Pengertian Geografi Transportasi: Kajian dan Peranannya

Halo, jumpa lagi dengan Jagoan Ilmu, pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang Pengertian Geografi Transportasi beserta kajian dan peranannya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

A. Pengertian Geografi Transportasi

Sebelum mendefinisikan geografi transportasi, ada baiknya mengetahui pengertian dari geografi dan transportasi.

Geografi merupakan studi yang mempelajari fenomena alam dan manusia dan keterkaitan keduanya di permukaan bumi dengan menggunakan pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah.

Kebalikannya transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain dengan mengenakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dari dua pengertian antara geografi dan transportasi dapat dipadukan menjadi pengertian geografi transportasi yaitu diskripsi yang menyeluruh antara aspek manusia dan aspek alat baik dari tenaga maupun dari lingkungan sekitar seperti alat transportasi memakai tenaga hewan.

 

B. Kajian Geografi Transportasi

Fokus kajiannya adalah interelasi, interaksi dan integrasi antara aspek alam dan manusia dalam suatu ruang tertentu. Dan mempunyai tujuan mempermudah komunikasi.

C. Peranan Transportasi

Beberapa peranan transportasi yaitu sebagai berikut:

1. Peranan Transportasi dalam Peradaban Manusia

Perpindahan penduduk dan barang sudah seumur dengan sejarah manusia itu sendiri. Manusia pada mulanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam mencari santapan sembari membawa milik mereka yang jumlahnya belum begitu banyak. Perpindahan yang terbatas itu merupakan suatu awal dari cara manusia untuk memnuhi kebutuhan hidupnya.

2. Peranan Transportasi dalam Ekonomi

Ekonomi berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa yang memiliki nilai bagi manusia. Penduduk harus mempergunakan sumber daya alam di bumi ini untuk penuhi kebutuhan hidup, sediakan santapan, pakaian dan tempat tinggal.

Tetapi, sumber daya alam di muka bumi ini tidak merata sehingga tidak ada satu daerah pun yang dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu, transportasi sangat di butuhkan untuk memindahkan seseorang atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain.

3. Peranan Transportasi dalam Terbentuknya Pemukiman

Manusia pada mulanya hidup secara berpindah-pindah (nomaden) untuk mencari santapan. Mereka membawa serta kepunyaan mereka yang terbatas dengan bantuan alat transportasi yang masih sangat sederhana.

Dengan adanya transportasi maka akan timbul pemukiman yang berada pada jalur atau tempat-tempat tertentu seperti pinggir sungai atau laut (sebab pada masa dahulu transportasi air paling mudah).

Pemukiman pada awalnya berukuran relative kecil, karena daerahnya cukup terbatas untuk mendapatkan bahan kebutuhan hidup sebagai pendukung pemukiman itu.Dengan bertambahnya penduduk, makin meningkatnya pelayanan transportasi maka pemukiman pun bertambah ramai.

4. Peranan Transportasi dalam Politik

Dunia dibagi atas bermacam satuan politis baik berbentuk negeri, wilayah (otonom), ataupun regional. untuk mampu mengawasi ataupun mengamankan daerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan, peranan transportasi sangat penting.

Lancar/tidak lancarnya roda pemerintahan sangat tergantung pada transportasi. Kunjungan pejabat pemerintahan ke suatu daerah dapat terlaksana dengan baik kalau tersedia transportasi yang memadai.

Fungsi utama dari transportasi dalam politik adalah penyediaan komunikasi berupa penyampaian pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain. Pada zaman dahulu penyediaan transportasi adalah untuk gerakan militer.

Fungsi transportasi yang lain adalah penyediaan prasarana dan sarana untuk perjalanan penduduk dan mengangkut barang-barang.

5. Peranan Transportasi terhadap Lingkungan

Salah satu akibat sampingan dari transportasi yang sangat tidak kita inginkan adalah polusi lingkungan alamiah. Bentuk yang paling berbahaya dan sukar untuk ditangani adalah pengotoran udara oleh berbagai partikel dan gas.

Semua bentuk transportasi mengakibatkan polusi, kendaraan yang mengguanakan mesin dengan pembakaran merupakan penyebab polusi yang paling besar, terutama di daerah-daerah yang [adat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Bentuk polusi lain yang cukup mengganggu adalah kebisingan. Masalah ini sering muncul di sekitar jalan dimana kendaraan beroperasi dengan kecepatan tinggi. Kebisingan yang datangnya dari sumber-sumber ini dapat mengganggu lingkungan yang butuh ketenangan seperti kediaman, sekolah dan rumah sakit.

6. Peranan Transportasi dalam Tata Ruang Kota dan Wilayah

Tidak hanya peranan transportasi yang telah disebutkan di atas, transportasi juga memiliki peranan dalam tata ruang kota dan wilayah. karena perencanaan transportasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari perencanaan kota dan wilayah.

Karena perencanaan transportasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari perencanaan kota dan wilayah. Rencana kota tanpa mempertimbangkan keadaan dan pola transportasi yang akan terjadi sebagai akibat dari rencana itu sendiri, akan menghasilkan kesemrawutan lalu lintas di kemudian hari.

Akibat lebih lanjut merupakan meningkatnya jumlah musibah, pelanggaran, dan menyusutnya sopan-santun berlalu-lintas, serta meningkatnya pencemaran udara.

Makalah Geografi Transportasi

Contoh makalah geografi transportasi pdf

Penutup

Itulah penjelasan singkat dari saya tentang pengertian geografi transportasi beserta penjelasan kajian dan peranannya. Dicantumkan contoh makalah geografi transportasi pdf untuk kebutuhan akademik.

Semoga artikel ini dapat menambawah pengetahuan anda  mengenai pengertian geografi transportasi dan jangan lupa share artikel ini kalau dianggap bermanfaat.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.