Pengertian Petrologi: Materi dan Cabangnya

Hallo teman-teman? Apakah kalian tahu apa itu Pengertian Petrologi? Ayo ada yang tahu? Nah kata itu berasal dari dua kata. Yaitu petro dan logos. Apa itu Petro? Petro itu artinya batu, dan logos artinya adalah ilmu. Berarti secara bahasa, arti kata petrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang batuan. Dan jika secara istilah, artinya ilmu mengenai batuan, mempelajari secara luas tentang asal, sejarah dan kejadian dari batuan tersebut. Sudah tahu kan?

Cabang Petrologi

Batuan adalah mineral utama penyusun kerak bumi. Kumpulan dari mineral-mineral yang sejenis maupun tidak sejenis yang terbentuk secara alami merupakan batuan. Ada tiga cabang dari petrologi yaitu :

1. Petrologi Batuan Beku

Batuan beku atau (Igneous Rock). Batuan beku ini terbentuk dari magma yang berasal dari dalam bumi kemudian naik menuju permukaan bumi dan membeku menjadi batuan padat. Petrologi batuan beku ini komposisi dan tekstur nya seperti batuan granit, atau batuan basalt. Batuan granit dan batuan basalt ini telah mengkristal dari magma atau batu lebur. Dan batuan beku ini mencakup batuan volkanik dan plutokanik.

2. Petrologi Batuan Sedimen

Batuan sedimen atau (Sedimentary Rock). Batuan sedimen ini terbentuk dari pengumpulan dan kompaksi dari fragmen-fragmen batuan sebelumnya yang telah lepas serta mengalami erosi atau pengikisan dan tertransportasi. Kemudian terbentuk dari bahan-bahan organik, sisa tanaman atau cangkang binatang. Petrologi batuan sedimen ini berfokus pada komposisi dan tekstur seperti batu pasir atau batu gamping. Batu pasir dan batu gamping ini mengandung partikel- partikel sedimen terikat dengan matrik atau material yang lebih halus.

3. Petrologi Batuan Metamorf

Batuan metamorf atau (Metamorphic Rock). Batuan metamorf ini terbentuk dari batuan apa saja yang sudah ada sebelumnya,yang berubah karena adanya kenaikan temperatur dan tekanan. Lalu menghasilkan sifat yang berbeda dari batuan asalnya, baik dari kenampakan tekstur ataupun komposisi mineralnya. Batuan metamorf ini berfokus pada komposisi dan tekstur dari batuan seperti batu sabak atau batu marmer yang awalnya adalah batuan sedimen atau batuan beku yang telah mengalami perubahan kimia, mineralogi atau tekstur dikarenakan kondisi yang ekstrem dari tekanan, suhu atau di antaranya keduanya.

Para ahli Petrologi untuk lebih mengerti asal batuan, mereka juga menyertakan prinsip dari geokimia dan geofisika dalam penelitian kecenderungan dan siklus dari geokimia dan penggunaan data termodinamika. Nah itulah sedikit penjelasan tentang apa itu Petrologi. Sudah tahu kan apa itu petrologi?  Intinya, petrologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang batuan. Dan petrologi terbagi atas tiga cabang, yaitu batuan sedimen, batuan metamorf dan batuan beku.

Demikian penjelasang tentang materi pengertian petrologi beserta cabangnya yang terdiri dari 3  yaitu petrologi batuan beku, petrologi batuan sedimen dan petrologi batuan metamorf. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.