Pengertian Ilmu Alamiah Dasar, Fungsi dan Tujuan Mempelajarinya

Posted on

pengertian ilmu alamiah dasar

Pengertian Ilmu Alamiah Dasar – Dasar Filsafat tidak dapat dipisahkan dengan ilmu alamiah dasar. Pada hakikatnya ilmu alamiah dasar adalah bukan suatu ilmu yang berdiri sendiri, melainkan merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Ilmu Pengetahuan Alam biasa di sebut Ilmu Alam, Natural Science, Science, ataupun Sains. Ilmu Alamiah Dasar merupakan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar yang ada di dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi.

Namun, Ilmu Alamiah Dasar bukanlah suatu disiplin ilmu. Bermula dari rasa heran, kesangisan terhadap kebenaran yang dilihat dan kesadaran akan kecilnya mereka dibandingka semesta, mereka mulai bertanya tentang kejadian alam yang unik untuk mendapat jawaban.

pengertian ilmu alamiah dasar

Contohnya seperti pergantian siang dan malam atau pergantian musim semi hingga musim dingin. Manusia melakukan refleksi melalui peristiwa alam tersebut seakan-akan ia melihat cerminan dirinya sendiri.

Tidak heran bila seiring berjalannya waktu, kematangan berpikir manusia seringkali membuat mereka berhenti percaya pada apa yang dulunya mereka percayai dan percaya pada apa yang dulunya mereka tidak percayai.

Pengertian Ilmu Alamiah Dasar Menurut Para Ahli

Menurut Abdulah Aly dan Eny Rahma (2006) “Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi” yang pembahasannya mencakup pengenalan IPA dan ruang lingkupnya, perkembangan teknologi dan dampaknya, serta hubungannya dengan kelangsungan hidup manusia.

Menurut Maskoeri Yasin, Ilmu Alamiah Dasar adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta ini, termasuk bumi yang terbentuk dengan menggunakan konsep dan prinsip ilmu dasar.

Menurut H. Abay Ahmadi dan A. Supatmo dalam buku SAP Ilmu Alamiah Dasar menyatakan bahwa Ilmu Alamiah atau sering disebut IPA yaitu suatu pengetahuan teori yang diperoleh/disusun dengan cara yang khusus, yaitu melakukan penyusunan teori, eksperimentasi, observasi, penyimpulan,penelitian, dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain.

Abu Ahmadi menjelaskan bahwa Ilmu pengetahuan dapat dibagi dalam tiga lapangan pengetahuan yakni pengetahuan alamiah, sosial dan budaya yang masing-masing terbagi dalam sejumlah bidang keahlian atau disiplin ilmu.

Tujuan Mempelajari Ilmu Alamiah Dasar

Adapun tujuan ilmu alamiah dasar, yakni:

  1. Mempekenalkan konsep-konsep dasar dalam IPA.
  2. Memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan apresiasi terhadap obyek dan cara-cara pendekatan dalam IPA dan teknologi.
  3. Memberitahukan bagaimana memanfaatkan bahan dan cara pemikiran, pendekatan dan hasil-hasil dalam IPA dan teknologi.
  4. Mengembangkan interaksi yang selaras antara disiplin-displin ilmu eksakta dan non eksakta.

 

Fungsi mempelajari Ilmu Alamiah Dasar

Adapun fungsi ilmu alamiah dasar, yakni :

  1. Memberi wawasan kepada tentang konsep-konsep alam agar dapat peka
  2. Dapat bertanggung jawab terhadap berbagai masalah alam didalam masyarakat sebagai the agen of change (Agen Perubahan) serta peka terhadap masalah-masalah alam yang ada disekitarnya.
  3. Adanya sikap apresiasi IPA dan Teknologi serta dapat mendorong.
  4. Mengembangkan kemanfaatan Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) pada perkembangan diri, ilmu, dan profesi.

Baca juga : Perkembangan Pola Pikir Manusia (Ilmu Alamiah Dasar)

Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian ilmu alamiah dasar menurut para ahli, tujuan mempelajari ilmu alamiah dasar dan fungsi mempelajari ilmu alamiah dasar. Yang bisa Anda gunakan untuk referensi makalah, skripsi, atau tugas lainnya.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai Pengertian Ilmu Alamiah Dasar dan jangan lupa komentar serta share artikel ini kalau dianggap bermanfaat.

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.