Pengertian Tanah Longsor: Penyebab, Proses Terjadinya dan Dampaknya

By | February 9, 2018

pengertian tanah longsor

Pengertian Tanah Longsor – Sekarang sering terdengar berita tentang bencana longsor yang terjadi pada beberapa daerah di Indonesia maupun di mancanegara. Agar dapat menghindari bencana longsor, maka Anda perlu tahu solusi mencegah tanah longsor. Sebelum membahas pencegahan bencana longsor, Anda harus mengetahui apa pengertian tanah longsor, bagaimana penyebab, akibat, penyebabr tanah longso karena ulah manusia, akibat yang ditimbulkan, dampak, solusi dan proses terjadinya tanah longsor. Simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Tanah Longsor

Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan tanah, atau material campuran tersebut yang bergerak ke bawah atau keluar lereng.

Suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Sedangkan Mitigasi Bencana Geologi dan Pusat Vulkanologi mengemukakan, tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran yang bergerak ke bawah atau keluar lereng.

pengertian tanah longsor

Awal terjadinya tanah longsor diawali oleh air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah. Air yang meresap menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelincir, maka tanah menjadi licin dan tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng.

Penyebab atau akibat tanah longsor

Akibat dari tanah longsor bila gaya pendorong pada lereng lebih besar daripada gaya penahan. Umumnya gaya penahan dipengaruhi oleh kekuatan batuan dan kepadatan tanah.

Sangat berpengaruh gaya pendorong oleh besarnya sudut lereng, air, beban serta berat jenis tanah batuan.

a. Faktor alam

  • Karena iklim atau curah hujan yang tinggi
  • Keadaan lereng yang curam
  • Sistem drainase tersumbat, erosi dalam pelarutan dan tekanan hidrostatik
  • akumulasi massa air

Baca juga : Pencemaran Lingkungan : Pencemaran Air dan Tanah

a. Faktor Ulah manusia

  • Penebangan pohon liar sehingga hutan gundul

pengertian tanah longsor

  • Budi daya kolam ikan diatas lereng gunung
  • Sistem drainase daerah lereng yang tidak baik

Proses terjadinya tanah longsor

  1. Tanah akan menambah bobot tanah jika air yang meresap di dalamnya.
  2. Sebagai bidang gelincir air yang berperan, maka tanah menjadi licin karena air tersebut menembus sampai tanah kedap
  3. Tanah pelapukan di atasnya akan bergerak mengikuti lereng dan keluar lereng.

Akibat yang di timbulkan tanah longsor

Perlu diketahui beberapa akibat yang ditimbulkan bencana longsornya tanah. Akibat terjadinya tanah longsor adalah sebagai berikut:

1. Menimbulkan korban jiwa

Umumnya tanah longsor terjadi saat curah hujan tinggi. Inilah yang membuat warga lebih memilih untuk berkumpul dengan keluarganya dirumah.

Jika terjadi tanah longsor maka akan menimpa rumah mereka. Maka masyarakat yang tinggal disekitar tebing atau lereng mereka dalam kondisi terancam Hal ini menyebabkan timbulnya korban atau korban luka

2. Terjadinya kerusakan infrastruktur

pengertian tanah longsor

Peristiwa tanah longsor ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan infra struktur. Terjadinya longsor disekitaran akan menyebabkan jalan mengalami kerusakan karena bebannya bertambah.

Selain itu, longsor yang menimpa rumah-rumah warga, rumah tersebut akan mengalami kerusakan. Terganggunya aktivitas masyarakat karena rusaknya infra struktur.

3. Rusaknya sumber mata pencarian warga

Sebagian besar peristiwa longsor terjadi disekitar daerah pegunungan. Sehingga masyarakat pada daerah tersebut umumnya bermata pencarian sebagai petani.

Longsor ini kadang menimpa lahan pertanian mereka. Sehingga mata pencarian mereka terganggu. Dimana kondisi infrastruktur yang rusak akibat longsor juga menjadi penyebab rusaknya mata pencarian masyarakat.

4. Bertambah buruknya sanitasi lingkungan

Tanah longsor akan menimbulkan kerusakan sanitasi lingkungan. Sebagai akibatnya sanitasi lingkungan bertambah buruk. Sedangkan air merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan.

5. Munculnya berbagai macam penyakit

Tanah longsor juga dapat mengakibatkan merebaknya bibit penyakit. Hal yang sering terjadi adalah penyakit muncul ditempat pengungsian. Munculnya penyakit ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan pengungsian.

Solusi Tanah Longsor

Tanah longsor juga merupakan dampak dari terdapatnya lapisan tanah yang tebal menumpang di atas batuan yang lebih keras dan kedap air.

Sistem tata air dan tataguna lahan yang kurang baik di daerah lereng seperti adanya kolam ikan pada lereng, sawah, ladang terbuka yang hanya ditanami dengan tanaman berperakaran dangkal, kurangnya tanaman penutup lereng, terdapatnya retakan-retakan berbentuk tapal kuda pada bagian atas tebing, atau terdapatnya mata air pada tebing yang menunjukan tebing telah jenuh air yang sering disertai longsoran-longsoran kecil merupakan ciri bahwa daerah tersebut rawan terjadinya tanah longsor.

Upaya yang harus dilakukan dalam rangka mengurangi dampak tanah longsor, diantaranya:

  • Jika terdapat ciri-ciri rawan longsor dapat segera menghindar dari sekitar daerah tempat.
  • Menanami daerah lereng dengan pohon-pohon berperakaran dalam (terutama pohon-pohon yang dapat dimanfaatkan buahnya dengan tujuan tidak untuk diambil kayunya/atau tidak untuk ditebang).
  • Melarang penebangan pohon pada daerah rawan longsor.
  • Menutup retakan-retakan yang timbul di atas tebing dengan tanah lempung untuk mencegah air hujan masuk ke dalam tanah.
  • Waspadalah jika terjadi curah hujan tinggi.
  • Waspada terhadap rembesan air dan longsoran kecil di sepanjang lereng.

Dampak Terjadinya Tanah Longsor

Terdapat dampak yang terjadi ketika tanah longsor yaitu dampak positif dan dampak negatifnya. Agar lebih jelas bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dampak Positif Tanah Longsor

Berikut dampak positif terjadinya tanah longsor, yakni:

  • Ketika terjadi bencana seperti tanah longsor ini bisa meningkatkan kesadaran diri supaya tidak terjadi lagi penebangan hutan dan memperluas lahan.
  • Meningkatkan kepedulian terhadap korban bencana dan kepedulian terhadap sesama secara umumnya.
  • Menjadikan sikap waspada dan siaga bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan tehadap tanah longsor.
  • Bisa menjadikan motivasi dan penelitian oleh para ahli geologi apa yang bisa menyebabkan tanah longsor terjadi.

2. Dampak Negatif Tanah Longsor

Berikut dampak negatif terjadinya tanah longsor, yakni:

  • Mengakibatkan rumah-rumah masyarakat yang tinggal di area tanah longsor kehilangan tempat tinggal.
  • Mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.
  • Jalur transportasi putus ketika tanah longsor menimbun jalanan utama.
  • Mengakibatkan perekonomian tersendat di daerah yang terjadi tanah longsor.
  • Kerugian bagi Negara karena infrastuktur yang tertimbun oleh tanah longsor, dan masih banyak lagi dampak-dampak negatif maupun negatif dari terjadinya tanah longsor.

Baca juga : Pengertian Hutan: Menurut Para Ahli dan Menurut UU No 41 Tahun 1999

Penutup

Demikian penjelasan tentang pengertian tanah longsor yang harus diketahui khususnya yang tinggal pada daerah rawan longsor. Diatas juga dijelaskan proses terjadinya, penyebab, solusi, dampak positif dan dampak negatif tanah longsor.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai pengertian tanah longsor dan jangan lupa share artikel ini kalau dianggap bermanfaat.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count: