Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

Ini Dia, Perbedaan Shaum dan Puasa Menurut Syariat Agama Islam

1 min read

Perbedaan Shaum dan Puasa

Jagoan Ilmu, Perbedaan shaum dan puasa menurut syariat agama Islam – Tahukah Anda apa perbedaan shaum dan puasa ?, Arti puasa pasti tidak asing lagi di telinga kita, lalu bagaimana dengan shaum ? Nah, kali ini kami akan membahas pengertian shaum dan puasa. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan perbedaan shaum dan puasa berikut ini.

Perbedaan Shaum dan Puasa

Perbedaan Shaum dan Puasa

Puasa (Upawas,bahasa sansekerta) adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, untuk periode waktu tertentu. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan cairan untuk periode tertentu, biasanya satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat.

Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal semacam ini sering ditemukan dalam diri pertapa.

Dan masih dari sumber yang sama kata Shaum (Bahasa Arab: صوم) secara bahasa artinya menahan atau mencegah.Apa yang ditahan? Hawa Nafsu! Ya nafsu makan (dan minum) juga nafsu amarah, serta tidak ketinggalan nafsu syahwat. Jadi Shaum lebih integral, menyeluruh, istilah kerennya holistik. Baca Juga Dampak Negattif Reuni Sekolah

Menurut syariat agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, dengan syarat tertentu, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

Beberapa hal yang berbeda yang berkait dengan puasa, bila bandingkan dengan shaum umat islam. Bukan maksud mau membeda bedakan, cuman agar kita tahu saja. Puasa umat lain tanpa Sahur, Islam-Shaumnya pake sahur karena ada berkah di dalamnya.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Perbedaan shaum dan puasa menurut syariat agama Islam. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Kesehatan berikutnya.

Sumber : https://abd-holikulanwarislamic.blogspot.com/2016/04/puasa-atau-shaum.html

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.