Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler

By | February 23, 2018

Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler

Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler – Banyak sekali jenis mobilitas yang dilakukan oleh penduduk-penduduk di suatu Negara. Mobilitas merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Mobilitas di zaman modern merupakan hal yang sangat umum dilakukan. Mobilitas penduduk ada yang bersifat nonpermanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pula mobilitas penduduk permanen.

Berikut penjelasan pengenai Migrasi, Imigrasi, Emigrasi,Transmigrasi, Urbanisasi, dan perbedaan imigrasi dan emigrasi beserta contohnya. Simak penjelasan dibawah ini:

Pengertian Migrasi

Migrasi adalah perpindahn penduduk dari satu tempat ke tempat lain, ada 2 jenis migrasi yaitu imigraasi dan emigrasi. Selain itu 2 jenis migrasi, yaitu migrasi internasional dan migrasi nasional. Migrasi internasional adalah perpindahan penduduk yang melibatkan perpindahan dari suatu negara ke negara lain.

Sedangkan untuk migrasi nasional adalah perpindahan penduduk yang masih berada dalam 1 negara hanya saja mereka berpindah daerah.

Pengertian Imigrasi

Istilah imigrasi berasal dari bahasa latin migration yang artinya perpindahan orang dari suatu tempat atau Negara menuju ke tempat Negara lain. Pengertian Imigrasi yaitu suatu perpindahan penduduk dengan tujuan untuk menetap dari satu tempat ketempat lain melampaui batas politik atau batas negara lain.

Pada tataran yang lebih makro kegiatan ini sesungguhnya berada dalam satu frame dengan peta perubahan hubungan global, baik dalam bidang ekonomi, sosial, budaya maupun politik. Orang yang melakukan imigrasi disebut imigran. Contoh imigrasi yaitu Warga Malaysia pindah dan menetap ke Indonesia.

Pengertian Emigrasi

Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler

Emigrasi adalah perpindahan orang atau penduduk dari suatu wilayah atau suatu Negara asal ke Negara luar dengan tujuan bekerja atau menetap. Orang yang melakukan emigrasi disebut emigran.

Contoh orang Indonesia pergi ke Malaysia menjadi tenaga kerja di Malaysia atau sebaliknya. Seperti TKI.

Pengertian Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota dengan tujuan ialah menetap atau juga mencari pekerjaan. Contoh penduduk dari Surabaya pergi ke Jakarta.

Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler

Pengertian Transmigrasi

Arti transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari pulau yang padat ke pulau yang masih jarang penduduknya. Contoh penduduk dari pulau Jawa pindah ke pulau Papua.

Baca juga Perubahan Sosial: Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Macam dan Teorinya

Pengertian Remigrasi

Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler

Remigrasi adalah perpindahan atau kembalinya penduduk asing ke negara asalnya. Sebagai Contoh Remigrasi : TKI di Jepang pulang kembali ke Indonesia.

Perngertian Sirkuler

Sirkuler adalah gerak penduduk dari suatu wilayah yang menuju wilayah lain dengan tidak ada niatan atau tujuan menetap di daerah tujuan.

Contoh di Indonesia (menurut dari batasan sensus penduduk) sirkuler tersebut dapat didefinisikan ialah sebagai gerak penduduk yang melintasi suatu batas provinsi menuju ke provinsi lain dalam jangka waktu ialah 6 bulan.

Perbedaan Imigrasi dan Emigrasi

Imigrasi dan Emigrasi merupakan dua aktivitas yang saling berlawanan. Karena merupakan aktivitas yang berlawanan maka kedua aktivitas ini tentunya memiliki tujuan yang berlainan pula. Imigrasi ada yang bersifat permanen namun ada pula yang hanya sementara. Apabila melihat dari pengertian yang telah dikemukakan di atas maka terlihat jelas bahwa tujuan dari migrasi ini tergantung pelaku yang keluar dari suatu negara dan masuk ke dalam negara lain tersebut.

Jadi, bisa disebut bahwa tujuan imigran melakukan imigrasi sama dengan tujuan emigrasi yang telah di ketahui. Karena imigrasi ini bukan program pemerintah, jadi tujuannya bisa bermacam-macam. Sedangkan tujuan emigrasi Apabila seseorang memutuskan untuk tinggal di Negara lain, pastilah ada sesuatu yang istimewa ataupun ada sesuatu yang sifatnya memaksa agar seseorang bisa meninggalkan negaranya dan tinggal di Negara lain.

Penutup

Demikian penjelasan peprindahan penduduk: Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler. Dijelaskan juga perbedaan imigrasi dan emigrasi.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler. Jangan lupa komentar dan share kalau dianggap bermanfaat.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count:

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.