Peralatan Geologi dan Fungsinya

By | August 24, 2017
Peralatan Geologi

Peralatan Geologi – Dalam penelitian, memerlukan beberapa alat yang digunakan untuk menunjang penelitian. Begitu juga dengan penelitian dalam ilmu Geologi. Seiring berjalannya waktu, teknologi dan alat-alat penelitian mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Bahkan bahan penelitian pun juga semakin berkembang cepat dan hampir sudah tidak ada lagi bahan-bahan mentah seperti Kristal batuan, sampel batuan, tiruan fosil. Dengan demikian, beberapa ahli Geologi memerlukan alat yang berguna untuk melakukan penelitian dalam bidang Geologi.

Pada dasarnya, alat-alat penelitian Geologi memang digunakan untuk melakukan penelitian. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa alat-alat Geologi juga bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran siswa atau civita akademik dalam bidang Geologi.

Peralatan Geologi

Berikut ini adalah alat-alat Geologi yang bisa kita gunakan dalam penelitian Geologi.

Peta Geologi

Peralatan Geologi

Peta Geologi merupakan informasi dan data ilmu Geologi yang mengungkapkan suatu daerah atau wilayah dengan tingkat kualitas dan kuantitas juga skala dengan menggunakan informasi sebaran. Dalam peta Geologi terdapat beberapa informasi dan data Geologi seperti jenis dan sifat batuan, usia, stratigrafi, tektonika, fisiografi, dan potensi-potensi yang ada pada sumber daya.

Beberapa data dan informasi tersebut akan disajikan dengan menggunakan bentuk, gambar, warna, simbol, dan corak bahkan campuran atau gabungan dari ketiganya. Hal ini disampaikan oleh Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1452 K/10/MEM/2000.2000.

Sampel Batuan

Peralatan Geologi

Alat Geologi berikutnya adalah sampel batuan. Sampel batuan ini merupakan satu di antara alat geologi yang digunakan untuk mengetahui jenis batuan di bumi. Sampel batuan ini merupakan alat Geologi yang paling menentukan hasil penelitian. Jika sampel batuan ini tidak akurat, maka nantinya hasil penelitian ini tidak akurat juga. Maka dari itu, para ahli peneliti Geologi ini benar-benar harus teliti betul untuk menggunakan sampel batuan.

Soil Teskid

Peralatan Geologi

Soil teskid adalah satu di antara alat Geologi yang fungsinya untuk mengetahui beberapa kandungan organik di dalam bumi. Umumnya, kandungan organik ini berisi kapur di dalam tanah yang membuat tingkatan drainase tanah pada suatu wilayah.

 

Baca juga : Apa itu Pemetaan Geologi ?

Itulah beberapa alat Geologi utama yang perlu anda ketahui sebagai civita akademik di bidang Geologi. Namun, perlu diingat, bahwa masih ada beberapa alat Geologi lagi yang perlu Anda ketahui. Simak terus artikel dalam blog ini untuk mengetahui selanjutnya.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count: