Pengertian Geologi Struktur dan Tujuan Mempelajarinya

46 views

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan istilah geologi struktur? Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi Jagoan Ilmu. Karena pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang pengertian geologi struktur serta menurut para ahli, dan tujuan mempelajari geologi struktur. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Geologi Struktur

Pengertian Geologi Struktur

Geologi struktur adalah studi mengenai distribusi tiga dimensi tubuh batuan dan permukaannya yang datar ataupun terlipat, beserta susunan internalnya.

Geologi struktur mencakup bentuk permukaan yang juga dibahas pada studi geomorfologi, metamorfisme dan geologi rekayasa. Dengan mempelajari struktur tiga dimensi batuan dan daerah, dapat dibuat kesimpulan mengenai sejarah tektonik, lingkungan geologi pada masa lampau dan kejadian deformasinya. Hal ini dapat dipadukan pada waktu dengan menggunakan kontrol stratigrafi maupun geokronologi, untuk menentukan waktu pembentukan struktur tersebut.

Secara lebih formal dinyatakan sebagai cabang geologi yang berhubungan dengan proses geologi di mana suatu gaya telah menyebabkan transformasi bentuk, susunan, atau struktur internal batuan kedalam bentuk, susunan, atau susunan intenal yang lain.

Geologi struktur dapat diaplikasikan pada:

  • Dalam Vulkanologi, terbentuknya rangkaian gunung api dilatarbelakangi zona lemah (akibat struktur dan proses tektonik)
  • Terakumulasinya MIGAS Bumi di bawah permukaan, salah satuny dikontrol oleh struktur Antiklin maupun struktur sesar.
  • Dalam penambangan tertutup, Geologi struktur berguna untuk pembuatan terowongan (Tunnel).
  • Perencanaan lahan untuk daerah pemukiman perlu peninjauan struktur Geologi terlebih dahulu. Apakah daerah tersebut dilalui jalur sesar atau tidak.
  • Keterdapatan logam mulia (emas dan perak) salah satunya dijumpai dalam struktur kekar. Berupa batuan yang telah mengalami retakan/celah.

Pengertian Geologi Struktur Menurut Para Ahli

Menurut Robert L. Bates dan Julia A. Jackson (1987) di dalam buku Glossary of Geology geologi struktur adalah cabang geologi yang berhubungan dengan perubahan bentuk, dan struktur internal dari batuan terutama dengan deskripsi, representasi dan analisis struktur, terutama pada skala kecil.

Geologi struktur mirip tektonik, tetapi tektonik umumnya digunakan pada skala regional. P.S. Saklani (2008) di dalam Glossary of Structural Geology and Tectonics, geologi struktur berkaitan erat dengan bentuk, struktur internal batuan dan mineral serta menganalisanya. Geologi struktur mirip dengan tektonik, tetapi tektonik digunakan dalam arti yang lebih luas.

Geologi struktur adalah ilmu yang mempelajari deformasi batuan yang membentuk lapisan atas bumi. Di dalam buku Principles of Structural Geology karangan John Suppe (1985) terdapat 3 prinsip utama dalam mempelajari geologi struktur yakni:

  • Prinsip deformasi yaitu stress, strain, proses fisik batuan yang terdeformasi seperti elastic, plastic dan brittle.
  • Prinsip dalam mendeskripsi Jenis-jenis struktur geologi seperti kekar, sesar, lipatan dll.
  • Prinsip deformasi dalam skala yang besar seperti regional struktur geologi dan aspek paleogeography.
  • Definisi yang paling mendasar dari geologi Struktur adalah karakter geometris pada batuan dengan kondisi, bentuk dan distribusi dapat dideskripsikan dengan jelas (Ben A. van der Pluijm & Stephen Marshak, 2004 di dalam Earth Structure 2nd Edition).

Tujuan Mempelajari Geologi Struktur

Pentingnya kita mempelajari geologi struktur adalah:

  1. Membantu mengetahui sejarah yang pernah terjadi pada suatu batuan dengan memahami bagaimana struktur geologi dalam suatu batuan tersebut terbentuk.
  2. Kita dapat mengetahui proses kejadian jebakan sumber daya geologi seperti air, minyak bumi, gas dan mineral lainnya.
  3. Dengan mengetahui jenis struktur yang ada pada batuan maka kita dapat mengetahui kondisi batuan tersebut, apakah batuan tersebut telah terkena gaya yang sangat kuat atau tidak? dan apakah gaya yang bekerja pada batuan masih aktif atau tidak ?
  4. Dengan mengetahui kekuatan gaya yang telah terjadi pada batuan maka kita dapat meramal kekuatan atau ketahanan batuan itu apabila batuan tersebut terkena getaran yang berasal dari gempa bumi.
  5. Dengan mengetahui jenis struktur yang ada, seperti lipatan atau sesar, kita dapat mengetahui keadaan bentuk muka bumi dengan lebih baik. Dan hal ini akan membantu kita untuk mengetahui kesesuaian atau kestabilan sesuatu kawasan terhadap daya dukung lahan untuk konstruksi bangunan atau kestabilan wilayah terhadap bencana longsoran, dan sebagainya.

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang pengertian geologi struktur dan tujuan mempelajarinya, dimana geoogi struktur merupakan ilmu yang mempelajari berbagai struktur atau bentuk lapisan tanah akibat adanya gaya tektonisme. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geologi berikutnya.

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Geologi_struktur
  • https://riancr.wordpress.com/2015/03/07/pengertian-geologi-struktur-dan-tektonika/
  • https://www.scribd.com/doc/280892556/Pengertian-Geologi-Struktur-Menurut-Para-Ahli

Tags: #Engineering #geologi #geology #mining #Teknik

Leave a reply "Pengertian Geologi Struktur dan Tujuan Mempelajarinya"

Author: 
author
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.