Pengertian Mesothelioma dan Apa Penyebabnya

Jagoan Ilmu, Pengertian Mesothelioma dan Apa Penyebabnya – Tahukah anda apa itu mesothelioma?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang penyakit langka mesothelioma. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai pengertian mesothelioma dan penyebabnya secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Mesothelioma Lawyer

Apa Itu Mesothelioma?

Mesothelioma adalah kanker yang menyerang mesothelium, yaitu jaringan yang melapisi berbagai organ tubuh.

Ada empat jenis kanker mesothelioma, yaitu:

  • Mesothelioma pleura (pleural mesothelioma), yaitu kanker yang menyerang mesothelium selaput paru-paru (pleura). Tipe ini merupakan tipe yang paling sering terjadi.
  • Mesothelioma peritoneum (peritoneal mesothelioma), yaitu mesothelioma pada selaput rongga perut (peritoneum).
  • Mesothelioma perikardium (pericardial mesothelioma), yaitu mesothelioma yang menyerang lapisan pelindung organ jantung.
  • Mesothelioma testis (testicular mesothelioma), yaitu mesothelioma yang menyerang lapisan pelindung testis atau buah zakar.

Penyebab Mesothelioma

Penyebab mesothelioma belum diketahui secara pasti. Namun, mesothelioma selalu dikaitkan dengan paparan asbes atau asbestos. Asbestos adalah mineral yang banyak digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan, seperti atap, karena sifatnya yang tahan panas dan tahan api. Penggunaan asbestos secara resmi sudah dilarang sejak tahun 1999.

Ketika asbestos hancur, baik selama proses penambangan atau renovasi bangunan, asbestos akan menghasilkan serat atau debu halus. Serat halus asbestos sangat mudah terhirup, kemudian masuk dan mengendap di dalam organ tubuh, terutama paru. Serat asbestos yang tertelan juga dapat bergerak melalui sistem limfatik, mengendap, dan menginfeksi sel di selaput rongga perut (peritoneum).

Paparan asbes juga dapat memengaruhi fungsi organ reproduksi dan jantung. Namun, belum diketahui secara pasti proses penyebarannya karena sangat jarang terjadi.

Secara umum, ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko mesothelioma, yaitu:

  1. Lingkungan kerja yang rentan terpapar asbestos, seperti tambang mineral, lokasi konstruksi, industri otomotif, pembangkit listrik, industri tekstil, dan pabrik baja.
  2. Bertempat tinggal di bangunan tua atau lingkungan yang tanahnya mengandung asbestos.
  3. Memiliki anggota keluarga yang bekerja di lingkungan yang rentan paparan asbestos. Asbestos dapat menempel di kulit dan pakaian, sehingga asbestos dapat terbawa ke dalam rumah atau lingkungan lain.
  4. Memiliki riwayat mesothelioma atau kelainan genetika yang meningkatkan risiko kanker.
  5. Selain asbestos, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko mesothelioma, meskipun jarang terjadi. Di antaranya adalah paparan mineral erionite, paparan radiasi dari bahan kimia thorium dioksida yang digunakan dalam pemeriksaan foto Rontgen hingga tahun 1950-an, dan terinfeksi simian virus (SV40).

Baca juga Ciri Ciri Kanker Serviks, Tanda dan Gejalanya

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang pengertian Mesothelioma dan apa penyebabnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel kesehatan berikutnya.

Sumber artikel: https://www.alodokter.com/mesothelioma

Author: La Ode

Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.