Pengertian Sel Prokariotik dan Eukariotik Serta Perbedaannya

Pengertian Sel Prokariotik dan Eukariotik Serta Perbedaannya – Sel adalah sesuatu yang pasti ada didalam tubuh makhluk hidup, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. Sel-sel yang terdapat didalam tubuh makhluk hidup itu berbeda beda antara makhluk hidup dari jenis hewan, jenis tumbuhan, maupun manusia. Jika kita membahas tentang sel, kita harus tau bahwa sel ada dua macam yaitu sel prokariotik dan juga sel eukariotik. Berikut penjelasan pengertian, perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik beserta contoh nya.

Pengertian Sel Prokariotik dan Eukariotik

Menurut keadaan inti selnya, sel dibedakan menjadi 2 bentuk, yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik. Pengertian kedua sel tersebut adalah :

1. Sel Prokariotik

Sel prokariotik adalah sel dengan tidak adanya selaput atau membran yang melapisi inti sel, sehingga materi genetik yang terkandung di dalam inti tidak terbungkus oleh selaput atau membran. Biasanya, sel prokariotik terdapat pada organisme atau makhluk hidup yang memiliki sel tunggal (uniseluler), dan beberapa ada juga pada organisme multiseluler.

pengertian sel prokariotik dan eukariotik
gambar sel prokariotik

Contoh sel prokariotik adalah pada organisme bersel satu yang memiliki susunan sel prkariotik adalah bakteri, ganggang biru, dan paramecium.

2. Sel Eukariotik

Eukariotik berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti “eu = sebenarnya” dan “karion = membran atau nucleus”. Jadi, sel eukariotik adalah jenis sel yang memiliki selaput atau membran untuk membungkus materi genetik yang terkandung di dalam inti sel agar tidak tersebar.

pengertian sel prokariotik dan eukariotik
gambar sel eukariotik

Contoh sel eukkariotik adalah pada makhluk hidup yang memiliki susunan sel eukariotik adalah ganggang (kecuali ganggang biru), manusia, hewan, tumbuhan, dan jamur (fungi).

Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Jika bicara masalah perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, perbedaan tersebut sudah tampak jelas dilihat dari segi pengertiannya saja kedua sel tersebut sudah nampak berbeda. Adapun perbedaan yang paling utama yang terdapat pada sel prokariotik dan sel eukariotik adalah pada inti sel. Sel prokariotik tidak mempunyai membran didalam inti sel, sebaliknya dengan sel eukariotik. Sel eukariotik mempunyai membran didalam inti sel.

Perbedaan yang lain dari sel prokariotik dan sel eukariotik juga terdapat pada struktur dan juga fungsinya. Struktur dan juga fungsi dari kedua jenis sel tersebut juga berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari :

Membran inti. Membran inti adalah perbedaan yang paling utama dari sel prokariotik dan juga sel eukariotik. Membran ini terdiri atas dua buah lapis lipid yaitu membran inti bagian luar dan juga membran inti bagian dalam.
Organela. Perbedaan dari sel eukariotik dan sel eukariotik yang lainnya dapat dilihat dari organela. Sel prokariotik tidak mempunyai organela sedangkan sel eukariotik mempunyai organel.

Perbedaan struktur sel prokariotik dan sel eukariotik

Struktur Sel Prokariotik Eukariotik
Dinding sel Tersusun secara kompleks atau rumit, seperti dinding bakteri, yang tersusun atas peptidoglikan dan unsur lain Tersusun secara lebih sederhana dibandingkan Sel Prokariotik
Membran inti/ membran nukleus Tidak Ada Ada
Membran plastida Tidak ada Ada
Plastida Tidak ada Sebagian ada, sebagian tidak ada
Letak DNA Di daerah nukleoid Didalam nuclueolus
Mitokondria Tidak Ada Ada
Aliran Sitoplasma/ sitoskeleton Tidak ada Ada
Badan golgi Tidak ada Ada
Histon Tidak ada Ada
Ribosom Ada, tetapi dengan bentuk yang kecil Ada, dengan bentuk yang besar
Susunan kromosom Sirkuler dan tunggal Multipel linier dan ganda
Reproduksi Konjugasi (transfer fragmen DNA) Melosis
Organel Tidak ada Ada, seperti reticulum endoplasma, badan golgi, lisosom, dan lain lain

Perbedaan organel yang dikandung sel prokariotik dan sel eukariotik

Organel Sel Prokariotik Sel Eukariotik
Membran plasma Ada Ada
Sitoplasma Ada Ada
Ribosom Ada Ada
Dinding sel Ada Ada
Mesosom Ada Tidak Ada
Nukleus Ada Ada
Retikulum Endoplasma Tidak Ada Ada
Lisosom Tidak Ada Ada
Badan golgi Tidak Ada Ada
Mitondria Tidak Ada Ada
Badan mikro Tidak Ada Ada

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang pengertian sel prokariotik dan eukariotik serta perbedaannya dalam hal struktur dan organelnya, dimana sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki perbedaan utama yaitu memiliki selaput (prokariotik) dan tidak memiliki selaput (eukariotik). Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di materi biologi berikutnya.

Baca juga Sejarah Biologi Sel dan Sejarah Biomolekuler

Sumber:

  • http://www.ilmudasar.com/2016/11/Pengertian-Perbedaan-Struktur-Sel-Prokariotik-dan-Sel-Eukariotik-adalah.html
  • http://www.informasi-pendidikan.com/2015/06/pengertian-dan-perbedaan-dari-sel.html