Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli dan Macam-Macam Pelanggaran Ham

2 min read

pengertian HAM menurut para ahli

pengertian HAM menurut para ahli

Pengertian HAM Menurut Para Ahli – Apa itu HAM? HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak yang melekat dalam setiap diri manusia. Keberadaaan hak asasi ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaganya.

Kekuasaan untuk dapat melakukan sesuatu atau kepunyaan “miliki” yaitu di sebut Hak, sedangkan asasi merupakan hal yang paling utama, pokok atau dasar. Manusia yang ada dalam kandungan pastinya telah mempunyai hak asasi yang dimana sebagai manusia pasti memiliki sesuatu yang menjadi pokok atau dasar setiap diri masing-masing individu.

Untuk itu, Negara dan organisasi lainnya mempunyai kewajiban yang sama untuk memberikan pengakuan dan perlindungan terhadap penegakan hak asasi manusia.

Baca juga : Mengenal tentang Makna dari Demokrasi dan HAM

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Berikut pengertian HAM menurut para ahli, yakni:

1. Menurut Kevin Boyle Dan David Beetham
Ialah hak-hak individual dan berasal dari berbagai kebutuhan serta kapasitas-kapasitas manusia.

2. Menurut Miriam Budiarjo
Hak yang dimiliki setiap orang yang dibawa sejak lahir ke dunia, hak itu sifatnya universal sebab dipunyai tanpa adanya perbedaan kelamin, ras, budaya, suku, agama maupun sebagainya.

3. Menurut Oemar Seno Adji
Siapapun insan manusia mempunyai hak martabat yang melekat sebagai insan dari ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki sifat tidak boleh dilanggar oleh siapapun “manusia/kelompok lain”.

4. Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto
HAM merupakan suatu hak yang sifatnya asasi atau mendasar, hak-hak yang dimiliki setiap manusia berdasarkan kodratnya yang pada dasarnya tidak akan bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.

5. Menurut UU No 39 Tahun 1999
Adanya hak yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME, dimana hak tersebut merupakan anugerah yang wajib di lindungi dan dihargai oleh setiap manusia guna melindungi harkat serta martabat setiap manusia.

6. Menurut G.J Wolhos
HAM merupakan sejumlah hak yang sudah melekat serta mengakar dalam diri setipa manusia di dunia dan hak-hak tersebut tidak boleh dihilangkan, karena menghilangkan HAM orangh lain sama dengan menghilangkan derajat kemanusian.

7. Menurut C. de Rover
HAM merupakan hak hukum yang sama kepada setiap manusia baik kaya atau miskin, laki-laki maupun wanita. Meskipun hak-hak yang telah mereka langgar akan tetapi HAM mereka tetap tidak dapat dihilankan.

8. Menurut Muladi
Yakni segala hak pokok atau dasar yang telah melekat pada diri manusia dalam kehidupannya.

9. Menurut Austin-Ranney
Wadah kebebasan bagi setiap individu yang dirumuskan dengan rinci dan jelas dalam konstitusi serta sudah dijamin pelaksaannya oleh pemerintah

10. Menurut Haar Tilar
Hak-hak yang melekat pada diri setiap insan dan tanpa memiliki hak-hak itu maka setiap insan tidak bisa hidup selayaknya manusia. Hak tersebut diperoleh sejak lahir ke dunia.

Jenis-Jenis atau bentuk-bentuk Pelanggaran HAM

Pelangggaran Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan sekelompok orang atau individu termasuk aparat negara baik sengaja atau tidak sengaja mengurangi, membatasi, menghalangi, menghilangkan, mengabaikan bahkan mencabut hak seseorang atau individu dan sekelompok orang yang mendapat jaminan undang-undang dan mekanisme hukum sebagai warga negara suatu negara itu sendiri.

Pelanggaran HAM dapat terjadi dengan dua cara yaitu:

  • Secara aktif Negara melakukan tindakan yang secara langsung menimbulkan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)
  • Kelalaian Negara dalam menjamin maupun melindungi hak asasi suatu individu maupun sekelompok orang

Secara umum ada dua jenis atau macam-macam pelanggaran HAM yaitu :

1. Kasus pelanggaran HAM yang berat

Di bawah ini penjelasan mengenai kasus pelanggaran HAM yang berat :

  1. Pembunuhan secara sewenang-wenang yang tidak mengikuti keputusan pengadilan dan hukum yang berlaku secara umum
  2. Melakukan segala bentuk penyiksaan
  3. Melaksanakan sistem perbudakan dan diskriminasi secara sistematis
  4. Pembunuhan secara massal
  5. Menghilangkan seseorang secara paksa

2. Kasus pelanggaran HAM yang ringan

Dibawah ini penjelasan mengenai kasus pelanggaran yang ringan

  1. Melakukan penganiayaan
  2. Melakukan tindakan yang dapat mencemarkan nama baik seseorang
  3. Melakukan segala bentuk pemukulan
  4. Menghalangi jalan seseorang untuk menyampaikan aspirasinya

Di bawah ini ada beberapa contoh gambar kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi. Berikut adalah penjelasan mengenai contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan pelanggaran HAM berat, yakni:

1. Kasus di Tanjung Priok (1984)

pengertian HAM menurut para ahli
Terjadinya kerusuhan antara aparat dan warga setempat sehingga memakan banyak ratusan korban karena penembakan dan beberapa bentuk kekerasan. Penyebab peperangan ini yakni SARA dan unsur politis.

2. Kasus Dayak dan Madura (2000)

pengertian HAM menurut para ahli
Kedua suku ini terlibat dalam bentrokan yang merupakan pertikaian karena kepentingan etnis dan memakan banyak korban dari kedua suku ini.

3. Kasus Timor Timur

pengertian HAM menurut para ahli
Kasus Timor Timur terjadi tahun 1999, setelah pelaksanaan referendum yang melahirkan kemerdekaan Timor Timur. Adanya bukti-bukti komisi Hak Asasi Manusia yang menjurus pada tindakan yang dapat digolongkan sebagai pelanggaran HAM berat dan menjadi tanggung jawab Negara. Kasus Timor Timur yang menonjol adalah sebagai berikut.

  1. Kasus di kompleks Gereja Liquica yang menyebabkan 30 orang meninggal.
  2. Diserangnya rumah mantan gubernur yang menyebab kan 15 orang meninggal.
  3. Pembunuhan massal di kompleks Gereja Suai yang menyebabkan 50 orang meninggal.

Baca juga : Kasus-Kasus Pelanggaran HAM Dalam Masyarakat

Penutup

Demikian penjelasan tentang Pengertian HAM Menurut Para Ahli dan Macam-Macam, jenis, contoh kasus pelanggatan HAM di Indonesia dengan penjelasan ringkas dan padat.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai pengertian HAM menurut para ahli dan jangan lupa share artikel ini kalau dianggap bermanfaat.

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.