Pengertian Retikulum Endoplasma (RE) dan Fungsinya

Jagoan Ilmu, Pengertian Retikulum Endoplasma (RE) dan Fungsinya – Retikulum Endoplasma (RE) adalah labirin membran yang demikian banyak sehingga retikulum endoplasma meliputi separuh lebih dari total membran dalam sel-sel eukariotik. (kata endoplasmik berarti “di dalam sitoplasma” dan retikulum diturunkan dari bahasa latin yang berarti “jaringan”). Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. Retiukulum Endoplasma terletak di dekat nukleus, sedangkan yang ada di sekitar Retikulum Endoplasma adalah bagian sitoplasma yang disebut sitosol.

Retikulum Endoplasma terdiri atas ruangan-ruangan kosong yang ditutupi dengan membran dengan ketebalan 4 nm (4 nanometer). Membran ini berhubungan langsung dengan selimut nukleus. Pada bagian-bagian Retikulum Endoplasma tertentu, terdapat ribuan ribosoma. Ribosom merupakan tempat di mana proses pembentukan protein terjadi di dalam sel.

Jenis – Jenis Retikulum Endoplasma :

Ada 3 jenis reticulum endoplasma yaitu sebagai berikut:

1. RE kasar (smooth endoplasmic reticulum)
Di permukaan RE kasar, terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Maka, fungsi retikulum endoplasma kasar adalah sebagai tempat sintesis protein.RE kasar berbeda dengan RE halus, RE kasar memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya.

2. RE Halus (rough endoplasmic reticulum)
Retikulum Endoplasma Halus berfungsi dalam beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid (lemak), metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat-obatan, dan tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel.

gambar retikulum endoplasma, RE kasar dan RE halus

Pada gambar di atas menunjukkan posisi retikulum endoplasma kasar dan halus.

3. RE Sarkoplasmik
RE Sarkoplasmik adalah jenis khusus dari RE halus. RE sarkoplasmik ini ditemukan pada otot licin dan otot lurik. Yang membedakan RE sarkoplasmik dari RE halus adalah kandungan proteinnya. RE halus mensintesis molekul, sementara RE sarkoplasmik menyimpan dan memompa ion kalsium. RE sarkoplasmik berperan dalam pemicuan kontraksi otot.

Fungsi Retikulum Endoplasma :

Fungsi RE adalah mendukung sintesis protein dan menyalurkan bahan genetic antara inti sel dengan sitoplasma dan berfungsi sebagai alat transportasi zat-zat di dalam sel itu sendiri.

  • Menetralkan racun (detoksifikasi) misalnya REyang ada di dalam sel-sel hati.
  • Transportasi molekul-molekul dan bagian sel yang satu ke bagian sel yang lain (RE kasar dan RE halus)
  • Menjadi tempat penyimpan Calcium, bila sel berkontraksi maka calcium akan dikeluarkan dari RE dan menujuke sitosol.
  • Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom untuk disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel. (RE kasar).

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang pengertian retikulum endoplasma dan fungsinya, dimana retikulum endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri atas sistem membran. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel biologi berikutnya.

Baca juga Pengertian Sel Prokariotik dan Eukariotik Serta Perbedaannya

Sumber artikel: http://sainsfreeshare.blogspot.co.id/2017/08/pengertian-dan-fungsi-retikulum.html

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.