Pengertian Ruang Lingkup Dalam Ilmu Geografi

Ilmu Area, Pengertian ruang lingkup dalam ilmu geografi – Tahukah Anda pengertian ruang lingkup geografi ?, Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas ruang lingkup kajian geografi. Sebelum membahas lebih jauh, kita harus tahu apa itu ruang dalam geografi ?, Ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan mengenai pengertian ruang lingkup geografi, secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Ruang Lingkup Geografi

Pengertian Ruang Lingkup Geografi

Ruang lingkup geografi adalah segala fenomena yang terjadi di permukaan bumi dengan berbagai variasi organsiasi keruanganya. Pengertian ruang lingkup kajia geografi yang dipelajari dalam ilmu geografi Rhoad Murphey, dalam bukunya “The Scope of Geography”, mengemukakan 3 (tiga) pokok ruang lingkup study geografi, yaitu sebagai berikut :

  1. Geografi mempelajari persebaran dan relasi umat manusia di permukaan bumi. Selain itu, juga mengkaji aspek keruangantempat hidup manusia serta bagaimana manusia memanfaatkannya.
  2. Geografi mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan fisik (alam) sebagai bagian studi keanekaragaman wilayah.
  3. Geografi mempelajari kerangka regional dan analisis dari region yang mempunyai ciri khusus.Dari uraian tersebut diatas, jelaslah bahwa ruang lingkup geografi tidak terlepas dari aspek alamiah dan aspek manusia (manusiawi).

Berdasarkan teori lingkungan hidup, bumi dikelompokkan menjadi tiga (3) lingkungan, yaitu sebagai berikut:

  1. Lingkungan sosial (Social environment) merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia berwujud tindakan atau aktivitas manusia. baik dalam hubungannya dengan lingkungan alam maupun interaksi antar manusia.
  2. Lingkungan biologis (Biological environment) atau lingkungan biotik, merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia berupa makhluk hidup, seperti binatang, tumbuh-tumbuhan dan manusia itu sendiri.
  3. Lingkungan fisik (Physical environment) atau lingkungan abiotik. merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia berupa benda tak hidup, Contohnya seperti tanah, udara, sinar matahari dan air.

Berkaitan dengan teori lingkungan dalam pengertian ruang lingkup geografi, William Kirk juga Menyusun struktur lingkungan geografi yang digolongkan menjadi lingkungan fisik dan lingkungan non fisik. Dalam pengertian ruang lingkup geografi secara garis besar, kajian geografi dapat dibedakan menjadi dua aspek geografi yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan sebagainya. Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan sebagainya.

Baca Juga Skema Ruang Lingkup Geografi

Perhatikan gambar berikut ini, dapat Anda lihat hubungan erat geografi dengan berbagai disiplin ilmu lain. Gambar tersebut juga mencerminkan bahwa interaksi geografi dengan ilmu-ilmu lain melahirkan disiplin ilmu baru. Contoh disiplin ilmu baru hasil interaksi ilmu geografi dengan ilmu lain, antara lain :

Pengertian Ruang Lingkup Geografi

  1. Interaksi antara Geografi dan Biologi melahirkan biogeografi.
  2. Interaksi antara geografi dengan matematika bisa melahirkan geografi-matematika.
  3. Interaksi antara geografi dan antropologi juga melahirkan antropogeografi dan etnogeografi.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Ilmu Area bagikan tentang Pengertian ruang lingkup dalam ilmu geografi, dimana rangkuman tentang ruang lingkup geografi yang dipelajari dalam ilmu geografi Rhoad Murphey, dalam bukunya “The Scope of Geography”, mengemukakan 3 (tiga) pokok ruang lingkup study geografi. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi ilmuarea.com, dan sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.