Pengertian Hutan: Menurut Para Ahli dan Menurut UU No 41 Tahun 1999

Pengertian Hutan dalam arti ekonomis, hutan merupakan tempat menanam modal jangka panjang yang sangat menguntungkan dalam bentuk Hak Penguasaan Hutan (HPH). Salah satu jenis lingkungan hidup yang harus kita lestarikan keberadaannya adalah hutan. Hutan adalah lingkungan yang sangat penting keberadaannya dikarenakan manfaatnya yang banyak seperti menampung air, tempat tinggal alami, dan lain-lain.

Jenis pohon tergantung komposisi dan letak geografis hutan tersebut, di bagi menjadi 3 bagian jenis hutan yang dibedakan dan juga iklim yang berpengaruh di kawasan hutan tersebut.

Pengertian Hutan Menurut Para Ahli dan Undang-Undang

  1. Soerianegara dan Indrawan mengemukakan Pengertian Hutan adalah masyarakat tumbuh-tumbuhan yang dikuasai atau didominasi oleh pohon-pohon dan mempunyai keadaan lingkungan yang berbeda dengan keadaan diluar hutan.
  2. Arief mengemukakan bahwa, Hutan adalah masyarakat tumbuh-tumbuhan dan binatang yang hidup dalam lapisan dan di permukaan tanah dan terletak pada suatu kawasan, serta membentuk suatu kesatuan ekosistem yang berada dalam keseimbangan dinamis.
  3. Menurut Dengler hutan adalah suatu kumpulan pohon-pohon yang rapat dan menutup areal. Cukup luas sehingga dapat membentuk iklim mikro yang kondisi ekologisnya sangat khas dan berbeda dengan areal luarnya.
  4. Spurr mengemukakan, Hutan adalah persekutuan antara tumbuhan dan hewan dalam sebuah asosiasi biotis. Asosiasi ini bersama lingkungannya membentuk sistem ekologis, organisme didalamnya saling berpengaruh dalam suatu siklus energi yang kompleks.
  5. Pengertian hutan menurut uu no 41 tahun 1999 pasal 1 ayat 2 yaitu Hutan adalah kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Jenis-Jenis atau bagian-bagian Hutan di Indonesia

1. Berikut jenis-jenis bagian hutan di Indonesia, yakni :

  • Hutan Hujan Tropika, adalah hutan yang terdapat didaerah tropis dengan curah hujan sangat tinggi. Hutan hujan tropika berfungsi sebagai paru-paru dunia. Hutan ini terdapat di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Hutan Hujan Tropika

  • Yang ke dua hutan musim yang biasa disebut juga hutan Monsun, Hutan monsun biasanya mempunyai tumbuhan sejenis, misalnya hutan jati, hutan bambu, dan hutan kapuk. Hutan musim atau monsun banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

hutan Monsun

2. Jenis-Jenis Hutan di Indonesia Berdasarkan Fungsinya

  1. Hutan Lindung
    Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan.
  2. Hutan Konservasi.
    Hutan Konservasi merupakan Kawasan hutan dengan ciri khas tertentu, yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragaman tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.

Contoh hutan dan Klasifikasi Hutan

Di Indonesia pun banyak kita temui berbagai jenis hutan. Jenis- jenis hutan seperti yang dijelaskan di atas dilihat dari berbagai macam sudut, sehingga satu hutan bisa masuk dalam kriteria beberapa jenis hutan. Seperti halnya contoh hutan heterogen ini. Beberapa contoh mengenai hutan heterogen antara lain sebagai berikut:

1. Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis ini mempunyai macam- macam jenis pohon dan pohon- pohon yang ada di hutan hujan tropis ini rata- rata memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Tentu saja ini adalah ukuran pohon yang sangat tinggi. Namun tentu saja tidak semua pohon setinggi itu. Pohon- pohon yang ada di hutan hujan tropis ini bervariasi ukurannya. Salah satu ciri yang paling khas dari hutan hujan tropis ini adalah adanya kanopi yang bisa menutupi tanah yang ada di hutan tersebut. Karena kanopi ini sifatnya menutupi, maka iklim mikro yang tercipta di dalam hutan akan berbeda dengan keadaan luarnya. Di dalam hutan akan mengalami sedikit cahaya, tingkat kelembaban yang lebih tinggi dan juga tingkat suhu yang rendah.

2. Hutan musim

Contoh hutan heterogen selanjutnya adalah hutan musim. Hutan Musim merupakan hutan yang berada di wilayah yang mempunyai musim kemarau cukup panjang. Hutan musim ini bisa dikatakan sebagai hutan yang terdapat pada suatu daerah yang mempunyai suhu udara cukup tinggi dan mempunyai perbedaan musim hujan serta musim kemarau yang cukup jelas.

Tumbuhan yang hidup di hutan musim ini merupakan tumbuhan yang mempunyai kemampuan adaptasi di musim kemarau dan musim hujan serta tanah dalam kekeringan. Hutan musim yang hidup di wilayah beriklim tropis ini mempunyai ciri- ciri antara lain sebagai berikut:

  • Pohon yang tumbuh jarang
  • Ketinggian pohon di antara 12 hingga 30 meter
  • Daun berguguran pada musim kemarau dan akan kembali bersemi ketika musim hujan

Pohon- pohon yang hidup di hutan musim ini diantaranya adalah pohon jati, pohon pinus, dan pohon cemara. Di Indonesia, hutan musim ini banyak kita temui di wilayah Jawa Timur, Nusa Tenggara dan juga Sulawesi Selatan.

3. Hutan gugur

Hutan gugur ini mempunyai nama lain yaitu hutan musim tropika atau hutan monsun. Hutan gugur merupakan hutan yang mempunyai iklim hangat sepanjang tahun, namun juga mengalami musim kering atau kemarau panjang selama beberapa bulan.

Meskipun hutan ini dicurahi hujan hingga beberapa ratus milimeter setiap tahunnya, namun musim kering akan memaksa banyak tumbuhan menggugurkan daunnya. Gugurnya daun ini akan mempengaruhi kehidupan makhluk hidup yang ada di dalam hutan tersebut. Maka dari itulah hutan ini disebut sebagai hutan gugur. Beberapa tumbuhan yang ada di hutan gugur ini antara lain bunga sakura, pohon oak, pohon basswood, pohon maple, pohon pinus, pohon cemara, pohon jati, pohon angsana, bambu, palem, pakis, dan juga pohon ecalyptus.

4. Hutan rawa

Hutan Rawa

Hutan rawa biasanya juga terdapat di daerah di belakang hutan payau atau hutan mangrove. Hutan ini juga terbentuk di daerah- daerah yang berada di dekat aliran aliran sungai apabila ada hujan yang selalu tergenang.

Hutan rawa ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis dari hutan rawa antara lain adalah:

  • Hutan rawa gambut
  • Hutan rawa air tawar
  • Rawa tanpa hutan

Beberapa jenis pohon yang hidup di hutan rawa ini antara lain adalah pohon Palquilumleiocarpum, Eicalypstus degulpta, Shorea uliginosa, Gareinia spp, dan lain sebagainya.

Penutup

Demikian penjelasan tentang pengertian hutan menurut beberapa para ahli dan UU no 41 tahun 1999 pasal 1 ayat 2 yang harus diketahui khususnya seseorang yang bidangnya kehutanan. Penjelasan diatas juga mencakup jenis atau bagian-bagian hutan di negara Indonesia dan klasifikasi hutan.

Semoga artikel tentang pengertian hutan ini dapat menambah wawasan Anda dan jangan lupa share apabila artikel ini dianggap bermanfaat.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.