Pengertian Mengenai Kinematika dan Contohnya

pengertian kinematika

Pengertian Kinematika – Pernahkah anda mengamati sebuah benda yang jatuh dari ketinggian tertentu, dan pernahkah anda menghitung waktu yang dibutuhkan benda tersebut untuk sampai ke permukaan tanah? Iya, pertanyaan – pertanyaan tersebut tentu berhubungan dengan yang akan kita bahas kali ini yaitu Kinematika.

Kinematika

Kinematika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana gerak dapat terjadi tanpa memperdulikan penyebab terjadinya gerak tersebut atau juga sering disebut dengan gerak lurus. Contohnya yaitu ketika anda menghitung kecepatan jatuhnya sebuah benda tanpa memperhitungkan atau memperdulikan perlambatan yang disebabkan oleh tekanan udara.

Nah, dalam pembahasan kinematika ini kita tidak akan menjelaskan bagaimana proses benda -benda tersebut dilemparkan, ditendang atau yang lainnya. Namun yang akan dibahas hanyalah tentang gerakan benda yang telah dilemparkan dan bergerak bebas di udara hanya dengan pengaruh gravitasi.

Yang termasuk dalam pembahasan kinematika salah satunya yaitu gerak peluru. Gerak peluru adalah suatu jenis gerak benda yang pada awalnya diberi kecepatan awal kemudian menempuh lintasan yang arahnya sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi.

pengertian kinematika

Karena dalam bab ini yang dibahas hanya gerak benda tanpa memperdulikan penyebabnya, maka dalam kinematika ini tentu kita akan mengabaikan gaya sebagai penyebab gerakan benda dan juga gaya gesekan udara yang menghambat gerakan benda.

Jadi, dalam pembahasan Kinematika kita hanya meninjau garakan benda setelah diberikan kecepatan awal dan bergerak dalam lintasan melengkung dimana hanya terdapat pengaruh gravitasi.

Demikian artikel kali ini Pengertian Mengenai Kinematika dan Contohnya, semoga bermanfaat.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.