu fisika), sebagai tingkatan yang paling bawah
  • Al-ilm al-riyadli (matematika), sebagai tingkatan tengah-tengah
  • Ilmu al-rububiyyah (ilmu ketuhanan), sebagai tingkatan yang paling tinggi.

Unsur-unsur filsafat yang terdapat pada Al-kindi adalah :

  1. Pemikiran Aritoteles dalam bidang fisika dan metafisika, meskipun Al-kindi tidak sependapat dengan Aristoteles tentang qadim-nya alam.
  2.  Pemikiran Plato dalam soal kejiwaan.
  3. Pemikiran plato dan Aristoteles dalam soal etika.
  4. Wahyu dan iman.
  5. Aliran phytagoras.

Al-kindi berpendapat bahwa benda-benda langit mempunyai kehidupan serta mempunyai indra-indra, yaitu, indra penglihatan dan indra pendengaran sebagai indra-indra yang diperlikan untuk berpikir dan mendengarkan.

2. Al-Farabi

Ia mendalami ilmu matematika, kimia,ilmu bahasa, astronomi,kemiliteran dll. Pada abad pertengahan, al-farabi sangat terkenal sehingga banyak orag yahudi yang mempelajari  karangannya kemudian menyalinnya kedalam bahasa ibrani.

Perkembangan Pola Pikir Manusia
Di antara karangan-karangan Al-farabi adalah sebagai berikut :

  1. Aghradlu ma Ba’da at-Thabi’ah.
  2.  Al-Jam’u baina Ra’yai al- hakimain (mempertemukan pendapat kedua filsuf yaitu Plato dan Aristoteles).
  3. Tahsilas-sa`adah (mencari kebahagiaan).
  4. `uyun ul-Masail (pokok-pokok persoalan).
  5.   Ara-u Ahl-il madinah al-Fadilah (pikiran-pikiran penduduk kota utama-negeri utama)yi.
  6. Ih-sha`u al-ulum (statistik ilmu)

3. Ikhwanushafa

Pertama, cinta kepada ilmu dengan mengetahui wujud menurut kesanggupan umat manusia. Kedua, berkata dan berbuat sesuai dengan ilmu. Lapangan ilmu ada empat, yaiti matematika, logika, fisika, dan ilmu kelautan.

4. Ibnu Sina

Perkembangan Pola Pikir Manusia

Seorang filsuf dan ilmuwan, serta ahli kedokteran. Karya-karya Ibnu Sina yang terkenal adalah :

  1.  Asy- syifa.
  2. An- Najat.
  3. Al-Isyarat wat-Tanbihat.
  4.  Al-hikmat al-masyiriqiyyah.
  5. Al-Qanum, atau Canon of medicine.

Salah satu kajian Ibnu Sina adalah tentang gerak. Gerak adalah pergantian keadaan yang menetap pada benda, sedikit demi sedikit menujuh arah tertentu.

5. Al-ghazali

Al-ghazali menyimpulkan bahwa ia harus meneliti dari hakikat pengetahuan yang bertitik tolak atas kebenaran ilmu yang diyakininya benar, yang tingkat kebenarannya tidak di ragukan lagi, seperti adanya kepastian kematian bagi seluruh makhluk, tanpa kecuali.

Perkembangan Pola Pikir Manusia
Abul Faraj Ibnul Jauzi menyampaikan kisah meninggalnya beliau dalam kitab Ats Tsabat Indal Mamat, menukil cerita Ahmad (saudaranya) ; Pada subuh hari senin, saudaraku Abu Hamid berwudhu dan shalat, lalu berkata, “ Bawa kemari kain kafan saya.”

Sekian penjelasan tentang Perkembangan Pola Pikir Manusia Ilmu Alamiah Dasar yang bisa Anda pakai untuk soal-soal pertanyaan, referensi dalam pembuatan makalah atau tugas. Terima kasih sudah berkunjung di Jagoan Ilmu, semoga bermanfaat 🙂

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar dan Contohnya Dalam Kehidupan

Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar – Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam...
Hen Hen
2 min read

Pengertian Ilmu Alamiah Dasar, Fungsi dan Tujuan Mempelajarinya

Pengertian Ilmu Alamiah Dasar – Dasar Filsafat tidak dapat dipisahkan dengan ilmu alamiah dasar. Pada hakikatnya ilmu alamiah dasar adalah bukan suatu ilmu yang...
Hen Hen
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *