Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Materi dan Makalah Pengetahuan Lingkungan untuk Mata Kuliah

1 min read

pengetahuan lingkungan
Pengetahuan Lingkungan

Pengetahuan Lingkungan – Hai, berjumpa lagi dengan saya, kali ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang pengetahuan lingkungan. Sebelum melangkah lebih jauh kita harus tau apa sih pengertian lingkungan itu. Lingkungan adalah segala seuatu yang berada disekitar kita, baik itu benda mati maupun benda hidup.

Sedangkan lingkungan hidup Menurut Undang-Undang RI No.4 Tahun 1982 adalah kesatuan ruang dengan semua bendanya, keadaan makhluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perkehidupan dan kesejahteraan  manusia serta makhluk hidup lainnya.

Pengetahuan Lingkungan

Lingkungan hidup dibedakan atas 2 bagian yaitu lingkungan biotik dan abiotik. Simak perbedaan dan apa yang dimaksud dengan lingkungan biotik dan abiotik di bawah ini.

pengetahuan lingkungan
sumber gambar : merenyahocom

1. Lingkungan biotik

Lingkungan biotik, segala makhluk hidup mulai mikroorganisme sampai dengan tumbuhan tingkat tinggi dan hewan termasuk didalamnya manusia. Lingkungan biotik sendiri biasa disebut juga lingkungan organik.

2. Lingkungan abiotik

Lingkungan abiotik, segala kondisi hidup yang erdapat disekitar makhluk hidup yang bukan organisme hidup, antara lain batuan, tanah, mineral dan udara. Lingkungan abiotic biasa juga disebut lingkungan anorganik.

Secara garis besar terdapat tiga macam lingkungan hidup :

  1. Lingkungan fisik
  2. Lingkungan hayati
  3. Lingkungan sosial

Ilmu lingkungan dikembangkan sebagai ilmu terapan yang dalam pengembangannya pada dasarnya berpijak pada kaida-kaidah ekologi. Kalau ekologi sendiri mempelajari susunan serta fungsi dari seluruh makhluk hidup dan komponen kehidupan lainnya, sedangkan ilmu pengetahuan mempelajari tempat dan peranan manusia diantara makhluk hidup dan komponen kehidupan lainnya.

Berikut ini, terdapat beberapa peraturan pemerintah serta undang-undang yang mengatur tentang Lingkungan Hidup :

  1. Undang-undang RI No.23 tahun 1997, tentang Pengelolaan Lingkungan
  2. Peraturan Pemerintah RI No. 27 tahun 1999, tentang AMDAL
  3. Peraturan Pemerintah RI No. 20 tahun 1990, tentang Pengendalian Pencemaran air
  4. Penjelasan atas Peraturan Pemerintah RI No. 20 tahun 1990, tentang pengendalian pencemaran air.

Makalah Pengetahuan Lingkungan

Penutup

Sekian penjelasan singkat dari saya tentang pengetahuan lingkungan yang mencakup pengertian dan disertakan pula makalah pengetahuan lingkungan sebagai referensi para mahasiswa ataupun umum.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai pengetahuan lingkungan dan semoga menambah wawasan Anda.

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.