Pengertian Hujan Asam: Proses Terjadinya, Penyebab dan Dampaknya

Pengertian Hujan Asam – Faktanya kejadian hujan asam terjadi karena ulah manusia dengan mengeluarkan gas-gas yang bisa menyebabkan terjadinya hujan asam baik itu lewat kendaraan bermotor, industri-industri dan masih banyak lagi. Kejadian fenomena alam yang terjadi sekarang ini, salah satunya hujan asam, Dengan komposisi udara pada atmosfer normal, hujan akan turun dengan pH 5,6 sehingga hujan dengan pH di bawah 5,6 itu dikategorikan sebagai hujan asam.

Gas yang menyebabkan hujan asam ini biasanya dihasilkan oleh bencana alam seperti letusan gunung berapi, tetapi penyebab lain terjadinya hujan asam yang paling parah adalah ulah tangan-tangan manusia misalnya seperti asap kendaraan bermotor, asap pabrik atau industri dan lain-lain.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai:

  • Pengertian dan reaksi hujan asam
  • Proses hujan asam
  • Manfaat hujan asam
  • penyebab terjadinya
  • Dampak-dampaknya terhadap lingkungan
  • Cara menanggulangi hujan asam

1) Pengertian Hujan Asam

Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman (pH) yang rendah di setiap tetes air yang turun. Dalam sebuah penelitian bahwa pH hujan sekarang ini sudah berubah yang pada mulanya 6 menjadi 4 hal ini disebabkan banyaknya gas buangan yang menimbulkan hujan asam.

Hujan asam pertama kali ditemukan di Inggris akibat revolusi industri. Revolusi industri adalah pembaharuan dalam bidang industri dengan ditemukannya mesin untuk membantu aktivitas manusia. Robera Smith meneliti hujan asam yang terjdi di kota Manchester. Robert meneliti air hujan yang turun dalam waktu 20 tahun dari tahun sebelumnya. Kemudian Robert A. Smith berkesimpulan bahwa hujan asam membawa dampak yang buruk bagi manusia dan kehidupan di alam ini.

Pembentukan reaksi hujan asam secara sederhana dapat dituliskan:

S(s) + O2 (g) →SO2(g)

2SO2(g) + O2(g) →2SO3(g)

SO3(g) + H 2O(l) → H 2SO4(aq)

2) Proses Terjadinya Hujan Asam.

Berikut Proses Terjadiny Hujan, yakni :

  1. Penguapan
  2. Penyatuan
  3. Proses Akhir

3) Manfaat Hujan Asam

Hujan asam juga mempunyai manfaat yaitu mampu melarutkan berbagai macam mineral yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dan juga binatang yang ada di alam ini. Kandungan asam yang tinggi inilah yang bisa melarutkan mineral tersebut di dalam tanah.

Manfaat lain dari hujan asam yang banyak diketahui oleh banyak orang adalah hujan asam ini mampu melarutkan berbagai mineral yang sangat di butuhkan oleh binatang dan juga tumbuhan yang ada di Bumi. Kandungan asam yang tinggi inilah yang mampu melakukannya (melarutkan mineral di dalam tanah).

4) Penyebab Terjadinya Hujan Asam

Hujan asam tentu terjadinya bukan tanpa sebab, ada sebab tertentu dibalik itu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab terbesar terjadinya hujan asam adalah dari bencana alam (letusan gunung berapi) dan ulah tangan manusia (asap kendaraan bermotor dan industri-industri). Sehingga harus ada peran aktif semua pihak agar bahaya hujan asam ini bisa segera ditanggulangi misalnya manusia menggunakan alat-alat (mesin atau kendaraan yang ramah lingkungan), pemerintah mensosialisasikan gerakan untuk cinta lingkungan, dan lain sebagainya.

Inilah beberapa penyebab hujan asam:

  1. Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh industri.
  2. Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh pembangkit listrik.
  3. Sulfur dan nitrogen yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.
  4. Amonia yang dihasilkan oleh kegiatan pertanian.

5) Dampak Hujan Asam

Hujan asam memiliki dampak yang negatif terhadap lingkungan dan kehidupan manusia. Oleh itu itu kita harus segera berperan aktif dalam menanggulangi terjadinya hujan asam yang berkepanjangan. Dan inilah beberapa dampak hujan asam:

  1. Hujan asam mempengaruhi kesehatan manusia, bisa menyababkan panas.
  2. Hujan asam dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan tanaman.
  3. Hujan asam bisa merusak bangunan-bangunan yang ada dibumi (karatan).
  4. Hujan asam dapat membunuh berbagai macam organisme air.
  5. Hujan asam bisa meningkatkan konsentrasi logam dalam air.

6) Cara menanggulangi Hujan Asam

Berikut cara mencegah terjadinya hujan asam yang dapat dilakukan, yakni:

a. Pemilihan Bahan Bakar

Untuk mengurangi produksi gas yang dapat menyebabkan hujan asam, setidaknya saat ini harus selektif dalam memilih bahan bakar. Sangat disarankan untuk menggunakan bahan bakar yang mengandung rendah belerang atau dengan menggunakan bahan bakar alternatif seperti etanol dan hidrogen.

b Menerapkan 3R

3R adalah resue, recycle dan reduce. Prinsip ini setidaknya dapat mengurangi produksi suatu barang dengan cara mendaur ulang barang tersebut..

c. Reboisasi

Agar tanah tetap subur dengan senyawa kapur dan mencegah hal hal yang tidak diinginkan seperti tanaman mudah layu, maka alangkah lebih baik mengambil langkah pertama dengan menambahkan zat kapur di tanah ataupun danau. Untuk mencegah udara kotor naik ke lapisan bumi sehingga menyebabkan hujan asam. Dan lakukan kegiatan reboisasi hutan secara berkala agar udara bersih menjadi lebih banyak.

7) Dampak positif Hujan Asam

Berikut dampak positif hujan asam, yakni :

Dampak positifnya:

    • Dapat terjadi hujan sehingga mendatangkan kesuburan tanah dan kebutuhan makhluk hidup yang lain

Dampak negatifnya:

    • Mengandung zat kimia sehingga dapat berpotensi merugikan bagi udara yanga terkena hujan asam tersebut

8) Dampak hujan asam bagi lingkungan

Berikut Dampak hujan asam bagi lingkungan, yakni:

  1. Proses fotosintesis pada tumbuhan terganggu sehingga tumbuhan banyak yang mati dan pertumbuhannya terhambat.
  2. Kandungan asam yang berlebih sehingga kesuburan tanah menurun.
  3. Kematian pada hewan dan terlambatnya pertumbuhan hewan. Hewan di alam minum air yang asam sehingga merusak pencernaan dan akan menimbulkan kanker pada hewan.

Baca juga nih : Pemanasan Global: Pengertian, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasinya

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang pengertian hujan asam yang harus diketahui para yang mencakup proses terjadinya hujan asam, penyebab dan dampaknya terhadap lingkunga.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda khususnya tentang hujan asam dan jangan llupa share artikel ini kalau dianggap bermanfaat.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.