Macam-macam Hewan (Binatang) dan Jenis-jenis Penggolongannya

Posted on

macam-macam hewan

Macam-macam Hewan – Binatang dapat digolongkan bedasarkan tingkatan klasifikasinya. Urutan klasifikasi hewan adalah spesies, genus, familia, ordo, klas, dan filum. yang akan saya jelaskan adalah 3 jenis penggolongan hewan. Coba perhatikan hewan-hewan yang ada di sekitar Anda, kerbau, kambing, mungkin bila Anda pergi ke kebun binatang Anda akan menjumpai hewan seperti harimau, srigala, burung elang dan masih banyak lainnya. Biasanya jenis makanan pada hewan dapat di golongkan menjadi dua macam yaitu memakan tumbuhan dan memakan daging.

Di sekitar Anda ada banyak sekali hewan pemakan tumbuhan, seperti memakan rerumputan ada kambing, kerbau, kuda, sapi dsb. sementara yang memakan biji-bijian ada hewan seperti merpati. Ada juga hewan yang memakan nektar seperti burung kolbri. Sementara ada juga hewan yang memakan daging seperti harimau, buaya, srigala dsb. Selain hewan pemakan tumbuhan saja dan hewan pemakan daging saja, ada juga hewan yang memakan keduanya artinya hewan tersebut memakan tumbuhan dan juga memakan daging sebut seperti ayam.

Penggolongan Macam-Macam Hewan (Binatang)

Berikut penjelasan tentang macam-macam hewan, kumpulan macam-macam binatang, jenis-jenis penggolongan hewan, hewan pemakan daging. Simak penjelasan dibawah ini:

Jenis-Jenis Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

1. Herbivora

Herbivora adalah kelompok hewan yang hanya memakan tumbuh-tumbuhan. Hewan yang termasuk jenis herbivora dapat memakan bagian tumbuhan seperti daun, biji, batang dan juga umbi umbian. Dengan kata lain hewan yang memakan daun-daunan, umbi-umbian, biji-bijian saja tanpa memakan daging disebut sebagai hewan herbivora.

Hewan yang termasuk atau tergolong dalam kelompok herbivora adalah;

  1. Bangsa Burung : Contohnya burung nuri, burung kakak tua, burung beo, merpati dan betet.
  2. Bangsa Mamalia (hewan menyusui) : Contohnya Kuda, sapi, kerbau, kambing, kelinci dan kijang.
  3. Bangsa Serangga : Contohnya walangsangit, belalang, capung, dan kutu daun.
macam-macam hewan
Sumber : http://www.binatang.mewarnaigambar.web.id

Hewan mamalia yang memakan tumbuhan memiliki gigi seri yang tajam, tidak bertaring dan gigi gragamnya bergelombang. Sementara gigi seri berguna untuk memotong makanan. Hewan herbivora pada Gigi graham memiliki kegunaan untuk dapat menggiling rumput dan dedaunan yang keras. Contoh hewan herbivora pemakan rumput dan dedaunan yaitu kuda, sapi, kerbau, kambing. Contoh hewan herbivora pemakan biji bijian yaitu burung pipit, kakak tua dan merpati.

2. Karnivora

Karnivora adalah kelompok hewan pemakan daging atau memakan hewan lainnya. Hewan karnivora biasanya mendapatkan makanan dengan cara memburu mangsanya. Lalu, hewan-hewan yang makan daging saja atau memakan hewan lainnya disebut sebagai hewan karnivora. Mereka dikenal sebagai pemburu aktif. Hewan ini biasanya memiliki gigi taring yang tajam yang berguna untuk mencabik cabik dan memotong daging. Ada beberapa jenis hewan karnivora, berikut ini contoh jenis hewan karnivora;

Contoh Hewan Karnivora

  • Bangsa Burung, misanya burung elang, rajawali, dan burung hantu.
  • Bangsa serangga, misalnya nyamuk, laba-laba dan sebagainya
  • Bangsa mamalia, misalnya harimau, singa, dan srigala
  • Bangsa reptil, misalnya ular, komodo, cicak, dan bunglon
  • Bangsa ikan, misalnya hiu, piranha dan arwana

macam-macam hewan

Burung pemangsa biasanya memiliki paruh yang tajam dan cakar yang kuat yang berguna untuk mencengkram mangsanya. Paruh kuatnya juga dapat mencabik-cabik daging mangsanya. Ada juga burung bangau yang bentuk paruhnya memiliki rongga di bagian bawahnya yang berguna untuk menjaring ikan.

3. Omnivora

Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan sekaligus memakan hewan lainnya. Omnivora ialah hewan yang memakan tumbuhan dan juga hewan lainnya (daging).

Contoh hewan Omnivora

  • Musang
  • Ayam
  • Babi
  • Itik
  • Burung Jalak
  • Kutilang

macam-macam hewan

Macam-Macam Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya

Kumpulan penggolongan hewan atau binatang berdasarkan tempat hidupnya dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :

1. Hewan yang hidup di darat

Hewan yang hidup di darat biasa disebut hewan darat. Contoh hewan darat antara lain : ayam, sapi, kambing, kuda, singa, kucing, dan lain sebagainya.

2. Hewan yang hidup di air

Hewan air ialah hewan yang hidup di air biasa . Contoh hewan air antara lain : ikan, udang, cumi-cumi, paus, lumba-lumba, gurita, dan lain-lain.

3. Hewan yang hidup di darat dan air (amfibi)

Selain hewan darat, dan hewan air, ada juga hewan yang hidup di darat dan di air. Hewan ini biasa disebut dengan amfibi. Contoh hewan amfibi adalah salamander dan katak. Katak memulai hidupnya di air. Seusai dewasa, katak mengalami perubahan.Katak dewasa hidup di darat dan di air.

Baca juga Jaringan Ikat Pada Hewan Beserta Gambarnya

Penutup

Itulah penjelasan tentang Macam-macam Hewan (Binatang) dan Jenis-jenis Penggolongannya disertakan gambar juga untuk mendukung penjelasannya.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai macam-macam hewan dalam ilmu biologi. Jangan lupa komentar dan share artikel ini kalau dianggap bermanfaat.

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.